Menganali Dan mengobati Orchitis Di Bekasi
Apa Itu Tinea Cruris dan Bagaimana Mengobatinya
28 November 2019

Tempat Mengobati Penyakit Mumps atau Gondongan Di Bekasi

Mumps atau Parotitis yang dalam masyarakat lebih dikenal sebagai penyakit gondong adalah infeksi virus paramyxovirusParamyxovirus mempengaruhi kelenjar parotis yang merupakan salah satu dari tiga pasang kelenjar air liur (saliva) yang terletak dibawah dan didepan telinga. Gondong dapat menyebabkan pembengkakan pada salah satu atau kedua kelenjar parotis.

Gondongan merupakan penyakit yang sangat menular dan virus berada pada air liur. Penyakit ini memiliki cara penularan yang sama dengan pilek atau flu yaitu dapat terinfeksi melalui batuk, bersin, dll. Penularan juga dapat terjadi jika menyentuh benda-benda yang terinfeksi misalnya, gagang pintu. Gondong dapat berkembang seperti menjadi penyebab gangguan pendengaran. Tidak ada pengobatan khusus untuk gondong. Namun gondong dapat dicegah dengan menggunakan vaksinasi.

Apa Penyebab Mumps ?

Seperti yang telah disebutkan di atas, gondongan disebabkan oleh kelompok virus bernama paramyxovirus. Saat masuk ke dalam saluran pernapasan melalui hidung, mulut, atau tenggorokan, virus tersebut akan menetap, berkembang biak, dan menginfeksi kelenjar parotis sehingga kelenjar tersebut bengkak.

Penularan virus gondongan dari penderita kepada orang sehat dapat terjadi dengan sangat cepat. Masa rawan penularan terutama adalah beberapa hari sebelum kelenjar parotis penderita bengkak sampai lima hari setelah pembengkakan muncul.

Bagaimana Tanda dan Gejalanya ?

Gejala gondongan biasanya baru akan muncul 14-25 hari setelah infeksi virus terjadi. Gejala gondongan ditandai dengan pembengkakan kelenjar parotis yang membuat sisi wajah atau pipi bengkak. Pasca pembengkakan kelenjar parotis, gejala lainnya akan mulai berkembang. Di antaranya adalah:

• Sakit kepala
  • Nyeri otot
  • Kelelahan dan lemas
  • Kehilangan nafsu makan
  • Terjadi pembengkakan dan rasa nyeri pada salah satu atau kedua kelenjar parotis.
  • Merasa nyeri ketika mengunyah dan menelan

Komplikasi apa saja yang dapat terjadi ?

Selain menyerang kelenjar parotis, virus gondongan juga bisa masuk ke cairan serebrospinal, yaitu cairan yang mengelilingi serta melindungi saraf tulang belakang dan otak. Selanjutnya virus gondongan dapat menyebar ke beberapa bagian tubuh lainnya, seperti pankreas, otak, indung telur, atau testis. Adapun komplikasi yang dapat muncul saat virus gondongan sudah menyebar, di antaranya adalah :

• Orchitis.

Peradangan testis biasanya dimulai 4-8 hari setelag pembengkakan kelenjar parotis pada pasien yang telah mencapai usia pubertas. Pengobatan yang akan diberikan adalah untuk mengurangi gejala, yaitu dengan kompres air hangat pada testis dan meminum obat pereda rasa sakit seperti ibuprofen atau paracetamol.

• Pembengkakan indung telur.

Komplikasi ini dapat terjadi pada wanita yang menderita gondongan setelah masa pubertas. Pembengkakan indung telur atau ovarium ini umumnya dapat pulih setelah virus gondongan bisa diatasi.

• Pankreatitis akut.

Pankreatitis akut ditandai dengan munculnya nyeri di bagian tengah perut secara tiba-tiba. Selain itu, gejala lain yang menyertai komplikasi ini dapat berupa diare, demam, mual, dan hilang nafsu makan. Perawatan pankreatitis dianjurkan untuk dilakukan di rumah sakit hingga penderita pulih.

• Meningitis virus.

Meningitis yang disebabkan oleh virus berbeda dengan meningitis akibat bakteri yang membahayakan nyawa. Meningitis virus menyebabkan gejala-gejala yang lebih ringan dan biasanya dapat sembuh dalam waktu dua minggu. Selain gejala seperti flu, gejala dari meningitis virus adalah sakit kepala, leher terasa kaku, dan meningkatnya sensitivitas terhadap cahaya.

• Radang otak atau ensefalitis.

Komplikasi ini jarang terjadi, namun dapat berakibat fatal. Oleh karena itu, perawatan darurat di rumah sakit diperlukan jika terjadi radang otak (ensefalitis).

Bagaimana pencegahannya ?

Pencegahan terjadinya infeksi gondong dapat dilakukan dengan pemberian imunisasi MMR. Pemberian vaksin dapat dilakukan dalam 2 dosis dan direkomendasikan sebelum masuk sekolah :

• Dosis pertama diberikan ketika anak berusia 12-15 bulan.
  • Dosis kedua diberikan ketika anak berusia antara 4-6 tahun, namun jika tidak memungkinkan diberikan pada usia tersebut maka dapat diberikan pada usia antara 11-12 tahun.

Berkonsultasilah terlebih dahulu dengan dokter untuk penggunaan vaksin karena terdapat beberapa kondisi yang tidak bisa mendapatkan vaksin seperti :

• Dalam kondisi hamil atau wanita yang berencana untuk hamil dalam 4 minggu kedepan.
  • Seseorang yang memiliki reaksi alergi terhadap gelain atau antibiotik neomycin.
  • Seseorang yang sistem kekebalan tubuhnya terganggu atau seseorang yang sedang mengkonsumsi obat steroid, kecuali manfaat vaksin lebih besar dari resiko yang kemungkinan dapat terjadi.

Bagi orang yang tidak mendapatkan vaksin saat kecil, maka langkah pencegahan yang bisa dilakukan adalah dengan cara selalu menjaga kebersihan tangan, tidak berbagi peralatan mandi atau peralatan makan dengan orang lain, menggunakan kertas tisu ketika bersin atau batuk agar bisa langsung dibuang, dan memakai masker. Bagi penderita gondongan, dianjurkan untuk tidak beraktivitas dulu di luar rumah paling tidak selama lima hari setelah gejala pertama muncul, untuk mencegah penyebaran penyakit ke orang lain.

Bagaimana Cara Pengobatan Mumps ?

Penyebab gondong adalah karena infeksi virus sehingga penggunaan antibiotik tidak efektif untuk gondong. Pada umumnya anak-anak dan orang dewasa akan pulih dari gondong dalam waktu sekitar dua minggu. Terapi pengobatan dilakukan untuk membantu mengurangi gejala yang terjadi seperti :

• Anda tidak memerlukan terapi jika gejala yang dirasakan masih ringan.
  • Penggunaan paracetamol atau ibuprofen dapat mengurangi demam dan rasa nyeri.
  • Memberikan anak-anak banyak asupan cairan, terutama jika mengalami demam. Pemberian air putih adalah yang terbaik. Pemberian jus buah dapat menambah rasa nyeri karena mebuat air liur lebih banyak.
  • Istirahat total hingga demam mereda.
  • Menghindari kontak dengan orang lain untuk mencegah terjadinya penyebaran virus.

PUSAT PENGOBATAN PENYAKIT KELAMIN DENGAN HARGA TERJANGKAU

“TEMPAT PENGOBATAN Mumps DI BEKASI“

KLINIK RAPHAEL BEKASI

TLP / WA : 0813 9625 4650