Kenapa Kutil Kelamin Bisa Tumbuh Lagi?

herpes
Jenis Virus Herpes yang Biasa Menyerang Manusia
3 Oktober 2022
human-papilloma-virus
Apa yang akan terjadi jika terkena HPV?
17 Oktober 2022

Kutil kelamin merupakan benkolan kecil yang tumbuh atau muncul di area kelamin ataupun anus, yang disebabkan oleh adanya infeksi virus HPV (Human papillomavirus). Kutil kelamin sendiri berbeda dengan kutil yang muncul di bagian tubuh yang lainnya, dikarenakan kondisi ini merupakan salah satu jenis penyakit menular seksual.

Penularan kutil kelamin ini melalui adanya hubungan seksual dengan penderita, baik melalui vagina, mulut ataupun dubur. Umumnya, kutil kelamin dapat tumbuh atau muncul dalam beberapa bulan setelah terinfeksi oleh penderita.

Ada beberapa kasus yang menyebutkan bahwa penderita yang sudah melakukan pengobatan kutil kelamin melaporkan penyakit tersebut tumbuh atau muncul kembali. Umumnya, penyakit ini kembali lagi setetalah 2-3 bulan pengobatan atau bahkan beberapa minggu setelah dilakukan pengobatan.

Penyebab seseorang terinfeksi kutil kelamin

Untuk mengetahui mengapa kutil kelamin dapat tumbuh kembali, maka harus terlebih dulu mengetahui penyebabnya.  Kutil kelamin merupakan salah satu penyakit menular seksual yang berupa benjolan kecil yang menyerupai bulir jeruk yang tumbuhu di sekitar kelamin ataupun anus.

Umunya, penyakit ini muncul diakibatkan oleh adanya infeksi HPV tertentu, yaitu HPV 6 dan juga 11. HPV sendiri merupakan kumpulan virus yang dapat menyebabkan penyakit kutil kelamin dan juga beberapa jenis kanker tertentu. Penularan virus ini melalui hubungan seksual baik melalui mulut, vagina ataupun anus. Dalam beberapa kasus, HPV dapat menular dari ibu yang terinfeksi ke bayi saat proses persalinan.

Mengapa kutil kelamin tumbuh kembali setelah diobati?

Pertanyaan yang sering sekali dipertanyakan oleh penderita dengan infeksi HPV kutil kelamin adalah “apakah kutil kelamin dapat tumbuh kembali?” “mengapa kutil kelamin dapat tumbuh lagi meskipun telah diobati?”.

Infeksi kutil kelamin memang dapat diobati dengan dilakukannya tindakan operasi atau dengan menggunakan obat-obatan tertentu. Namun, dalam beberapa kasus kutil kelamin dapat tumbuh atau muncul lagi dengan sendirinya dikarenakan masih adanya infeksi dari virus HPV (human papilloma virus).

Akan tetapi selain itu juga kutil kelamin yang tumbuh lagi bisa saja disebabkan karena adanya infeksi ulang, seperti karena melakukan hubungan seksual dengan pasangan yang memiliki kutil kelamin juga. Umumnya, pada pasangan seksual akan saling menularkan antara satu dengan lainnya. Terkadang juga pada salah seorang tidak bergejala tetapi sudah terinfeksi oleh virus HPV tersebut sehingga dapat juga menularkan.

Oleh karena itu, sangat disarankan untuk memeriksakan diri ke dokter kelamin terdekat sehingga dapat dilakukan pemeriksaan dan pengobatan lebih lanjut. Untuk pasangan seks juga disarankan untuk diperiksa juga ke dokter kelamin, ketika akan berhubungan seks gunakanlah kondom.

Bagaimana cara agar kutil kelamin tidak tumbuh lagi?

Pengobatan kutil kelamin dilakukan dengan 2 metode, ada yang menggunakan cairan asam trikloroasetat ataupun dengan prosedur tindakan operasi seperti krioterapi. Kedua metode ini dilakukan untuk menghilangkan kutil kelamin.

Sedangkan untuk mencegah terjadinya kutil kelamin, upaya terbaik yang dapat dilakukan ialah dengan melakukan hubungan seksual secara aman dan juga tidak berganti-ganti pasangan seksual. Selain itu juga, kutil kelamin akibat infeksi virus HPV dapat dicegah dengan melakukan suntik vaksin HPV.

Berapa lama kutil kelamin bisa sembuh?

Kutil kelamin dapat hilang dengan sendirinya atau tanpa pengobatan pada beberapa orang setelah dua tahun atau lebih.

Namun, kutil kelamin dapat sembuh lebih cepat dengan beberapa perawatan. Kutil yang tidak diobati bisa tumbuh lebih cepat.

Penyembuhan kutil kelamin bisa memakan waktu beberapa bulan jika menggunakan krim khusus. Selain itu, operasi pengangkatan kutil kelamin mempercepat hilangnya mereka.

Mungkin diperlukan waktu berminggu-minggu atau berbulan-bulan untuk kutil berkembang setelah infeksi. Kutil kelamin terkadang membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk muncul.

Apakah kutil kelamin bisa bertambah banyak?

Ternyata kutil kelamin masih bisa tumbuh dan menyebar di mana saja, jika tidak diobati. Biasanya terasa lebih sensitif terhadap sentuhan dan muncul sebagai benjolan merah muda atau daging lunak di sekitar alat kelamin. Kutil kelamin dapat diobati, tetapi HPV tidak dapat disembuhkan

Itu karena kutil kelamin hanyalah tanda HPV, infeksi kronis yang berlangsung seumur hidup. Kutil dapat muncul kembali dan tumbuh bahkan setelah Anda melakukan pengobatan kutil kelamin.

Pengobatan kutil kelamin dengan dokter kelamin terbaik

Hai sobat Raphael, Jika Anda mempunyai keluhan penyakit kutil kelamin yang mengganggu dan ingin segera melakukan pengobatan. Maka konsultasikan dengan dokter kelamin terbaik dari Klinik Raphael Cikarang.

Klinik kelamin kami telah banyak membantu pasien dengan keluhan infeksi kutil kelamin. Segera lakukan pengobatan kutil kelamin sebelum kutil tumbuh semakin banyak di area kelamin dan malah menyebabkan gejala lain yang lebih parah lagi.

Terima kasih dan semoga artikel ini membantu Anda.

Pengobatan gonore
konsultasi gratis klinik raphael
Telepon Klinik kelamin Raphal
konsultasi gratis klinik raphael
raphael
raphael
Penulis artikel untuk website klinik raphael

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Dapatkan pelayanan terbaik

X
Konsultasi Dokter Gratis
Konsultasi-Online-Gratis-dengan-Dokter
%d blogger menyukai ini: