Tempat Pengobatan Kutil Kelamin di Bekasi

4 April 2019
Operasi Keperawanan Di Bekasi
15 April 2019

Kondiloma akuminata juga dikenal sebagai anogenital warts atau dalam Bahasa Indonesia nya disebut kutil kelamin. Kutil kelamin bervariasi dalam ukuran dan dapat membentuk  massa seperti kembang kol, terutama di lingkungan yang lembab seperti di perineum. Human papillomavirus (HPV) adalah penyebab kondiloma akuminata. Kutil dapat menyebar ke dalam vagina, uretra, dan sekitar anus. Kondiloma merupakan penyakit menular seksual dan berpengaruh buruk bagi kedua pasangan. Klinik raphael adalah tempat pengobatan kutil kelamin di bekasi

Masa inkubasi dapat terjadi sampai beberapa bulan tanpa tanda dan gejala penyakit. Biasanya lebih banyak selama masa kehamilan dan ketika terjadi pengeluaran cairan yang berlebihan dari vagina. Meskipun sedikit, kumpulan bunga kol bisa berkembang dan sebagai akibatnya adalah akumulasi bahan – bahan purulen pada belahan – belahan, biasanya berbau tidak sedap warnanya abu – abu, kuning pucat atau merah muda.

Kutil kelamin atau kondiloma disebabkan oleh infeksi pada epidermis oleh jenis Human Papiloma Virus yang spesifik pada sebagian besar lesi yang terjadi akibat HPV 6 dan 11 yang dijumpai, namun terkadang HPV 16 atau jenis lain juga dijumpai hubungan antara kutil kelamin dengan kutil kulit biasanya telah banyak dibahas sebelumnya namun tidak ada bukti hubungan klinis atau virologis antara keduanya meskipun demikian sejumlah kecil pasien dengan kutil kulit biasa juga mengalami kutil yang sama pada bagian genital. Beberapa faktor-faktor resiko yang mempengaruhi :

1. Aktivitas Seksual

Kondiloma akuminata atau infeksi HPV sering terjadi pada orang yang mempunyai aktivitas seksual yang aktif dan mempunyai pasangan seksual lebih dari 1 orang (multiple). Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mahasiswi-mahasiswa yang sering bergonta-ganti pasangan seksual dapat terinfeksi HPV melalui pemeriksaan DNA.

Pusat Tempat Pengobatan Kutil Kelamin di Bekasi

dokter kutil kelamin di bekasi

Wanita dengan lima atau lebih pasangan seksual dalam lima tahun memiliki resiko 7,1% mengalami infeksi HPV (anogenital warts) dan 12,8% mengalami kekambuhan dalam rentang waktu tersebut. Pada penelitian yang lebih luas, yang melibatkan wanita berusia 18-25 tahun yang memiliki tiga kehidupan seksual dengan pasangan yang berbeda berpotensi untuk terinfeksi HPV.

• Penggunaan Kontrasepsi

Penelitian pada 603 mahasiswa yang menggunakan alat kontrasepsi oral ternyata menunjukkan adanya hubungan terjadinya infeksi HPV pada servik. Namun hubungan pasti antara alat kontrasepsi oral dengan angka kejadian terjadinya kondiloma akuminata masih menjadi perdebatan di dunia.

• Merokok

Hubungan antara merokok dengan terjadinya kondiloma akuminata masih belum jelas. Namun pada penelitian ditemukan adanya korelasi antara terjadinya infeksi HPV pada seviks dengan penggunaan rokok tanpa filter (cigarette) dengan cara pengukuran HPV DNA.

• Kehamilan

Penyakit ini tidak mempengaruhi kesuburan, hanya pada masa kehamilan pertumbuhannya makin cepat, dan jika pertumbuhannya terlalu besar dapat menghalangi lahirnya bayi dan dapat timbul perdarahan pasca persalinan. Selain itu dapat juga menimbulkan kondiloma akuminata atau papilomatosis laring (kutil pada saluran nafas) pada bayi baru lahir. Keluhan keputihan yang di alami dapat terjadi akibat adanya kondiloma di vagina dan serviks, atau mungkin juga keputihan oleh sebab lain seperti jamur misalnya.

• Imunitas

Kondiloma juga sering ditemukan pada pasien yang immunocompromised (misal HIV).

Gejala dan Tanda Sering Muncul Kutil Kelamin

Gejala kutil kelamin pada pria atau wanita mempunyai ciri-ciri dan merupakan penyakit yang berbahaya. Kutil kelamin merupakan penyakit yang termasuk kedalam infeksi menular seksual atau dengan singkatan (pms). Penyakit kutil kelamin pada pria dan wanita tidak menyebabkan dengan rasa sakit yang berlebih, akan tetapi penyakit ini membuat penderita kehilangan rasa percaya diri dan bisa mengalami depresi (stress) diakibatkan benjolan yang timbul sekitar badan tepat dengan pandangan orang.

• Kondiloma akuminata sering muncul disaerah yang lembab, biasanya pada penis, vulva, dinding vagina dan dinding serviks dan dapat menyebar sampai daerah perianal
  • Berbau busuk
  • Warts/kutil memberi gambaran merah muda, flat, gambaran bunga kol
  • Pada pria dapat menyerang penis, uretra dan daerah rektal. Infeksi dapat dormant atau tidak dapat dideteksi, karena sebagian lesi tersembunyi didalam folikel rambut atau dalam lingkaran dalam penis yang tidak disirkumsisi.
  • Pada wanita condiloma akuminata menyerang daerah yang lembab dari labia minora dan vagina. Sebagian besar lesi timbul tanpa simptom. Pada sebagian kasus biasanya terjadi perdarah setelah berhubungan intim, gatal atau vaginal discharge
  • Ukuran tiap kutil biasanya 1-2 mm, namun bila berkumpul sampai berdiameter 10, 2 cm dan bertangkai. Dan biasanya ada yang sangat kecil sampai tidak diperhatikan. Terkadang muncul lebih dari satu daerah.
  • Pada kasus yang jarang, perdarahan dan obstruksi saluran kemih jika virus mencapai saluran uretra
  • Memiliki riwayat kehidupan seksual aktif dengan banyak pasangan.

Terapi Pembedahan Kutil Kelamin

dokter kutil kelamin di bekasi

Kutil kelamin tidak perlu diobati bila tidak menimbulkan gejala yang mengganggu. Bahkan pada beberapa kasus, kutil kelamin dapat hilang dengan sendirinya. Namun bila penderita merasa gatal, nyeri atau sensasi terbakar pada kelamin, dokter dapat meresepkan obat dalam bentuk krim/salep, seperti asam trikloroasetat. Obat ini bekerja dengan membakar kutil kelamin, dan bisa digunakan pada kutil di kelamin bagian dalam. Efek samping obat ini meliputi iritasi kulit dan nyeri pada kulit.

• Kuret atau Kauter ( Elektrokauterisasi )
  • Kuret atau Kauter (Elektrokauterisasi) dengan kondisi anastesi lokal dapat digunakan untuk pengobatan kutil yang resisten terhadap pengobatan topikal munculnya bekas luka parut adalah salah satu kekurangan metode ini.
  • Bedah Beku ( N2, N2O cair )
  • Bedah beku ini banyak menolong untuk pengobatan kondiloma akuminata pada wanita hamil dengan lesi yang banyak dan basah.
  • Laser
  • Laser karbondioksida efektif digunakan untuk memusnahkan beberapa kutil – kutil yang sulit. Tidak terdapat kekawatiran mengenai ketidakefektifan karbondioksida yang dibangkitkan selama prosedur selesai, sedikit meninggalkan jaringan parut.
  • Terapi Kombinasi
  • Berbagai kombinasi terapi yang telah dipergunakan terhadap kutil kelamin yang membandel, contohnya kombinasi interferon dengan prosedur pembedahan, kombinasi TCAA dengan podophylin, pembedahan dengan podophylin. Seseorang harus sangat berhati – hati ketika menggunakan terapi kombinasi tersebut dikarenakan beberapa dari perlakuan tersebut dapat mengakibatkan reaksi yang sangat serius.

valsin HPV

PUSAT PENGOBATAN PENYAKIT KELAMIN DENGAN HARGA TERJANGKAU

“TEMPAT PENGOBATAN KUTIL KELAMIN DI BEKASI“

KLINIK RAPHAEL BEKASI