Depresi Pengaruhi Hubungan Seks
13 Februari 2019
Kenapa Vagina Gatal
15 Februari 2019

Akibat Kanker Serviks

Akibat Kanker Serviks

Tulisan ini dibuat untuk mengenang 1 lagi sahabat (pasien) yang akhirnya meninggal akibat kanker serviks setelah berjuang selama 2 bulan dengan kemoterapi dan radioterapi. Pengertian Kanker Serviks. Kanker serviks adalah kanker yang tumbuh pada sel-sel di leher rahim. Gejala baru muncul saat kanker sudah mulai menyebar. Dalam banyak kasus, kanker serviks terkait dengan infeksi menular seksual. Semoga dengan tulisan ini tak akan muncul lagi kabar duka akibat penyakit ini. Di Indonesia Setiap 1 jam ada 1 perempuan yang meninggal akibat kanker serviks, Sementara itu di dunia setiap 2 menit satu perempuan meninggal karena terkena kanker serviks.

Kanker serviks

Di Indonesia kanker serviks menempati urutan kedua dari Kanker pada wanita dimana mencapai 1,4 per 1.000 orang, itu artinya dari 1.000 wanita Indonesia akan ada satu sampai dua orang yang menderita kanker serviks. Tak dapat dipungkiri disekitar kita pasti pernah ada orang yang meninggal akibat Kanker serviks apakah itu sahabat, tetangga bahkan mungkin keluarga kita dan Semakin hari semakin banyak bahkan penderita kanker serviks yang berusia muda. Hal ini tentu saja menyebabkan beban besar bagi keluarga seperti sahabat saya ini yang akhirnya harus kalah dan meninggalkan suami dengan anak-anak yang masih kecil yang masih sangat membutuhkan kehadiran dan kasih sayang sang Ibu. Kanker serviks dapat menyerang siapa saja, tanpa memandang apakah miskin atau kaya, berpendidikan tinggi maupun rendah serta status sosial entah keluarga pejabat ataupun rakyat biasa semuanya memiliki resiko yang sama.

Angka kematian akibat kanker serviks sangat tinggi apalagi bila terdeteksi pada stadium lanjut dimana walaupun sudah melalui seluruh tahapan pengobatan tidak memberikan hasil kesembuhan yang tinggi.

Data Kanker Serviks

Baca Juga : Pentingnya Vaksin HPV

Bagaimana agar bisa terhindar dari Penyakit ini?

Ditengah ganasnya kanker serviks, ternyata ada begitu banyak peluang kita untuk mencegah penyakit ini yaitu dengan :

1. vaksinasi HPV, dimana dapat diberikan pada perempuan usia 13-55 tahun dan sudah tersedia di hampir seluruh daerah di Indonesia

2. deteksi dini dengan Pap Smear maupun IVA, hal ini dapat dilakukan pada perempuan tanpa keluhan apapun dimana dengan deteksi dini maka kejadian stadium prakanker dapat ditemui sehingga dengan pengobatan yang baik maka stadium prakanker tidak akan berkembang menjadi kanker serviks. Deteksi dini dengan metode IVA sangat mudah dan cepat serta dapat dilakukan di semua Puskesmas saat ini

3. Segera melakukan pemeriksaan ke fasilitas kesehatan bila mengalami perdarahan setelah melakukan hubungan seksual ataupun keputihan berulang sehingga dapat dilakukan tindakan Biopsi guna diagnosis kanker serviks sedini mungkin agar sesegera mungkin dilakukan tindakan pengobatan.

Pencegahan Kanker serviks

Begitu mudahnya metode pencegahan kanker serviks tentu kontras dengan angka kejadiannya yang tinggi dinegara kita. Oleh karena itu marilah kita melakukan vaksinasi dan deteksi dini agar dapat terhindar dari penyakit ini dan kanker serviks dapat diturunkan angka kejadiannya di negara kita.

Klinik raphael Cikarang Bekasi juga terdapat layanan gratis berupa konsultasi online melalui chat whatsapp untuk memudahkan pasien dalam berinteraksi tentang “PENTINGNYA VAKSIN HPV” pengobatan penyakit kelamin dan tempat operasi selaput dara di cikarang dengan tenaga medis kami, interaksi (tanya jawab) tersebut bisa dilakukan dengan cara meng-klik gambar dibawah ini.
Pilihan Konsultasi Online Gratis dan Reservasi Klinik Raphel
WHATSAPP
TELEPON
FORM RESERVASI
tempat operasi selaput dara di cikarang
tempat operasi selaput dara di cikarang
tempat operasi selaput dara di cikarang
Telepon Seluler dan Whatsapp : 0813-9625-4650
Email : dokter@klinikraphael.com
Selain melalui konsultasi online gratis (chat whatsapp), anda atau pasien juga bisa menghubungi tenaga medis kami secara langsung melalui telepon seluler maupun email seperti keterangan yang sudah tertera diatas untuk lebih jelas dari “PENTINGNYA VAKSIN HPV”.

Sumber : FB Hendi Siagian

Konsultasi Online Gratis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *