Cara Mengatasi Ejakulasi Dini
Show all

Bahaya Kutil Kelamin

PENJELASAN

Kutil atau dengan nama lain Kondiloma Akuminata merupakan kutil di dalam atau di sekeliling vagina, penis atau dubur, yang ditularkan melalui hubungan seksual, Bahanya kutil kelamin tergantung seberapa cepatnya ditangani dan apabila tidak segera ditangani maka dapat menambah jumlah kutil yang tumbuh.

Kondiloma akuminatum ialah vegetasi oleh Human Papiloma Virus tipe tertentu, bertangkai, dan permukaannya berjonjot. Tipe HPV tertentu mempunyai potensi onkogenik yang tinggi, yaitu tipe 16 dan 18. tipe ini merupakan jenis virus yang paling sering dijumpai pada kanker serviks. Sedangkan tipe 6 dan 11 lebih sering dijumpai pada kondiloma akuminatum dan neoplasia intraepitelial serviks derajat ringan.

Kutil sering ditemukan dan menyebabkan kecemasan karena:

– Dapat terinfeksi bakteri

– Tidak enak dilihat,

– Bisa merupakan petunjuk adanya gangguan sistem kekebalan.

– Muncul rasa gatal

Seperti Apa Penyakit Kutil Kelamin ? Kutil kelamin sebagian besar berukuran sangat kecil, sehingga akan sulit terlihat. Biasanya penderita yang mengalami kondisi ini akan merasakan gatal gatal di sekitar daerah genital. Kutil Kelamin dapat tumbuh satu per satu juga dapat tumbuh secara berdekatan atau berkelompok.
Kutil Kelamin Pada Pria : Kutil dapat tumbuh di bagian batang dan ujung penis, anus, serta kantung zakar.

Kutil Kelamin Pada Wanita : Kutil kelamin dapat tumbuh pada bagian dinding vagina, leher rahim, vulva, dan kulit di antara lubang vagina dan lubang anus. Kutil kelamin juga bisa tumbuh di dalam mulut dan bahkan tenggorokan orang yang melakukan seks oral dengan seorang penderita.

Pengobatan Kutil Kelamin di Bekasi

Penyebab munculnya kutil adalah virus papilloma. Pada wanita, virus papiloma tipe 16 dan 18, yang menyerang leher rahim tetapi tidak menyebabkan kutil pada alat kelamin luar dan bisa menyebabkan kanker leher rahim. Virus tipe ini dan virus papiloma lainnya bisa menyebabkan tumor intra-epitel pada leher rahim atau kanker pada vagina, vulva, dubur, penis,mulut, tenggorokan atau kerongkongan.

Baca Juga : Pengobatan Gonore Pada Pria

GEJALA

Kutil genitalis paling sering tumbuh di permukaan tubuh yang hangat dan lembap. Pada pria, area yang sering terkena adalah ujung dan batang penis dan dibawah kulit depannya (jika tidak disunat). Pada wanita, kutil timbul di vulva, dinding vagina, leher rahim (serviks) dan kulit di sekeliling vagina. Kutil genitalis juga bisa terjadi di daerah sekeliling anus dan rektum, terutama pada pria homoseksual dan wanita yang melakukan hubungan seksual melalui dubur.

Kutil biasanya muncul dalam waktu 1-6 bulan setelah terinfeksi, dimulai sebagai pembengkakan kecil yang lembut, lembap, berwarna merah atau pink. Mereka tumbuh dengan cepat dan bisa memiliki tangkai. Pada suatu daerah seringkali tumbuh beberapa kutil dan permukaannya yang kasar memberikan gambaran seperti bunga kol.

Pengobatan kutil kelamin di bekasi

Pada wanita hamil, pada gangguan sistem kekebalan (penderita AIDS atau pengobatan dengan obat yang menekan sistem kekebalan) dan pada orang yang kulitnya meradang, pertumbuhan kutil ini sangat cepat.

Saat berhubungan intim mengalami pendarahan. Timbul gatal gatal pada area kelamin / kemaluan. Muncul rasa tidak nyaman pada kelamin / kemaluan. Keputihan yang abnormal. Bintik – bintik di seputar kelamin / kemaluan. Rasa sakit saat berhubungan badan. Terapi biasanya berhasil meski tidak selalu, dan tidak semua kutil membutuhkan terapi. Terapi itu sendiri dapat menyebabkan masalah, seperti nyeri, infeksi dan bekas. Kutil yang tidak menyebabkan nyeri tidak membutuhkan terapi. Penyebaran virus harus dihindari, misalnya, dengan memastikan kutil tertutup saat berenang di tempat umum, menggunakan ruang loker atau kamar mandi umum.

PENGOBATAN DAN DIAGNOSA

Diagnosis ditegakkan berdasarkan gejala dan hasil pemeriksaan fisik. Kutil yang menetap bisa diangkat melalui pembedahan dan diperiksa dibawah mikroskop untuk meyakinkan bahwa itu bukan merupakan suatu keganasan. Wanita yang memiliki kutil di leher rahimnya, harus menjalani pemeriksaan Pap-smear secara rutin.

Kutil pada alat kelamin luar bisa diangkat melalui laser, krioterapi (pembekuan) atau pembedahan dengan bius lokal. Pengobatan kimiawi, seperti podofilum resin atau racun yang dimurnikan atau asam trikloroasetat, bisa dioleskan langsung pada kutil. Tetapi pengobatan ini memerlukan waktu beberapa minggu sampai beberapa bulan, bisa melukai kulit di sekelilingnya dan sering gatal.

Pengobatan Kutil Kelamin di Bekasi

Kutil di uretra bisa diobati dengan obat anti kanker seperti tiotepa atau florourasil. Pilihan lainnya adalah pengangkatan kutil dari uretra melalui pembedahan endoskopik. Kutil genitalis sering kambuh dan memerlukan pengobatan ulang. Pada pria yang belum disunat, kekambuhan bisa dicegah dengan menjalani penyunatan. Kutil kelamin adalah infeksi menular seksual yang ditandai dengan munculnya benjolan-benjolan daging berukuran kecil di sekitar area kelamin atau dubur. Penyakit ini sangat tidak menyebabkan nyeri serta tidak membahayakan jiwa penderitanya. Walau demikian, penyakit ini menimbulkan stres akibat benjolan yang tidak sedap dipandang mata.

Pengobatan Kutil Kelamin di Bekasi

Human papilloma virus (HPV) adalah penyebab kutil kelamin. Seseorang dapat terjangkit kutil kelamin melalui kontak antar kulit ketika dirinya melakukan hubungan seksual dengan orang lain yang sudah terinfeksi. Besarnya risiko tersebut adalah sebesar 66 persen. Karena itu kutil kelamin merupakan penyakit seksual yang cukup umum terjadi. Walau sangat jarang terjadi, virus juga bisa menular ketika tangan seorang penderita kutil kelamin menyentuh area genital sendiri kemudian menyentuh area genital pasangannya.

Selain itu, seorang ibu juga dapat menularkan virus kutil kelamin kepada bayinya selama proses persalinan. Sama seperti melalui tangan, kasus semacam ini juga jarang terjadi. Jangan remehkan penyakit kutil kelamin karena kondisi ini merupakan penyebab utama kanker serviks pada wanita. Dan sekitar 90 persen kasus kutil kelamin disebabkan oleh HPV tipe 6 dan 11. Setelah masuk ke tubuh, virus HPV akan berdiam di dalam sel dan memperbanyak diri. Setelah itu, virus akan keluar dari sel inang dan menyerang sel lain yang sehat. Segera pahami dari penyakit kelamin dari gejala, efek dan bahaya kutil kelamin itu tersebut

Klinik raphael cikarang juga terdapat layanan gratis berupa konsultasi online melalui chat whatsapp untuk memudahkan pasien dalam berinteraksi tempat operasi selaput dara di cikarang dengan tenaga medis kami, interaksi (tanya jawab) tersebut bisa dilakukan dengan cara hubungi WA/TLP dibawah ini.

Email : dokter@klinikraphael.com

Selain melalui konsultasi online gratis (chat whatsapp), anda atau pasien juga bisa menghubungi tenaga medis kami secara langsung melalui telepon seluler maupun email seperti keterangan yang sudah tertera diatas untuk lebih jelas dari bahaya kutil kelamin.

Konsultasi Online Gratis

1. rizki rosmana berkata:

salam numpang tanya kira kira untuk biaya kutil dubur/jengger ayam berapa ya? terimakasih

2. Daepah tyalitsah berkata:

Membantu bgt

3. Aftina nuryanaja berkata:

Pengen deh nanya banyak tentang HPV kayaknya saya ada deh kayak yg di yg tulis diatas

4. wito berkata:

hay dok. saya mau nanya kalo biaya oprasi kutil kelamin kisaran berapa y