Penyakit Gonore dan Cara Pencegahannya
21 April 2019

pengobatan herpes simplex bekasi

Pada artikel ini staff medis klinik raphael ingin menjelaskan sedikit tentang herpes simplex itu apa sih. selanjutnya ingin mengenalkan bahwa klinik raphael terdapat staff medis ahli dalam pengobatan herpes simplex bekasi dan sekitarnya, Semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua.

Herpes simpleks adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus pada mulut dan area genital. Herpes merupakan nama kelompok virus herpesviridae yang dapat menginfeksi manusia. Infeksi virus herpes dapat ditandai dengan munculnya lepuhan kulit dan kulit kering. Jenis virus herpes yang paling terkenal adalah herpes simplex virus atau HSV. Herpes simplex dapat menyebabkan infeksi pada daerah mulut, wajah, dan kelamin (herpes genitalia). Ada dua jenis herpes simpleks :

• Herpes Simpleks tipe 1, adalah jenis herpes simpleks yang paling umum terjadi pada seseorang paling tidak sekali saat masa kecil. Tipe ini ditularkan kepada orang lain melalui kontak dengan air liur. Virus tipe ini menyebabkan luka seperti sariawan disekitar bibir dan mulut yang disertai demam. Sering juga disertai oleh pembesaran kelenjar limfa di area leher.

Dokter Penyakit Herpes

• Herpes Simpleks Tipe 2 adalah jenis  herpes simpleks yang ditularkan melalui hubungan seksual. Penelitian di Amerika, menyatakan satu dari lima orang dewasa menderita infeksi virus herpes simpleks tipe 2 ini walaupun sebagian besar dari penderita tidak menyadari bahwa mereka terkena infeksi virus jenis ini. Infeksi ini ditandai dengan munculnya beberapa lesi berbentuk seperti lentingan yang berkumpul, dapat menjadi pecah dan mengeluarkan cairan. Lalu diikuti proses pemulihan luka. Keseluruhan tahap ini kira-kira memakan waktu 4 minggu. Infeksi menyebar ke daerah kulit sekitarnya melalui cairan yang keluar dari lentingan-lentingan itu. Lokasi luka virus ini terdapat pada area sekitar vagina, vulva, penis, kantong buah zakar, terkadang hingga ke area paha dan bokong. Lesi luka ini biasanya disertai keluhan yang lain seperti, demam, pembesaran kelenjar getah bening, sakit kepala atau nyeri saat buang air kecil, gatal, kesemutan, sensasi seperti terbakar dan nyeri pada luka. Herpes tipe 2 ini dapat dipastikan dengan pemeriksaan laboratorium dengan menemukan virus dari cairan yang keluar dari luka atau melalui pemeriksaan darah. Penyembuhan yang pasti belum ditemukan. Pengobatan bertujuan untuk mengurangi keluhan / gejala, mempercepat proses pemulihan, dengan menggunakan pengobatan anti virus. Pada individu yang infeksinya cukup berat, lama dan sering berulang kekambuhannya, dokter anda akan memberikan obat anti virus yang lebih kuat.

Tingakatan Infeksi Herpes Simplex

Infeksi herpes yang muncul biasanya terjadi dalam beberapa tingkatan. Rincian tingkatan sesorang terinfeksi herpes adalah sebagai berikut:

• Stadium primer. Stadium primer terjadi pada hari kedua hingga kedelapan setelah terjadinya infeksi herpes. Gejala yang muncul adalah blister (kulit yang melepuh) berukuran kecil, namun menyakitkan. Blister biasanya berisi cairan berwarna bening atau keruh, dan dapat pecah serta menimbulkan luka terbuka. Daerah di sekitar blister akan berwarna kemerahan.
  • Stadium laten. Pada stadium ini, gejala herpes seperti blister dan koreng akan mereda. Tetapi pada stadium ini, sebetulnya virus sedang menyebar ke saraf dekat saraf tulang belakang melalui kulit.

Tangani Herpes Di Klinik Raphael Bekasi

pengobatan herpes simplex di bekasi

• Stadium peluruhan. Pada stadium ini, virus mulai berkembang biak pada ujung-ujung saraf organ tubuh. Jika ujung saraf yang terinfeksi terletak pada organ tubuh yang menghasilkan cairan, seperti testis atau vagina, virus herpes dapat terkandung dalam cairan tubuh seperti semen dan lendir Biasanya tidak terjadi gejala yang terlihat, namun sebenarnya sedang terjadi perkembangbiakan virus di dalam tubuh.
  • Stadium rekurensi (muncul kembali). Pada stadium ini, blister pada kulit yang terjadi di stadium pertama dapat muncul kembali. Biasanya tidak separah lepuhan dan koreng yang sebelumnya. Gejala yang umumnya muncul pada stadium rekurensi ini adalah gatal, kesemutan, dan nyeri di daerah yang terkena infeksi pada stadium pertama.

Rata-rata kekambuhan pada orang dewasa adalah sekitar empat sampai lima kali dalam setahun dan pada tahun pertama, pada umumnya kekambuhan akan lebih sering dibandingkan pada tahun-tahun sesudahnya. Infeksi yang pertama kali biasanya yang paling berat. Pada umumnya, gejala-gejala akan muncul setelah dua minggu dari penularan virus. Virus herpes ini akan diam pada persyarafan sampai dengan suatu saat akan kambuh. Kekambuhan dipicu oleh stress, penyakit, atau terpapar sinar matahari yang berlebihan. Penting diingat oleh individu yang terkena infeksi virus ini, untuk menghindari berhubungan seks pada saat penyakit ini kambuh, karena dapat menularkan kepada pasangan seksual-nya. Penularan penyakit ini bahkan dapat saja terjadi beberapa hari sebelum semua gejala-gejala timbul. Oleh karena itu perlu ditekankan untuk mempraktekkan hubungan seks yang aman, dan selalu menggunakan kondom.

Pengobatan Herpes Simplex di Bekasi

Apabila pasien ingin berinteraksi secara langsung dengan tenaga medis kami atau perawat bisa melalui konsultasi online gratis tentang
penyakit herpes atau ingin tau tempat pengobatan herpes simplex di Bekasi. Terdapat dua (2) pilihan cara chat whatsapp messenger dan telepon seluler dengan cara mudah di-klik pada pilihan gambar dibawah ini.

Konsultasi Online Gratis

tanya dokter kelamin di bekasi

Telepon Seluler dan Whatsapp : 0813-9625-4650

Email : dokter@klinikraphael.com

Serta apabila kondisi anda sudah membaik dan dikatakan sudah tidak terkena penyakit gonore dari dokter, disarankan apabila melakukan hubungan badan melakukan secara sehat dan aman untuk menghindari terjangkit kembali penyakit herpes.