Biaya Medical Check Up Murah
25 Februari 2019
Benjolan Lipoma
27 Februari 2019
Konsultasi Online Gratis

Kesehatan Kerja adalah ilmu yang dititikberatkan pada usaha pencegahan, pengenalan, evaluasi dan pengendalian bahaya atau hazard di tempat kerja. Menurut Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 48 Tahun 2016 tentang k3 Perkantoran yang selanjutnya disingkat K3 adalah segala kegiatan untuk menjamin dan melindungi keselamatan dan kesehatan karyawan melalui upaya pencegahan kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja.

K3 adalah upaya peningkatan dan pemeliharaan derajat kesehatan yang setinggitingginya bagi karyawan di semua jabatan, pencegahan penyimpangan kesehatan yang disebabkan oleh kondisi karyawan, perlindungan karyawan dari risiko akibat faktor yang merugikan kesehatan, penempatan dan pemeliharaan karyawan dalam suatu lingkungan kerja yang mengadaptasi antara karyawan dengan manusia dan manusia dengan jabatannya.#

Konsultasi K3 Di Bekasi

Klinik raphael sangat peduli akan kesehatan para pekerja, terutama para pekerja di sekitar bekasi karena bekasi adalah kota industri, kami sangat khawatir akan kesadaran para pekrja dengan kesehatan meraka. K3 merupakan suatu hal yang penting dan perlu diperhatikan oleh pihak pemberi kerja. Karena dengan adanya program kesehatan yang baik untuk karyawan, pada akhirnya akan menguntungkan baik bagi pemberi kerja dan pekerja, karena tingkat absensi akan lebih baik, pekerja akan bekerja dengan lingkungan yang lebih menyenangkan, sehingga secara keseluruhan karyawan akan mampu bekerja lebih baik.

Penggunaan istilah kesehatan dan keselamatan kerja mengacu pada kondisi psikologis fisik dan psikologis pekerja yang merupakan hasil dari lingkungan yang diberikan oleh perusahaan. Jadi, jika suatu perusahaan melakukan pengukuran keamanan dan kesehatan yang efektif, semakin sedikit pegawai yang mengalami dampak penyakit jangka pendek atau jangka panjang akibat bekerja di perusahaan tersebut.

Baca Juga : Medical Check Up

kesehatan kerja klinik raphael

Tujuan dari ilmu kesehatan dan kedokteran beserta prakteknya adalah agar pekerja memperoleh derajad kesehatan setinggi-tingginya baik secara fisik, mental maupun sosial dengan usaha-usaha pencegahan dan pengobatan terhadap penyakit atau gangguan kesehatan yang ditimbulkan oleh faktor-faktor pekerjaan dan lingkungan kerja serta terhadap penyakit-penyakit pada umumnya.

Hakikat dari k3 adalah :

  • Sebagai alat untuk mencapai derajad kesehatan tenaga kerja yang setinggi-setingginya baik, buruh, petani, nelayan, pegawai negeri atau pekerja lepas, dengan demikian dimaksudkan untuk kesejahteraan tenaga kerja.
  • Sebagai alat untuk meningkatkan produksi yang berdasarkan kepada peningkatan efesiensi dan daya produktivitas dari faktor manusia dalam produksi.

Pilihan Konsultasi Online Gratis dan Reservasi Klinik Raphael

WHATSAPP
TELEPON
FORM RESERVASI
tempat operasi selaput dara di cikarang
tempat operasi selaput dara di cikarang
tempat operasi selaput dara di cikarang

Telepon Seluler dan Whatsapp : 0813-9625-4650

Email : dokter@klinikraphael.com

Ruang lingkup pelayanan k3 yaitu meliputi pelayanan preventif (pencegahan), promotif (edukasi), kuratif (pengobatan) dan rehabilitasi.

Undang-Undang yang mengatur K3 adalah sebagai berikut :

  • Undang-undang No. 1 Tahun 1970 tentang Keselamatan Kerja

Undang-Undang ini mengatur dengan jelas tentang kewajiban pimpinan tempat kerja dan pekerja dalam melaksanakan keselamatan kerja.

  • Undang-undang nomor 23 tahun 1992 tentang Kesehatan.

Konsultasi Kesehatan Kerja

Sebaliknya para pekerja juga berkewajiban memakai alat pelindung diri (APD) dengan tepat dan benar serta mematuhi semua k3yang diwajibkan.  pasal 23 Tentang K3 juga menekankan pentingnya k3 agar setiap pekerja dapat bekerja secara sehat tanpa membahayakan diri sendiri dan masyarakat sekelilingnya hingga diperoleh produktifitas kerja yang optimal. Karena itu, k3 meliputi pelayanan k3, pencegahan penyakit akibat kerja dan syarat k3.

Karena itu, k3 meliputi pelayanan k3, pencegahan penyakit akibat kerja dan syarat k3.

  • Undang-undang No. 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan
  • Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 11 Tahun 1979 tentang Keselamatan Kerja Pada Pemurnian dan Pengolahan Minyak dan Gas Bumi
  • Peraturan Pemerintah Nomor 7 Tahun 1973 tentang Pengawasan Atas Peredaran, Penyimpanan dan Penggunaan Pestisida
  • Peraturan Pemerintah Nomor 13 Tahun 1973 tentang Pengaturan dan Pengawasan Keselamatan Kerja di Bidang Pertambangan
  • Keputusan Presiden Nomor 22 Tahun 1993 tentang Penyakit Yang Timbul Akibat Hubungan Kerja
 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *