Pencegahan, Penyebab dan Pengobatan Kutil Kelamin

Bahaya Klamidia Dapat Menyebabkan Kemandulan
2 September 2020
kutil kelamin

Kutil kelamin merupakan benjolan kecil atau kutil yang tumbuh disekitar area kelamin dan dubur karena infeksi dari bakteri HPV (human papillomavirus) jenis 6 dan 11. Kutil kelamin muncul karena infeksi dari bakteri penyakit menular seksual yang menular melalui hubungan seksual dengan orang yang terinfeksi.

Ukuran dari kutil kelamin ini kecil dan cukup kecil dan terkadang tidak mudah untuk terlihat namun jangan salah penyakit ini dapat menimbulkan geja yang membuat tidak nyaman. Gejala yang muncul yaitu adanya rasa gatal diarea kelamin, sensari terbakar disertai sakit dan terjadi pendarahan saat hubungan seksual.

Orang yang sering bergonta-ganti pasangan seksual memiliki resiko terinfeksi penyakit kutil kelamin lebih besar. Karena perilaku seksual seperti itu kemungkinan disalah satu pasangan seksualnya sudah terinfeksi kutil kelamin. Oleh karenanya perlu pemahaman yang yang lebih lagi tentang penyakit kutil kelamin ini supaya kitadapat terhindar dari penlarannya. Yuk simak ulasan lengkapnya.

Penyebab kutil kelamin

Infeksi kutil kelamin dapat disebabkan karena virus HPV (human papillomavirus) dari jenis tertentu, virus ini juga dapat menyebabkan kanker seviks pada wanita. Penularan kutil ini umumnya melalui hubungan seksual, berbagi alat bantu seks, pakaian, handuk dan juga menyentuh melalui kontak dengan area yang terinfeksi.

klinik Pengobatan gonore
Telepon Klinik kelamin Raphal

Tanda dan gejala kutil kelamin

Perlu kita ketahui bagaimana tanda dan gejala seseorang teinfeksi kutil kelamin seperti yang kan kita jelaskan berikut ini. Jika dirasa ada hal yang berbeda atau seperti ada benjolan kecil pada area kelamin segera lakukan pemeriksaan dengan dokter. Tujuannya supaya kutil ini tidak bertambah banyak atau terjadi komplikasi yang lebih parah.

Beberapa gejala seseorang terinfeksi kutil kelamin, yaitu :

1. Adanya benjolan atau lesi di area kelamin.
  2. Gatal yang tidak biasa di area kemaluan.
  3. Keputihan yang tidak biasa.
  4. Demam.
  5. Sakit saat buang air kecil (disuria).
  6. Perdarahan dan sakit ketika berhubungan intim.

Jika anda merasakan gejala-gejala dari infeksi kutil kelamin dan tidak segera melakukan pengobatan maka dikhawatirkan akan terjadi komplikasi. Berikut ada beberapa komplikasinya seperti :

1. Meningkatkan resiko terjadinya kanker pada kemaluan, tenggorokan dan mulut.
  2. Terjadi gangguan saat hamil.
  3. Bayi terinfeksi kutil pada bagian tenggorokan.

Cara pencegahan kutil kelamin

Maka dari itu setelah kita pahami tentang penyebab, gejala dan komplikasi dari infeksi kutil kelamin maka harus dilakukan pencegahan untuk terhindar dari penularannya. Ada beberapa cara pencegahan yang dapat kita lakukan seperti :

1. Jangan melakuakn seks bebas atau sering bergonta-ganti pasangan seksual.
  2. Gunakan alat pengaman seperti kondom saat melakukan hubungan seksual.
  3. Hindari berbagi alat bantu seksual, handuk dan pakaian.
  4. Melakukan vaksin HPV.

Pengobatan kutil kelamin

1. Pengobatan Laser dilakuakn ketika kutil kelamin muncul terus menerus dan semakin banyak.
  2. Krioterapi dilakuakn pembekuan kutil kelamin dengan cyroprobe atau nitrogen cair.
  3. Electrodesiccation, kutil pada kelamin akan dihancurkan menggunakan arus listrik.
  4. Bedah seperti pemotongan kutil untuk menghilangkan infeksi kutil kelamin.
konsultasi online