Penanganan Eksim Kering di Rumah

Cara Mengatasi Vagina Kering Saat Hubungan Intim
14 Juli 2021
Penyakit Menular Seksual (PMS)
24 Agustus 2021
eksim kering

Penyakit eksim kering atau gangguan yang terjadi pada kulit dan ditandai dengan adanya ruam merah, gatal dan kulit menjadi kering. Eksim kering ini merupakan penyakit yang merujuk pada penyakit eksim atopik atau dermatitis atopik. Penyakit ini dapat menyerang baik itu anak bayi, remaja sampai orang dewasa bahkan lansia yang sebelumnya belum pernah mengalami eksim kering.

Gejala yang muncul akibat eksim kering

Ketika anda mengalami kondisi eksim kering (dermatitis atopik) biasanya ditandai dengan gejala rasa gatal dikulit yang terjadi terus-menerus. Terlebih jika malam hari gatal dikulit akan semakin parah. Selain gatal, eksim kering juga dapat menyebabkan adanya ruam dibeberapa bagian tubuh. Area yang sering terdapat ruam seperti tanggan, kaki, leher, dada, wajah dan kulit kepala.

Orang yang mengalami penyakit eksim kering juga dapat merasakan gejala seperti :

  1. Kulit menjadi pecah-pecah dan teksturnya lebih tebal.
  2. kulit menjadi seperti bersisik dan kering.
  3. Adanya ketombe yang sulit hilang.
  4. Timbul benjolan kecil yang mudah pecah dan berisi cairan.

Baca juga : Scabies Atau Kudis Yang Mudah Sekali Menular

Apa penyebab penyakit eksim kering ?

Penyebab penyakit eksim kering ini memang sampai saat ini belum diketahui pastinya, namun menjadi lebih beresiko pada orang yang mempunyai riwayat penyakit tertentu. Riwayat penyakit yang dimaksud yaitu rhinitis alergi, asma atau terdapat anggota keluarga yang menderita eksim kering.

Ada beberapa faktor yang dapat memicu eksim kering atau malah dapat memperburuk keadaan kulit yang berbeda pada setiap orangnya. Perlu dilakukan pemeriksaan pada dokter kulit untuk mengetahui faktor apa yang menjadi penyebab kambuhnya penyakit eksim kering ini.

Berikut ini beberapa faktor yang dapat memicu terjadinya eksim kering atau malah memperburuk yaitu :

  1. Alergi terhadapt sesuatu seperti debu, makanan, dan bulu hewan.
  2. Akibat mandi yang terlalu lama.
  3. Keringat yang berlebih.
  4. Faktor cuaca seperti dingin atau panas (kering).
  5. Mempunyai kebiasaan untuk menggaruk kulit.
  6. Pengaruh dari kain atau pakaian yang dipakai.
  7. Efek dari sabun dan pembersih.
Pengobatan gonore
konsultasi whatsapp
Telepon Klinik kelamin Raphal
konsultasi telepon

Apakah penyakit eksim kering ini menular ?

Memang penyakit eksim kering ini terjadi pada kulit, sehingga beranggapan bahwa penyakit ini dapat menular pada orang lain melalui kontak langsung. Namun perlu diketahui untuk penyakit eksim tidaklah menular.

Eksim kering dapat menyebabkan rasa gatal pada kulit, sehingga membuat seseorang ingin menggaruknya. Yang perlu diperhatikan pada saat anda menggaruk diusahakan jangan terlalu kasar, karena dengan menggaruk dapat menyebabkan ruam. Ruam yang muncul akibat garukan akan mudah terhadap infeksi sekunder. Ketika luka ruam yang terus menerus sering digaruk maka akan meningkatkan resiko infeksi seperti :

  1. Infeksi virus, seperti herpes simplex virus
  2. Infeksi bakteri, seperti Staphylococcus
  3. Infeksi jamur, seperti candida

Jika penyakit eksim kering ini terinfeksi oleh virus, bakteri maupun jemur maka pemicu infeksinya ini dapat menular pada orang lain. Juga perlu diperhatikan jangan terus menggaruk luka ruam secara berlebih karena ruam dapat menyebar ke bagian tubuh lainnya.

Baca juga : Cara Mengatasi Vagina Kering Saat Hubungan Intim

Penanganan eksim kering

Penangan untuk penyakit eksim kering ini dapat dilakukan seseorang dirumah untuk mengurangi rasa gatal dan gejala lainnya. Berikut adalah langkah yang dapat dilakukan yaitu :

  • HIndari menggaruk

Gatal akibat eksim kering ini memang menyebabkan rasa tidak nyaman dan membuat ingin menggaruknya. Sebenarnya menggaruk diarea ruam yang gatal ini harus dihindari karena semakin anda menggaruk maka akan semakin rusak dan iritasi. Tidak hanya itu, kuman yang ada pada jari tangan anda juga dapat mneginfeksi dan dapat memperparah keadaan.

Untuk penanganan ketika rasa gatal itu muncul bisa dilakukan dengan cara dikompres dengan air dingin dikulit yang sedang terasa gatal. Mengompres ini dapat dilakukan selama 10 sampai 15 menit yang dirutinkan sebannyak 2 sampai 3 kali dalam sehari.

  • Menggunakan pelembap

Kulit kering dan pecah-pecah dapat terjadi akibat penyakit eksim kering. Untuk itu upaya dalam mencegah kambuh kembali yaitu dengan menggunakan pelembap yang juga dapat menjaga kulit tetap sehat. Gunakan pelembap secara rutin seperti saat sehabis mandi, ketika dirasa kulit sudah kering dan sebelum tidur. Selain pembalut anda juga dapat menggunakan pelembap udara (air humidifier) di dalam ruangan untuk menjaga kulit tetap lembap.

  • Hindari hal yang dapat menyebabkan kambuhnya eksim kering

Setiap orang mempunyai penyebab berbeda-beda yang menyebabkan eksim kering ini kambuh atau muncul kembali. Maka dari itu anda perlu memperhatikan faktor apa saja yang menjadi penyebab eksim kering ini kambuh. Hindari dengan mencari solusi supada penyakit kulit ini tidak kembali lagi.

  • Jangan mandi terlalu lama

Mandi yang terlalu lama nyatanya menjadikan kulit menjadi kering dan mudah rusak sehingga menjadi pemicu terjadinya eksim kering. Oleh karena itu hindari mandi terlalu lama dengan mandi selama 5 sampai 10 menit saja.

Pengobatan gonore
konsultasi whatsapp
Telepon Klinik kelamin Raphal
konsultasi telepon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: