Manfaat dan Cara Memakai Kondom
15 April 2021
Jenis Infeksi Kutil Veruka Vulgaris
23 April 2021
granuloma inguinale

Granuloma inguinale merupakan penyakit menular seksual yang disebabkan oleh bakteri Klebisella Granulomatis. Gejala awal penyakit menular ini ditandai dengan muncul benjolan kemerahan yang terjadi di area kelamin atau anus. Perlahan benjolan ini dapat terus membesar dan menyebar sampai ke panggul, tulan dan mulut. Benjolan ini juga dapat pecah yang menyebabkan luka cukup serius bahkan sampai kerusakan pada alat kelamin.

Infeksi penyakit granuloma inguinale ini ditularkan melalui hubungan seksual dengan pasangan yang terinfeksi virus klebisella granulomatis. Karenanya mayuritas penderita penyakit menular ini pada orang yang sering bergonta-ganti pasangan seksual secara bebas.

Gejala yang muncul akibat penyakit granuloma inguinale

Perkembangan penyakit menular ini cukup lambat, biasanya sekita 17 hari setelah bakteri menginfeksi ke dalam tubuh sampai menimbulkan gejala. Selanjutnya membutuhkan waktu sekitar 12 minggu sampai menyebabkan luka pada kulit. Adapun lesi dapat berkembangan melalui 3 tahapan yaitu:

  1. Tahap pertama
    Akan timbul benjolan kecil kemerahan seperti jerawat di area sekitar kulit kelamin atau anus, selanjutkan akan semakin membesar dan membentuk nodul halus berwarna merah. Benjolan ini tidak terasa sakit tapi mudah berdarah.
  2. Tahap kedua
    Benjolan berubah menjadi luka dangkal (ulkus) yang mulai merusak kulit dan menyebar dari area kelamin dan anus ke paha bagian bawah. Selanjutnya menjadi luka kering yang agak besar seperti kutil kelamin dan berbau busuk.
  3. Tahap ketiga
    Infeksi semakin bertambah parah dari luka yang besar tadi menjadi lebih dalam dan menimbulkan jaringan parut.

Baca juga : Moluskum kontagiosum – Penyebab, Gejala dan Pengobatan

Segera melakukan pengobatan jika tidak segera infeksi penyakit granuloma inguinale ini akan berlanjut dan menjadi komplikasi diantaranya:

  • Infeksi ini dapat terus menyebar sampai ke kelenjar getah bening di lipat paha sehingga menyebabkan jaringan parut dan menimbulkan bengkak yang permanen.
  • Infeksi juga menyebar melalui darah dan infeksi bakteri ini menyebar ke organ tubuh laen seperti sendi, tulang, paru-paru dan hati.

Faktor yang menyebabkan seseorang terinfeksi

Berikut beberapa faktor resiko yang menyebabkan seseorang terinfeksi granuloma inguinale yaitu:

  • Hubungan seksual yang tidak aman
  • Sering gonta-ganti pasangan seksual
  • Homoseksual karena pria lebih memiliki resiko terinfeksi dibandingkan wanita.
klinik Pengobatan gonore
Telepon Klinik kelamin Raphal

Diagnosis penyakit granuloma inguinale

Penyakit menular seksual ini sulit untuk didiagnosis pada taham awal terinfeksi tapi patut dicurigai ketika ada luka (ulkus) di area kelamin atau anus. Untuk pemeriksaan dengan cara diswab untuk membantu mendiagnosis penyakit granuloma inguinale dengan cara mengambil sampel cairan pada luka (ulkus) dengan cotton bud.

Selanjutnya cotton bud yang telah ada cairan luka tersebut dioleskan pada kaca preparat untuk dicek menggunakan mikroskop dan melihat apakah ada bakteri Klebisella Granulomatis atau tidak.

Bagaimana cara pencegahannya

Penyakit granuloma inguinale merupakan salah satu dari penyakit menular seksual yang cara penularannya melalui hubunga seksual. Oleh karena itu melakukan hubungan seksual yang aman seperti tidak banyak berganti pasangan dan menggunakan kondom menjadi salah satu pencegahannya. Jangan berhubungan seksual dengan pekerja seks komersial (PSK).

Bagaimana cara pengobatan

Pengobatan penyakit granuloma inguinale sangat dianjurkan dilakukan sejak dini, karena bertujuan untuk mencegah bertambah parah. Penyakit ini jika tidak segera diobati dapat menyebabkan pembengkakan pada alat kelamin dan pembentukan jaringan parut secara permanen.

Untuk pengobatan penyakit menular ini menggunakan obata antibiotik yang diberikan setidaknya selama 3 mingggu dan dapat dilanjutkan sampai infeksi ini sembuh. Pada masa pengobatan pasien disarankan untuk tidak melakukan hubungan seksual terlebih dahulu sampai infeksi sembuh.

klinik Pengobatan gonore
Telepon Klinik kelamin Raphal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: