Neurodermatitis – Penyebab, Gejala dan Pengobatan
16 November 2020
Jual Obat Gonore Di Bekasi
26 November 2020
cara merawat vagina

Merawat kesehatan vagina menjadi sebuah kewajiban bagi wanita. Vagina yang sehat mengandung banyak bakteri yang menguntungkan dan bersifat asam. Hal tersebut merupakan untuk mencegah terjadinya infeksi virus dan untuk mempertahankan tingkat pH (tingkat keasaman) yang normal.

Ciri-ciri vagina sehat diantaranya yang mengeluarkan cairan yang berfungsi untuk membersihkannya. Namun vagina juga dapat mudah terinfeksi bakteri-bakteri jahat juga penyakit menular seksual. Karenanya berikut kami akan paparkan beberapa cara untuk merawat dan menjaga kesehatan vagina:

Membasuh vagina dengan benar

Membasuh vagina ini harus dilakukan ketika setelah buang air kecil dan buang air besar. Cara yang benar dalam membasuh area vagina yaitu dari vagina menuju ke arah anus yang dimaksudkan agar menghindari perpindahan bakteri dari anus ke vagina.

Setelah membasuh vagina diperlukan juga untuk mengeringkan vagina dengan bahan yang lembut seperti tisu atau kain juga handuk. Karena dengan mengeringkan vagina setelah dibasuh akan membuat area vagina terhindar dari lembap yang menjadi tempat berkumpulnya kuman dan bakteri.

Menjaga keseimbangan pH vagina

Vagina yang normal mempunyai pH (tingkat keasaman) antara 3,8 sampai 4,5. Untuk mempertahankan tingkan keasaman vagina disarankan agar tidak menggunakan sabun yang mengandung pewangi dan parfum, gel atau antiseptik. Penggunaan bahan-bahan tersebut dapat mengganggu keseimbangan bakteri baik pada vagina.

Baca juga artikel tentang : Gejala dan Pengobatan Vaginosis Bakterialis

klinik Pengobatan gonore
Telepon Klinik kelamin Raphal

Menggunakan alat kontrasepsi

Alat kontrasepsi seperti kondom perlu digunakan saat berhubungan seksual karena untuk meminimalisis tertularnya penyakit menular seksual. Tetapi harus diperhatikan juga dalam pemakaiannya karena pemakaian yang salah berpotensi membuat iritasi pada vagina.

Cara pencegahan supaya tidak iritasi saat menggunakan alat kontrasepsi dengan menggunakan juga pelumas yang tidak berbahan dasar dari air dan minyak. Pelumas dengan bahan dasar tersebut dapat beresiko merusak dan mengurangi efektivitas kondom.

Membersihkan vagina saat menstruasi

Ketika seorang wanita menstruasi vagina menjadi lebih rentan terkena infeksi atau iritasi sehingga saat menstruasi vagina harus benar-benar diperhatikan dalam kebersihannya. Bersihkan vagina lebih dari 2 kali sehari, sering mengganti pembalut ketika sudah lembap dan basah.

Menggunakan pakaian dalam yang tepat

Pakai celana dalam yang berbahan katun karena bahan katun memungkinkan sirkulasi udara menjadi baik dan juga dapat menyerap keringat. Jangan gunakan pakaian dalam yang ketat yang tidak dapat menyerap keringat.

Cuci dengan sabun dengan sedikit menggunakan detergen atau pelembut pakaian. Ganti pakaian dalam secara teratur atau ketika sudah terasa lembap.

Mencukur rambut kemaluan seperlunya

Jangan mencukur habis rambut kemaluan karena rambut kemaluan berfungsi dalam mencegah masuknya bakteri jahat, kotoran, gesekan juga keringat. Karenanya cukur rambut kemaluan secukupnya saja, saat mencukur gunakan gel atau krim khusus untuk mencukur rambut kemaluan supaya tidak lecet.

klinik Pengobatan gonore
Telepon Klinik kelamin Raphal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: