Kutil Kelamin Tumbuh Kembali
6 Februari 2019
Cara Merawat Kebersihan Mrs V Wanita
12 Februari 2019
Show all

Pentingnya Vaksin HPV

Daftar Isi

HPV (Human Papilloma Virus), virus penyebab kanker serviks, menimbulkan beban kesehatan di seluruh dunia, tak terkecuali Indonesia, mayoritas warga indonesia kurang paham betapa pentingnya vaksin HPV. Ketahuilah Vaksinasi HPV adalah salah satu cara pencegahan perempuan tertular human papilloma virus (HPV), satu virus penyebab kanker serviks atau kanker leher rahim.
Terkait kapan sebaiknya vaksinasi HPV dilakukan, menyatakan bahwa proteksi tersebut paling baik dilakukan sejak usia dini antara 9-13 tahun, itu saat proteksi paling bagus. Suntikan pertama saat SD kelas 5, suntikan kedua kelas 6 SD, untuk mengeliminasi kanker serviks, saat usia 9 tahun, kekebalan tubuh seseorang sedang berada pada masa prima dan memiliki daya tahan tubuh yang lebih kuat dalam merespon vaksin.
Vaksinasi HPV sendiri terbagi menjadi dua golongan yakni pada usia 9-13 tahun dengan dua dosis (jarak 0 dan 6-12 bulan) dan 14-44 tahun dengan tiga dosis (jarak 0, 2 bulan dan 6 bulan). Data Centers for Disease Education and Prevention (CDC) menyebutkan, setiap tahun sekitar 14 juta orang termasuk remaja terinfeksi HPV karena masa remaja sejalan dengan masa pertumbuhan sehingga struktur organ serviks lebih rentan terhadap infeksi HPV.

Laki-laki perlu divaksin?

“Pria juga divaksin untuk melindungi dirinya dari jenis kanker lain,” kata Andrijono.
Kanker masih menjadi penyakit yang mengerikan, dengan tingkat kematian yang cukup tinggi. Kanker serviks atau kanker rahim termasuk salah satunya. Jumlah kematian yang disebabkan kanker serviks termasuk yang tinggi di Indonesia.
Kanker serviks adalah kanker paling umum keempat yang menyerang wanita. Sebagian besar, sekitar 85 persen kanker serviks melanda para wanita di wilayah tertinggal. Ia menyumbang hampir 12 persen dari semua kanker yang diderita wanita. Sayangnya, meskipun jumlah korbannya tinggi, kebanyakan infeksi HPV tanpa gejala. Akibatnya, seringkali korban datang ke pusat kesehatan ketika sudah berada di stadium tinggi.
Banyak sekali manfaat dari vaksin HPV untuk pencegahan berbagai macam penyakit, termasuk di antaranya kanker serviks. Berdasarkan strain virusnya, terdapat dua jenis vaksin HPV, yaitu vaksin HPV bivalen (2 tipe HPV) dan quadrivalen (4 tipe HPV). Vaksin HPV bivalen adalah vaksin untuk mencegah infeksi HPV tipe 16 dan 18, yaitu strain HPV yang menyebabkan kanker serviks. Sedangkan vaksin HPV quadrivalen untuk mencegah infeksi HPV tipe 6, 11, 16, dan 18.Di negara-negara yang sudah menjalankan program vaksin HPV secara nasional, kejadian kanker serviks secara signifikan turun. Misalnya di Australia turun 50 persen setelah menjalankan program 10 tahun, bahkan Kanada dan Swedia turun 80-84 persen. Hasil vaksinasi sudah bisa dilihat dalam 5 tahun sejak program dijalankan. Salah satu indikasi vaksin efektif dapat dilihat dengan insiden kutil kelamin, yang juga disebabkan HPV tipe tertentu, yang biasanya ikut turun.
Klinik raphael Cikarang Bekasi juga terdapat layanan gratis berupa konsultasi online melalui chat whatsapp untuk memudahkan pasien dalam berinteraksi tentang “PENTINGNYA VAKSIN HPV” pengobatan penyakit kelamin dan tempat operasi selaput dara di cikarang dengan tenaga medis kami, interaksi (tanya jawab) tersebut bisa dilakukan dengan cara meng-klik gambar dibawah ini.
Pilihan Konsultasi Online Gratis dan Reservasi Klinik Raphel
WHATSAPP
TELEPON
FORM RESERVASI
tempat operasi selaput dara di cikarang
tempat operasi selaput dara di cikarang
tempat operasi selaput dara di cikarang
Telepon Seluler dan Whatsapp : 0813-9625-4650
Selain melalui konsultasi online gratis (chat whatsapp), anda atau pasien juga bisa menghubungi tenaga medis kami secara langsung melalui telepon seluler maupun email seperti keterangan yang sudah tertera diatas untuk lebih jelas dari “PENTINGNYA VAKSIN HPV”.
 
Konsultasi Online Gratis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: