Candidiasis Oral – Infeksi Jamur di Mulut
28 Oktober 2021
Kencing Berdarah (Hematuria), Yuk Simak Penjelasannya
22 November 2021

Kutil kelamin menjadi infeksi menular seksual yang sangat umum terjadi. Ahli kesehatan menyatakan bahwa lebih dari jutaan kasus baru yang terkait dengan kutil kelamin ditemukan pada setiap tahun dan jumlahnya terus meningkat. Menurut survei kesehatan, kutil kelamin memiliki peningkatan dua kali lebih cepat jika dibandingkan dengan frekuensi virus herpes sepuluh tahun sebelumnya. Namun, tidak semua orang yang terinfeksi kutil kelamin menunjukkan tanda atau gejala. Bahkan hanya 1% dari populasi yang terinfeksi kutil memiliki tanda dan gejala yang terlihat.

Infeksi kutil kelamin adalah penyakit menular seksual yang disebabkan oleh jenis tertentu dari Human Papilloma Virus (HPV). Kutil kelamin juga dikenal sebagai condylomata acuminate yang menginfeksi kulit di daerah kelamin, anus dan selaput lendir rektum, leher rahim. Meskipun kutil ini terlihat mirip dengan kutil hpv lainnya yang terdapat di tangan dan kaki, serta bagian tubuh lainnya. Tetapi kutil kelamin memang lebih parah terutama bagi perempuan yang menyebabkan lebih mungkin bagi wanita beresiko tinggi terkena kanker serviks.

Penyebab Infeksi Kutil Kelamin Terjadi

Virus yang menjadi penyebab infeksi kutil kelamin yaitu Human Papilloma Virus (HPV). Khusus kutil kelamin ini menjelaskan beberapa infeksi yang terdiri lebih dari delapan puluh jenis. Beberapa jenis dapat menyebabkan luka, lesi kulit, lecet, dan kutil kelamin. Yang paling umum dari tipe tersebut adalah tipe 6, tipe 11, tipe 16, dan tipe 18. Tipe 6 dan 11 dianggap sebagai jenis kutil berisiko rendah karena mereka lebih terkait dengan lesi kulit dan lecet. Sebaliknya, jenis 16 dan delapan belas disebut jenis berisiko tinggi. Karena mereka dapat menyebabkan perkembangan sel yang tidak teratur (neoplasia atau bahkan displasia). Kerusakan sel semacam ini dapat menyebabkan kanker di leher rahim atau bahkan rektum.

Ada lebih dari 100 jenis HPV yang dapat menyebabkan penyakit kutil kelamin. Tidak seperti kutil lain, kutil kelamin ini sangat menular dan dapat ditularkan melalui kontak seksual dengan orang yang sudah terinfeksi. Klinik raphael menyediakan layanan pengobatan untuk orang yang mempunyai infeksi kutil pada kelamin. Jika anda mengidap penyakit ini dan sedang mencari pengobatannya, maka anda berada di tempat yang tepat. Berkonsultasilah dengan tim medis kami sekarang agar anda segera mendapatkan penanganan yang tepat untuk pengobatan kutil kelamin.

Bagaimana Kutil Kelamin Menular ?

Memang penyakit kutil kelamin sangat umum menginfeksi pria dan wanita. Untuk itu anda dianjurkan mengetahui bagaimana cara penularannya sehingga mudah untuk anda menghindari infeksinya. Berikut beberapa cara penularan HPV dari oranglain yang mesti anda perhatikan, seperti :

  • Virus HPV ini sebenarnya dapat dengan mudah ditularkan dari satu orang ke orang lain melalui hubungan seksual. Termasuk anda juga dapat beresiko terkena kutil kelamin, terlepas dari jenis kelamin dan usia, sangat rentan terhadap penularannya.
  • Virus HPV sebenarnya dapat menyebar tidak hanya melalui hubungan seksual yang sebenarnya. Jika seseorang terinfeksi kutil kelamin dan menggunakan mainan seks, maka HPV mungkin akan menyebar dengan cara yang sama.
  • Jika anda bukan pengidap kutil kelamin dan melakukan hubungan seksual, juga dapat tertular virus bahkan jika anda menggunakan kondom. Pasalnya, kondom tidak akan sepenuhnya mencegah penularan karena melalui pori-pori dan kontak kulit ke kulit dapat menyebabkan penularan. Tidak adanya kutil kelamin dalam tubuh bukan berarti anda tidak dapat terinfeksi, melainkan peluang anda terinfeksi juga sangat besar.

Gejala yang Muncul Ketika Terinfeksi Kutil Kelamin

Ketika curiga bahwa anda terinfeksi kutil kelamin karena tertulah dari pasangan anda maka anda harus waspada terhadap beberapa gejalanya. Gejala-gejala dibawah ini akan muncul ketika virus kutil kelamin telah menginfeksi, yukk kenali beberapa gejalanya seperti di bawah ini :

  • Adanya lesi, benjolan yang tidak biasa di area kelamin atau dubur.
  • Merasakan gatal-gatal disekitar area kelamin.
  • Pada wanita akan muncul keputihan yang tidak normal.
  • Bisa saja merasakan demam.
  • Sakit saat buang air kecil (disuria).
  • Terkadangan pada wanita merasakan sakit saat hubungan intim (dispareunia).

Beberapa Cara Penyembuhan Penyakit Kutil Kelamin

Banyak orang yang berkonsultasi menanyakan tentang cara menyembuhkan kutil kelamin dan apakah bisa dilakukan?. Fakta bahwa orang yang terinfeksi kutil kelamin menyebabkan kebanyakan pria dan wanita menjadi terganggu. Karena kutil kelamin menjadi salah satu penyakit menular seksual (PMS) dan dapat menimbulakan gejala yang meresahkan.

Infeksi kutil kelamin baiknya jangan dianggap sepele karena dapat menyebabkan komplikasi yang lebih serius. Jika anda ingin melakukan pengobatan, maka dapat langsung datang ke klinik raphael yang berada di cikarang. Sudah banyak pasien dengan keluhan penyakit kutil kelamin mengalami kondisi yang semakin membaik setelah ia berobat. Tenang saja untuk upaya penyembukan infeksi kutil kelamin dapat dilakukan dengan beberapa cara berikut ini.

Obat untuk penyembuhan kutil kelamin

  • Imiquimod untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh dan dapat membuat matinya sel-sel kutil kelamin.
  • Podofilotoksin untuk meracuni sel-sel kutil kelamin dan mencegah tumbuhnya penyebaran kutil-kutil baru.
  • Asam trikloroasetat untuk menghancurkan protein pada sel-sel kutil kelamin.

Prosedur untuk penyembuhan kutil kelamin

  • Elektrokauter menggunakan aliran listrik ringan untuk membakar sel-sel kutil kelamin.
  • Cryosurgery/Cryotherapy menggunakan cairan nitrogen untuk membekukan dan melepaskan kutil kelamin.
  • Suntikan interferon, ada dua jenis yaitu suntikan interferon alfa dan suntikan interferon beta.
  • Eksisi menggunakan pisau untuk membedah dan memotong kutil kelamin setelahnya dilakukan penjahitan.
  • Bedah laser untuk merontokkan kutil.

Cara Pencegahan Agar Terhindari Dari Infeksi Kutil Kelamin

Cara termudah untuk menjauhkan diri dari infeksi kutil kelamin adalah dengan melindungi diri sendiri melalui hubungan seksual yang sehat. Jangan melakukan hubungan seks bebas dengan sering bergonta-ganti pasasangan karena dikhawatirkan salah satu dari pasangan anda sudah terinfeksi kutil kelamin. Berikut beberapa cara sebagai upaya pencegahan dari infeksi kutil kelamin yaitu :

  • Hindari seks bebas.
  • Jangan berbagi alat bantu seks atau mainan seks.
  • Gunakan selalu kondom walaupun tidak sepenuhnya dapat mencegah infeksi.
  • Melakukan vaksinasiĀ HPV (human papilloma virus).

Berkonsultasi Dengan Dokter Klinik Kelamin

Setelah tau bagaimana cara pencegah agar terhindari dari infeksi kutil kelamin. Selanjutnya anda juga dapat berkonsultasi dengan dokter kelamin terdekat di daerah anda terkait dengan infeksi kutil kelamin. Tujuannya supaya anda lebih jelas mengenai penyakit tersebut. Anda juga dapat melakukan pemeriksaan untuk memastikan bahwa anda terinfeksi atau tidak. Dengan anda melakukan konsultasi dengan dokter kelamin diharapkan anda mampu meredakan kekhawatiran yang mungkin Anda miliki. Selain itu dapat memberi informasi berharga tentang cara melindungi diri dari penularan virus.

Ingin berkonsultasi dengan dokter kelamin ? Kami solusinya. Anda dapat berkonsultasi gratis melalui whatsapp dengan dokter mengenai penyakit kutil kelamin atau penyakit lainnya dengan klinik raphael. Klinik kelamin kami memberikan pelayanan konsultasi online gratis untuk memudahkan pasien dalam berkonsultasi dan melakukan reservasi. Jika ingin melakukan pengobatan kutil kelamin ini anda harus menentukan waktu supaya tidak bentrok dengan pasien lain.

klinik Pengobatan gonore
Telepon Klinik kelamin Raphal

Baca juga : Tempat Pengobatan Kutil Kelamin di Bekasi

admin
admin
Penulis artikel untuk website klinik raphael

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: