Beberapa Langkah Pencegahan Dari Penularan Infeksi Gonore

Berapa Lama Kencing Nanah Bisa Sembuh Total? Apa Cirinya?
30 Juni 2022
Perbedaan dan Persamaan Antara Obat Paten dengan Generik
19 Juli 2022
pencegahan gonore

Pencegahan gonore atau kencing nanah sebenenarnya bisa dicegah tanpa harus melakukan hal yang rumit. Cara yang ampuh untuk pencegahan gonore yaitu cukup Anda setia hanya pada satu pasangan jangan sekali-kali mencoba untuk berpindah dengan pasangan lain. Jika pasangan dan Anda tidak memiliki riwayat penyakit menular seksual maka Anda aman.

Kemungkinan tertular kencing nanah bisa sangat kecil kecuali Anda atau pasangan mencoba berhubungan dengan orang lain. Infeksinya menjadi lebih rentan karena kemungkinan terinfeksi dari orang lain sangat besar.

Selain setia, pencegahan gonore dapat dilakukan dengan cara yang cukup sederhana. Anda harus paham terlebih dahulu penularan infeksi gonore atau kencing nanah ini seperti apa dan bagaimana. Dengan begitu Anda dapat melakukan pencegahan gonore dengan menghindari hal-hal yang berpotensi menularkan infeksi. Untuk itu terus baca artikel ini sampai selesai untuk menambah pengetahuan dan agar terhindar dari penyakit gonore (kencing bernanah).

Bagaimana gonore dapat menginfeksi?

Di era sekarang orang-orang mudah mengakses informasi maupun pertemanan yang bebas. Hal ini sebenarnya sangat bermanfaat namun beberapa orang malah menyalahgunakannya ke hal yang kurang baik. Contoh, dengan menggunakan HP sekarang menonton film dewasa bisa sangat mudah. Ditambah media sosial malah dijadikan alat untuk mencari teman tidur.

Dengan kondisi yang seperti itu kebanyakan anak muda dan orang dewasa menjadi lebih rentan terinfeksi kencing nanah atau gonore. Gonore disebabkan oleh infeksi bakteri Neisseria gonorrhoeae suka menempati area hangat seperti rektum, mulut, uretra dan vagina. Berikut ini beberapa penyebab seseorang sangat rentan terinfeksi bakteri gonore, seperti:

  • Penduduk yang semakin padat dibarengi dengan pergaulan yang semakin bebas (seks bebas tanpa kondom)
  • Rasa penasaran untuk mencoba hal baru seperti hubungan intim namun belum saatnya
  • Pria lebih rentan mengalami infeksi
  • Menular melalui cairan tubuh yang berpindahnya dari orang yang telah terinfeksi saat hubungan intim
  • Bayi juga bisa tertular saat proses persalinan dari ibu yang terlebih dahulu terinfeksi

Seperti apa pencegahan gonore?

Sebelum membaca lebih lanjut mari kita bahas sedikit tentang penyakit gonore atau kencing disertai nanah. Infeksi ini termasuk dalam salah satu penyakit menular seksual (PMS) yang umum terjadi. Penyebabnya ialah infeksi dari bakteri Neisseria gonorrhoeae melalui cairan tubuh.

Klinik Raphael sebagai rekomendasi pengobatan gonore di cikarang. Tiap bulannya mengobati banyak pasien dengan keluhan kencing bernanah.

Pada paragraf sebelumnya kita sudah membahas tentang cara penularan infeksi gonore. Untuk itu dalam upaya pencegahan gonore, hindari hal yang telah disebutkan. Jika beberapa point di atas diabaikan makan potensi untuk tertular gonore akan semakin tinggi.

Selain itu dalam pencegahan gonore Anda disarankan untuk melakukan pemeriksaan rutin kesehatan untuk mengetahui sedini mungkin jika Anda tertular. Dengan begitu gejala nya akan cepat diobati sehingga tidak menyebabkan komplikasi yang semakin parah.

Untuk lebih jelasnya mari kita ulas pencegahan gonore, di bawah ini:

Berhubungan badan hanya dengan satu pasangan

Hal yang mudah namun tidak semua orang mampu melakukannya karena beberapa alasan. Hal yang dimaksud yaitu Anda harus bisa berkomitmen untuk berhubungan badan dengan satu pasangan (monogami). Dengan begitu penularan bakteri penyebab gonore dari pasangan lain tidak akan akan terjadi. Semua itu dilakukan demi pencegahan gonore.

Kenakan kondom saat berhubungan badan sebagai upaya pencegahan gonore

Setia terhadap satu pasangan dengan tidak berhubungan badan sembarangan menjadi cara jitu dalam pencegahan gonore. Tapi jika tidak bisa setia dan Anda memilih berhubungan dengan orang lain, maka saran kami kenakan kondom.

Dengan menggunakan kondom kemungkinan Anda terhindar dari infeksi gonore maupun PMS lainnya akan sedikit berkurang. Meskipun penggunaan kondom belum sepenuhnya dapat pencegahan gonore namun dengan cara itu merupakan cara yang disarankan.

Fungsi kondom selain untuk mencegah kehamilan juga diharapkan dapat sebagai pencegahan gonore. Karena kondom dapat menampung sperma maupun cairan vagina masuk kedalam uretra. Perlu diingat bahwa Anda harus menggunakan kondom yang benar untuk mencapai itu semua.

Jangan hubungan seksual dengan yang terinfeksi

Kalau Anda tidak bisa untuk komitmen dengan satu pasangan lalu Anda berhubungan intim dengan orang lain maka hindari pasangan yang sedang terinfeksi atau sedang menjalani pengobatan gonore.

Karena bisa saja malah Anda ikut tertular dari cairan yang ada pada kelamin saat hubungan intim. Itulah penyebab mengapa infeksi gonore atau kencing nanah mudah sekali menular.

Hindari juga hubungan badan dengan orang yang telah terinfeksi gonore. Saling terbuka dengan pasangan jika Anda sedang terinfeksi karena untuk mencegah bakteri juga menginfeksi pasangan Anda.

Disarankan untuk melakukan pemeriksaan rutin

Pemeriksaan secara rutin sangat disarankan bagi Anda juga pasangan, terlebih jika Anda mencoba untuk bergonta-ganti pasangan seksual. Hal yang dikhawatirkan yaitu penularan bakteri tidak diketahui dari salah satu pasangan tersebut. Karena bisa saja bakteri gonore menginfeksi Anda tanpa menimbulkan gejala apapun.

Oleh karena itu lakukan pemeriksaan kesehatan rutin minimal selama satu tahun seklali dengan dokter setempat sebagai cara pencegahan gonore dan komplikasi dari infeksi bakteri. Kriteria yang disarankan untuk melakukan tes kesehatan, seperti:

  • Mempunyai riwayat HIV/AIDS.
  • Usia dibawah 25 tahun yang sudah aktif dalam kehidupan sosial.
  • Anda yang lebih rentan terinfeksi karena hubungan intim dengan beberapa pasangan baru.

Pemeriksaan yang dilakukan oleh dokter ketika infeksi tidak menyebabkan gejala seperti:

  • Tes air kemih (urine).
  • Tes swab (pemeriksaan usap) yang mengambil sampel dari rektum atau tenggorokan
  • Cek swab cairan pada alat kelamin melalui saluran kemih (pria) atau leher rahim (wanita).

Berkumur dengan cairan antiseptik setelah hubungan intim

Ternyata cairan antiseptik yang bisa kita beli bebas di pasaran dapat menurunkan resiko terinfeksi penyakit gonore ketika digunakan setelah Anda berhubungan intim. Penelitian ini telah dilakukan pada tahun 2016 dengan mengambil sampel dari berbagai cairan pembersih mulut.

Salah satu pengujian telah dipublikasikan dalam jurnal Sexually Transmitted Infections menjelaskan bahwa berkumur dengan cairan pembersih mulut setelah berhubungan badan sebagai pencegahan gonore. Walaupun pasangan Anda sedang terinfeksi penyakit gonore atau kencing nanah.

Kandungan yang terdapat pada cairan antiseptik seperti alkohol dapat mematikan bakteri penyebab penyakit gonore atau kencing nanah yang ada di area mulut atau tenggorokan. Jurnal tersebut memberikan penjelasan bahwa dengan berkumur antiseptik sebagai pencegahan gonore mencapai 80%.

Konsultasi terkait penularan dan pengobatan gonore

Anda ingin tahu bagaimana cara melindungi diri dari penularan infeksi gonore atau kencing nanah ini. Tanyakan pada dokter kami tentang gejala yang muncul untuk segera mendapat tindakan medis dengan cepat.

Segeralah berkonsultasi dengan Klinik Raphael dengan menghubungi nomor 0813-9625-4650 atau 0857-7077-3681. Anda juga bisa Berkonsultasi Gratis dengan Dokter Kelamin Berpengalaman dengan klinik raphael. Semua informasi data diri yang Anda berikan hanya untuk kepentingan reservasi pengobatan, jadi dijamin akan terjaga rahasianya.

Pengobatan gonore
konsultasi gratis klinik raphael
Telepon Klinik kelamin Raphal
konsultasi gratis klinik raphael
raphael
raphael
Penulis artikel untuk website klinik raphael

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Dapatkan pelayanan terbaik

X
Konsultasi Dokter Gratis
Konsultasi-Online-Gratis-dengan-Dokter
%d blogger menyukai ini: