Apa Itu Tinea Cruris dan Bagaimana Mengobatinya

Tempat Mengobati Penyakit Mumps atau Gondongan Di Bekasi
23 November 2019

Apa Itu Tinea Cruris dan Bagaimana Mengobatinya

Tinea cruris adalah infeksi jamur pada kulit di pangkal paha, area genital, paha bagian dalam atas atau bokong dan menyebabkan ruam bentuk cincin di daerah yang terinfeksi. Penyakit ini paling sering terjadi di tempat yang panas, kondisi lembap. Emang apasih Itu Tinea Cruris dan Bagaimana Mengobatinya ?

Tinea cruris biasa menjangkiti orang-orang yang banyak mengeluarkan keringat, seperti atlet, namun banyak diderita juga oleh orang-orang yang mengalami obesitas. Pengidap ini bukanlah pengidap yang serius, namun sering menimbulkan rasa gatal yang mengganggu dan membuat tidak nyaman.

Apa Penyebab Tinea Cruris ?

Tinea cruris disebabkan oleh sejenis fungi yang bisa menyebar dari pemakaian handuk atau pakaian yang terkontaminasi atau melalui kontak langsung dengan pengidap. Selain itu, tinea cruris juga sering disebabkan oleh fungi penyebab tinea pedis atau kutu air, karena infeksi bisa menyebar dari kaki ke pangkal paha.

Fungi paling mudah tumbuh di bagian tubuh yang hangat dan lembap, seperti paha bagian dalam, bokong, dan pangkal paha, serta di lingkungan yang lembap diantara handuk yang kotor, lantai yang basah, dan pakaian penuh keringat.

Bagaimana Tanda dan Gejalanya ?

• Gatal dan nyeri di daerah yang terinfeksi.
  • Ruam cincin terjadi pada pangkal paha, lipatan kulit, paha bagian dalam, atau bokong. Ruam biasanya tidak terjadi pada skrotum atau penis.
  • Tepi ruam sangat berbeda dan mungkin bersisik atau memiliki benjolan yang terlihat seperti lecet.
  • Pusat ruam mungkin memiliki warna merah-coklat.

Faktor-faktor Risiko terjangkit Tinea Cruris

Ada beberapa faktor risiko yang dapat meningkatkan terjangkitnya tinea cruris, yaitu:

• Banyak berkeringat.
  • Mengidap pengidap kulit lain.
  • Kelebihan berat badan atau obesitas.
  • Memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah.
  • Berjenis kelamin pria, walaupun wanita juga mungkin terjangkit.
  • Memakai celana dalam yang ketat atau alat bantu atletik yang tidak dicuci setelah digunakan.
  • Menggunakan ruangan loker dan kamar mandi umum.

Bagaimana Tinea Cruris didiagnosis ?

Tinea cruris biasanya dapat didiagnosis berdasarkan tampilan dan lokasi ruam. Masalah kulit lainnya mungkin terlihat mirip dengan tinea cruris tapi membutuhkan perawatan yang berbeda. Dokter mungkin bertanya tentang gejala dan riwayat medis, atau dokter mungkin akan meminta tes laboratorium pada daerah kulit yang terinfeksi. Pengujian biasanya terdiri dari gesekan kulit yang dapat dilihat di bawah mikroskop. Untuk mencari tahu persis apa yang menyebabkan ruam, dokter mungkin mengikis sejumlah kecil kulit yang teriritasi ke slide kaca.

Bagaimana Pengobatannya ?

Sebagian besar, tinea cruris dapat diobati di rumah dengan krim anti jamur, semprotan dan bubuk yang dijual bebas. Tapi, jika Anda tidak yakin tentang kondisi Anda, mintalah dokter untuk memeriksanya. Untuk pengobatan tinea cruris, ikuti langkah berikut:

• Cuci ruam dengan sabun dan air. Menyebar krim antijamur di atas ruam. Oleskan krim di luar tepi ruam.
  • Gunakan krim antijamur atau bubuk yang mengandung terbinafine, miconazole, clotrimazole atau. Nama-nama merek termasuk Lamisil, Lotrimin, Micatin, dan Monistat. Produk ini bisa dibeli tanpa resep. Ikuti petunjuk pada paket, dan jangan berhenti menggunakan obat hanya karena gejala telah hilang. Jika gejala tidak membaik setelah 2 minggu, hubungi dokter Anda.
  • Terkadang Anda harus meminum obat antijamur oral. Obat ini biasanya harus digunakan untuk waktu yang lama, bahkan mungkin berbulan-bulan.

Bagaimana Pencegahannya ?

Ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengurangi risiko terjangkit Tinea cruris seperti:

• Saat cuaca panas dan lembap, jangan menggunakan pakaian yang tebal atau ketat untuk jangka waktu lama.
  • Segera atasi pengidap kulit lain, seperti infeksi tinea pedis atau kutu air, agar tidak menyebar ke pangkal paha.
  • Setelah berolahraga atau mandi, keringkan paha bagian dalam dan alat kelamin dengan handuk bersih. Selain itu untuk mencegah kondisi lembap yang berlebihan, taburkan bedak di sekitar pangkal paha.
  • Jangan berbagi pakai peralatan pribadi, seperti handuk atau pakaian.
  • Cuci pakaian yang dipakai berolahraga setelah digunakan dan selalu gunakan pakaian yang bersih.
  • Ganti celana dalam yang digunakan setidaknya satu kali sehari.
  • Hindari memakai pakaian yang ketat, terutama celana dalam, dan seragam olahraga agar kulit tidak tergesek dan lecet. Lecet dapat menyebabkan lebih rentan terkena tinea cruris. Dianjurkan untuk lebih memakai celana pendek bokser dibandingkan celana dalam yang ketat.

Kapan Harus ke Dokter ?

Jika memiliki tanda atau gejala di atas atau pertanyaan lainnya, konsultasikanlah dengan dokter terlebih dahulu, karena kondisi tubuh masing-masing orang berbeda. Perlu diingat, selalu konsultasikan ke dokter untuk menangani kondisi kesehatan.

Tempat Mengobati Penyakit Tinea Cruris Di Bekasi

PUSAT PENGOBATAN PENYAKIT KELAMIN DENGAN HARGA TERJANGKAU

“TEMPAT PENGOBATAN Tinea Cruris DI BEKASI“

KLINIK RAPHAEL BEKASI