Pengobatan Kutil Kelamin di Bekasi
16 Oktober 2019
Pembahasan Tentang Penyakit Klamidia
26 Oktober 2019
human papilloma virus

Karena banyak sekali virus yang ada disekitar kita tanpa kita sadari begitupun salah satunya dengan virus HPV ini. Terlebih virus ini dapat menular melalui hubungan seksual. Untuk itu perlu penjelasan mendalam tentang infeksi virus HPV ini supaya kita dapat mengantisipasi penyebarannya. yuk kita bahas lebih lanjut mengenai HPV !!

HPV itu apa virus sih?

Human Papilloma Virus (HPV) yaitu virus yang termasuk kedalam sekitar 150 jenis virus serupa. Dari bebepara jenis virus ini dapat menyebabkan kutil dan penyakit kanker serviks. Selain itu virus ini dapat menyerang selaput lembab yang melapisi tubuh dan kulit seperti anus, mulut tenggorokan dan leher rahim atau serviks pada wanita.

Jika terkena HPV, apa yang akan terjadi ?

Jika Anda terinfeksi virus HPV ini memang tidak dapat menyebabkan gejala dan hilang dengan sendirinya namun ada juga infeksi HPV ini tidak hilang. Selanjutnya dapat menyebabkan masalah kesehatan seperti kutil di tubuh juga di alat kelamin. Ketika muncul kutil kelamin ini berukuran kecil namun ada juga yang berukuran cukup besar.

Beberapa infeksi dari jenis virus HPV ini juga dapat menyebabkan kanker seperti :

  1. Kanker rahim atau serviks.
  2. Kanker mulut.
  3. Kanker tenggorokan.
  4. Kanker vagina.

Namun sampai terbentuknya kanker tersebut membutuhkan waktu yang lama yaitu bertahun-tahun sampai puluhan tahun. Virus HPV yang menyebabkan kanker ini berbeda jenis dengan HPV yang menyebabkan kutil. Infeksi virus HPV ini dapat menyerang pria maupun wanita.

Baca juga : Cara Penularan Penyakit Kutil Kelamin

Cara penularan infeksi HPV

Infeksi HPV ini dapat menulai melalui hubungan seksual dan berbagi mainan seksual (seks toys) dengan orang yang sudah terinfeksi. Memang cukup sulit mengetahui bahwa seseorang sedang terinfeksi HPV karena walaupun terinfeksi virus ini tidak menyebabkan gejala atau tanda-tanda lainnya.

Ibu yang sedang hamil dan ia terinfeksi virus HPV harus segera diobati jika tidak virus ini akan menular pada bayinya saat proses melahirkan. Bayi yang tertular HPV dari ibunya dapat menyebabkan Recurrent Respiratory Papillomatosisi (RRP) yang menyebabkan kutil tumbuh di tenggorokan.

Telepon & Whatsapp : 0813-9625-4650

Caranya untuk mencegah agar tidak tertular Virus HPV

Berikut ini beberap cara yang dilakukan dalam upaya pencegahan penularan virus HPV yaitu :

  1. Melakukan aksinasi HPV.
  2. Pemeriksaan kanker serviks (leher rahim).
  3. Gunakan kondom saat hubungan intim.
  4. Jangan bergonta-ganti pasangan seksual.
  5. Menjaga kebersihan area kelamin.

Telepon & Whatsapp : 0813-9625-4650

Nah.. bagaimana nih warga net, sudah cukup jelaskan info seputar HPV?

Konsultasi Online Gratis

Buruan yuk. Vaksinasi HPV sejak dini, karena kekebalan akan lebih kuat jika vaksin diberikan pada usia muda!!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: