Klinik Pengobatan Herpes Di Bekasi
23 Januari 2020
Berbobat Penyakit Hepatitis B di Cikarang
5 Februari 2020
Show all
kista bartholin

Kelenjar bartholin terletak pada kedua sisi bukaan vagina, fungsi kelenjar ini yaitu sebagai kelenjar yang mengeluarkan cairan lubrikasi. Kista bartholin terjadi ketika cairan lubrikasi tidak dapat keluar sehingga membuatnya terkumpul dalam kelenjar tersebut karena terobstruksi.

Ketika cairan yang terkumpul dalam kelenjar ini terinfeksi maka akan memproduksi nanah dan menyebabkan abses bartholin. Jangan tunggu lama untuk mengobati penyakit kista bartholin ini karena dapat menimbulkan kompikasi yang lebih serius. So, untuk kamu yg khawatir lebih baik cari klinik raphael yang berada di bekasi untuk Pengobatan Kista Bartholin di Bekasi

Penyebab kista bartholin

Cairan lubrikasi atau pelumas saat melakukan hubungan seksual yang dikeluarkan oleh kelenjar dapat mengalir yang melewati saluran menuju ke vagina. Jika saluran tersebut tersumbat akan menyebabkan cairan tertahan pada kelenjar, ketika cairan yang ditampung kelebihan maka efeknya akan berubah menjadi kista. Saat melakukan hubungan seksual cairan lubrikasi ini dapat meningkat jumlah produksinya sehingga membuat kista bartholin semakin membesar.

Penyumbatan yang terjadi pada kelenjar bartholin dapat disebabkan karena beberapa faktor seperti :

  1. Adanya infeksi bakteri.
  2. Iritasi dalam jangka waktu yang cukup lama.
  3. Peradangan.

Infeksi kista Bartholin dapat juga disebabkan karena adanya infeksi bakteri Neisseria gonorrhoeae yang menjadi penyebab penyakit menular seksual. Bakteri ini selain dapat menyebabkan kista bartholin juga dapat menyebabkan penyakit lainnya seperti :

  1.  Gonore atau kencing nanah
  2. Chlamydia trachomatis

Gejala kista bartholin

Infeksi kelenjar bartholin ini seringkali tidak menimbulkan gejala tetapi ketika ukuran kelenjar sudah cukup besar baru akan muncul gejalanya. Berikut ini ada beberapa gejala umu yang dirasakan seseorang ketika ia terinfeksi kista Bartholin seperti :

  • Keberadaan kista Bartholin baru diketahui saat sudah terbentuk benjolan tanpa rasa sakit.
  • Ukuran kista bartholin dapat membesar dengan membutuhkan waktu beberapa jam saja atau hari.
  • Adanya pembengkakan yang disertai nanah dan rasa sakit.
  • Sulit duduk, berjalan atau berhubungan seksual saat kondisi kista sudah membesar.
  • Demam.

Baca juga tentang : Waspada Penyakit Servisitis Pada Wanita

Hubungi Klinik Raphael untuk konsultasi : 081396254650

Penanganan kista bartholin

Infeksi ini biasanya tidak memerlukan pengobatan khusus apalagi jika tidak disertai dengan adanya gejala. Jika kista bartholin cukup mengganggu kamu dapat ke klinik kami untuk Pengobatan Kista Bartholin di Bekasi selanjutnya terdapat beberapa pilihan tatalaksana yang dapat dilakukan diklinik kami atau dapat kamu coba, seperti:

  1. Berendam dalam air hangat beberapa kali dalam sehari yang membutuhkan waktu berkisar antara 3 sampai 4 hari, fungsinya untuk membuat kista berukuran kecil terdrainase dengan sendirinya dan menjadi pecah.
  2. Drainase surgical, dilakukan pada saat ukuran kista bartholin cukup besar yang dilakukan dengan cara dibius lokal atau sedasi. Selanjutnya dokter akan membuat insisi kecil untuk mengeluarkan cairan dari kelenjar. Kemudian dipasang kateter kecil sampai waktu kurang lebih 6 minggu supaya drainasenya optimal.
  3. Antibiotik diberikan untuk membunuh bakteri jika penyebab kista bartholin ini meman benar akibat bakteri penyakit menular seksual.
  4. Marsupialisasi kista yaitu prosedur pengeluaran cairan yang tersumbat pada kelenjar dengan cara mengirisnya, kemudian dijahit yang dikombinasikan dengan penggunaan kateter.
  5. Prosedur pengangkatan kelenjar bartholin dilakukan jika pengobatan lain tidak menimbulkan perubahan yang positif.

Komplikasi yang mungkin terjadi ketika kista bartholin ini tidak segera dilakukan pengobatan yaitu munculnya infeksi kista yang berulang serta infeksi dapat seluruh tubuh (sepsis) melalui darah.

Anda dapat mengunjugi Klinik Pengobatan Kista Bartholin di Bekasi dengan mencari kata Klinik Raphael di google atau maps. Klinik Raphael merupakan klinik penyakit kelamin dan umum yang mengobati penyakit kista bartholin dan penyakit menular seksual lainnya. Keunggulan kami yaitu kami memiliki fasilitas yang memadai, biaya berobat yang terjangkau juga privasi yang aman.

Pencegahan kista bartholin

Infeksi kelenjar Brtholin ini dapat dicegah dengan cara selalu menjaga kebersihan area kelamin dengan baik serta menggunakan kondom sebaai pelindung saat melakukan hubungan seksual.

Hubungi Klinik Raphael untuk konsultasi : 081396254650

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: