Pengobatan Herpes Simplex Bekasi
24 April 2019
Ketahui Resiko dan Manfaat Onani
19 Juni 2019
Show all
kontraksi melahirkan

Kontraksi merupakan salah satu pertanda bahwa wanita yang sedang hamil akan segera melahirkan ditandai dengan rasa sakit di perut hingga pinggang setiap 5 sampai 8 menit. Kontraksi memang terasa menyakitkan tetapi kontraksi dapat menghasilkan hormon oksitosin yang membuat bayi keluar dari rahim. Karena pada saat wanita hamil mengalami kontraksi, otot-otot ramih akan merenggang dan melebar sehingga memudahkan bayi keluar dari rahim.

Kontraksi terjadi ketika selama beberapa saat rahim terasa kencang kemudian rileks kembali. Namun perlu diketahui bahwa ada kontraksi yang tidak menjadi tanda bahwa Anda segera melahirkan atau kontraksi palsu.

Perlu diketahui bagi wanita yang sedang hamil agar lebih siap dalam proses melahirkan, bahwa kontraksi ternyata ada 4 jenis loh. Berikut 4 jenis kontraksi yaitu :

  • Kontraksi Braxton-Hicks

Kontraksi Braxton-Hicks atau kontraksi palsu yaitu ketika tubuh wanita sedang berlatih untuk mempersiapkan diri dalam melahirkan. Harus Anda ketahui bahwa kontraksi ini terjadi bukan menjadi penanda kalau kamu segera melahirkan. Kontraksi ini bertujuan supaya mempersiapkan mulut rahim untuk membesar serta meningkatkan aliran darah ke plasenta. Kontraksi ini terjadi di sekitar area depan wanita hamil atau disekitar pangkal paha yang dapat diatasi dengan berbaring atau berjalan.

  • Kontraksi Persalinan Prodromal

Kontraksi ini muncul beberapa jam atau minggu, muncul secara teratur, lebih kuat dan lebih lama dibandingkan kontraksi Braxton-Hicks atau kontraksi palsu.

Baca juga : Fenomena Tante Demen Brondong

  • Kontraksi Persalinan Prematur

Persalinan prematur (Early labor) ketika terjadi kontraksi pada wanita hamil dengan usia kandungan masih dibawah 37 minggu yang membuat serviks melebar hingga 0-6 sentimeter. Pemicu kontraksi ini bisa terjadi karena beberapa hal yaitu :

  1. Kondisi kehamilan yang tidak normal.
  2. Ibu hamil mengalami suatu penyakit.
  3. Akibat stress.
  4. Kelainan bentuk rahim.
Konsultasi Gratis via Whatsapp : 081396254650
  • Kontraksi Persalinan Aktif (Active labor)

Terjadi kontraksi ketika usia kandungan 42 minggu yang menyebabkan serviks melebar sampai 6 centimeter dan siap untuk melahirkan. Kontraksi dapat muncul setiap 5 menit atau bahkan lebih sering yang berlangsung selama 60 detik atau lebih sering. Saat kontraksi ini berlangsung mungkin Anda merasakan seperti akan buang air besar dan akan merasa mendorong sesuatu untuk keluar.

Mengenali perbedaan antara kontraksi palsu dan asli

Nah setelah kita ketahui bahwa kontraksi ternyata ada 4 jenis. sekarang kita bahas lebih detai tentang perbedaan kontraksi asli dengan kontraksi paslu, berikut penjelasannya :

Waktu terjadinya kontraksi

Kontraksi palsu terjadi biasanya mulai terjadi pada trimester ketiga tapi ada juga beberapa wanita hamil yang mengalaminya pada saat trimester kedua kehamilan. Munculnya kontraksi ini biasanya ketika setelah melakukan aktifitas yang cukup berat atau ketika wanita hamil sedang kelelahan. Sedangkan untuk kontraksi asli biasanya terjadi saat usia kandungan mencapai 40 minggu.

Sensasi kontraksi yang dirasakan

Kontraksi palsu terjadi biasanya wanita akan merasakan pengencangan pada perut bagian bawah juga selangkangan dan akan hilang ketika bergerak atau berjalan. Intensitas pengencangan perut akna terasa semakin ringan ketika usia kandungan terus bertabah.

Sedangkan untuk kontraksi asli terjadi pengencangan dengan area yang lebih luas yaitu dari punggung bawah lalu ke seluruh bagian perut. Jika Anda bergerak atau berjalan malah membuat keluhan semakin memburuk.

Lamanya kontraksi

Kontraksi palsu terjadi dengan waktu yang lebih bervariasi yaitu berkisar antara 30 detik atau sekitar 2 menit dan jarak kontraksinya tidak teratur.

Sedangkan untuk kontraksi asli waktu terjadinya berlangsung biasanya berkisar 30 sampai 70 detik dan jarak antar kontraksinya akan semakin pendek juga teratur. Pengencangan perut stabil dan terasa semakin berat yang terjadi lebih sering juga dapat lebih lama ketika mendekati persalinan.

Ketika kontraksi asli maupun palsu membuat Anda menjadi tidak nyaman maka disarankan untuk melakukan :

  1. Perbanyak istirahat.
  2. Mandi dengan air hangat.
  3. Melakukan pijat khusus ibu hamil.
  4. Berolahraga yang ringan seperti berjalan.
Konsultasi Gratis via Whatsapp : 081396254650
Konsultasi Online Gratis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: