Manfaat dan Cara Memakai Kondom

Keputihan atau Leukorrhea Yang Tidak Normal
12 April 2021
3 Tahap Gejala Granuloma Inguinale
19 April 2021
Show all

Manfaat dan Cara Memakai Kondom

kondom

Kondom merupakan alat kontrasepsi yang digunakan untuk mencegah kehamilan dan penularan penyakit menular seksual. Kondom memang tidak benar-benar menjamin seseorang terbebas dari penyakit menular seksual, akan tetapi setidaknya penggunaan kondom dapat membantu mengurangi resiko tertularnya penyakit tersebut.

Alat kontrasepsi ini tidak hanya dipakai oleh laki-laki, namun ada pula kondom yang dibuat khusus untuk digunakan oleh wanita. Kondom wanita ini berbentuk silinder yang dimasukan kedalam kemaluan wanita.

Cara memakai kondom yang baik dan benar

Penggunaan kondom yang kuran tepat dapat menurunkan fungsi dari kondom tersebut. Berikut kami paparkan cara memakai kondom yang baik dan benar seperti:

  1. Periksa terlebih dahulu tanggal kadaluarsa pada kondom.
  2. Buka kemasan kondom dengan benar, hindari menggunakan gunting untuk membuka kemasan. Sebelum membuka, dorong kondom ke sisi yang berlawanan agar tidak robek.
  3. Keluarkan kondom dari kemasan secara perlahan, kemudian jepit ujung kondom yang ada dibagian tengah lingkaran dengan ibu jari dan telunjuk, dengan tujuan untuk mencegah masuknya udara karena akan membuat kondom mudah pecah.
  4. Sambil memegang ujung kondom, tempatkan kondom diatas kepala penis. Sebelumnya pastikan penis sudah ereksi dengan sempurna saat memasukan kondom.
  5. Buka gulungan kondom kearah pangkal penis. Jika gulungan tidak dapat diturunkan berarti cara pemakaiannya kurang tepat atau terbalik. Segeralah ganti dengan kondom baru jika telah melakukan kesalahan tersebut.
  6. Setelah ejakulasi dan penis masih ereksi, segera cabut penit dari dalam vagina untuk mencegah kebocoran kondom didalam vagina.
  7. Lepaskan kondom secara perlahan agar sperma didalamnya tidak keluar. Bungkus kondom dengan tisu, kertas atau plastik dan segera buang ketempat sampah.
klinik Pengobatan gonore
Telepon Klinik kelamin Raphal

Manfaat menggunakan kondom

  1. Mengurangi resiko tertularnya penyakit menular seksual
    Penyakit menular seksual mudah menyebar melalui hubungan seksual tanpa menggunakan alat kontrasepsi. Dengan menggunakan kondom dapat mencegah dan mengurangi resiko terjadinya penyakit menular seksual.
  2. Mencegah kehamilan
    Jika dipakai dengan cara yang tepat, penggunaan kondom setidaknya mengurangi resiko kehamilan. Namun jika sebaliknya akan membuat fungsi dari kondom tersebut berkurang.
  3. Penetrasi bertahan lebih lama
    Alat kontrasepsi ini bisa berguna untuk membuat penetrasi bertahan lama, sehingga pria tidak terlalu cepat mengalami ejakulasi.
  4. Memperpanjang durasi
    Menurut penelitian kondom ternyata dapat membantu meningkatkan durasi saat hubunga intim. Kondom sendiri mempunyai banyak model, bentuk dan tekstur yang bervariasi, hal ini dapat membantu meningkatkan sensasi seks bagi kedua pasangan.
  5. Higienis
    Penggunaan kondom tentunya lebih sehat dan higienis, karena akan membuat hubungan seksual menjadi lebih bersih dan aman. Sehingga mengurangi resiko tertular penyakit menular seksual seperti Gonore, Trichomoniasis, Sifilis dan lainnya.
  6. Mudah didapat dan harganya terjangkau
    Dibandingkan dengan alat kontrasepsi lainnya, kondom lebih mudah untuk didapatkan. Selain itu harganya pun jauh lebih murah dan bisa didapatkan tanpa menggunakan resep dari dokter.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: