Klinik Pencegahan Kanker Serviks Di Bekasi

Ketahui Resiko dan Manfaat Onani
19 Juni 2019
Pengobatan Kutil Kelamin di Bekasi Barat
16 Oktober 2019

Pencegahan Kanker Serviks dengan Vaksin HPV

Dewasa ini kasus kanker serviks semakin meningkat dari tahun ke tahun. Pada tahun 2016 jumlah kasus kanker serviks di Indonesia mencapai 348.809 kasus. Sementara menurut laporan Global Cancer Observatory (GLOBOCAN) pada tahun 2018, diperkirakan terdapat 32.469 kasus per-tahun atau sekitar 17,2% perempuan di Indonesia mengidap kanker serviks, dengan angka kematian mencapai 18.279 orang. Itu berarti ada 50 perempuan Indonesia meninggal dunia setiap hari akibat kanker serviks. Angka ini yang membuat Indonesia menduduki urutan kedua kasus kanker serviks terbanyak di dunia. Nah, dari data di atas sobat sehat sudah mengetahui belum apa itu kanker serviks dan bagaimana cara mengatasinya? Yuk kita simak penjelasan Klinik Pencegahan Kanker Serviks Di Bekasi

Sobat sehat, kanker serviks merupakan sebuah tumor ganas yang tumbuh didalam leher rahim atau serviks. Serviks adalah bagian terendah dari Rahim yang menempel pada puncak vagina.  Kanker Serviks adalah suatu penyakit yang disebabkan oleh HPV atau Human Papilloma Virus onkogenik, mempunyai persentase yang cukup tinggi dalam menyebabkan kanker serviks yaitu sekitar 99,7%. Jika kita lihat dari pengertian dan contoh-contoh kasus di atas penyakit ini cukup menyeramkan ya sobat sehat. Tentunya membuat kita semakin takut dan panik serta berpikiran, “mungkinkah penyakit tersebut menyerang kita?” atau “duh ngeri banget ya jadi takut banget nih dengan segala aktivitas”. Tenang sobat sehat, kanker serviks bisa diatasi sedari dini loh! Seperti telah disebutkan jika kanker tersebut disebabkan oleh virus HPV, maka dengan mudah virus tersebut dapat dicegah dengan vaksin HPV juga. Pemberian vaksin HPV tak perlu menunggu usia dewasa atau setelah menikah. Justru, vaksinasi HPV seharusnya dilakukan sejak dini. Ikatan Dokter Anak Indonesia malah merekomendasikan vaksinasi HPV sejak usia 10 tahun.

Pasti pertanyaan yang akan timbul ialah seberapa penting vaksin tersebut perlu dilakukan? Vaksin HPV umumnya diberikan kepada perempuan sebelum aktif melakukan hubungan seksual. Akan tetapi, vaksin ini juga dapat diberikan kepada laki-laki untuk lebih melindungi pasangannya dari terkena infeksi HPV. Berdasarkan analisis terhadap beberapa penelitian, vaksin HPV idealnya diberikan kepada anak perempuan dan laki-laki pada usia 9-12 tahun. Tujuannya adalah untuk memberikan kekebalan terhadap infeksi HPV sebelum penerima vaksin aktif melakukan hubungan seksual. Vaksin HPV akan bekerja lebih baik jika diberikan pada saat masih remaja, dibanding ketika diberikan sesudah dewasa. Vaksin HPV tidak hanya berguna untuk pencegahan kanker serviks saja, tetapi vaksin ini dapat mencegah penyakit kelamin lainnya seperti kulit, kutil kelamin, serta pada vulva, vagina, penis, dan anus.

Lalu, bagaimana sih tahapan dan cara melakukan vaksin sobat sehat? Sebelum seseorang mendapatkan vaksin HPV, dokter terlebih dahulu akan memeriksa kondisi fisiknya untuk memastikan bahwa dia sehat.

Dokter juga akan menanyakan riwayat medis orang tersebut terkait vaksin HPV. Jika pernah menerima vaksin HPV, dokter akan menanyakan tentang waktu pemberian vaksin HPV sebelumnya, dan menanyakan apakah dia mengalami alergi atau efek samping setelah mendapatkan vaksin. Tujuannya adalah untuk menghindari kemungkinan munculnya reaksi alergi atau efek samping dari vaksinasi HPV. Adapun dosis pemberian vaksin ialah sebanyak 2-3 kali. Vaksinasi yang dilakukan sebanyak 2 kali ditujukan kepada anak berusia 10-14 tahun. Rentang waktu antara suntikan pertama dan kedua adalah 6-12 bulan, sedangkan vaksinasi HPV yang dilakukan sebanyak 3 kali ditujukan kepada remaja dan dewasa berusia 15-26 tahun. Peserta vaksinasi HPV yang sistem imunnya terganggu juga dapat menjalani vaksinasi sebanyak 3 kali. Rentang waktu antara suntikan pertama dan kedua adalah 1-2 bulan, sedangkan rentang waktu antara suntikan kedua dan ketiga adalah 6 bulan. Cukup mudah kan sobat sehat? Kita hanya perlu teratur melakukan pemeriksaan rutin sobat sehat. Jadi sudah tidak ada alasan lagi untuk tidak memeriksakan dan melakukan vaksin HPV sedari dini. So, segera lakukan pemeriksaan dan vaksin di Klinik Pencegahan Kanker Serviks Di Bekasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *