Keputihan dan Efeknya
29 Januari 2019
Bahaya Kutil Kelamin
4 Februari 2019
Show all

Cara Mengatasi Ejakulasi Dini

1. Sudah Tau Apa Yang Dimaksud Ejakulasi Dini ?

Ejakulasi dini adalah suatu kondisi ketika seorang pria ejakulasi atau mengeluarkan sperma terlalu cepat saat melakukan hubungan seksual. Kondisi ini dapat mengakibatkan tidak tercapainya klimaks atau kepuasan seksual pada pasangan atau pada pria itu sendiri, sehingga banyak pria yang mencari cara mengatasi ejakulasi dini agar dapat memuaskan saat berhubungan. Banyak iklan, pengobatan alternatif, obat-obatan yang dijual, mengklaim bisa mengobati ejakulasi dini. Namun, apakah benar kalau ejakulasi dini disembuhkan ? Apasih cara mengatasi ejakulasi dini tanpa obat ataupun dengan obat ?

Mengatasi Ejakulasi Dini

2. Waktu Minimal Ejakulasi Dapat Dikatakan Ejakulasi Dini ?

Seorang pria dewasa sehat rata-rata akan mengeluarkan air mani setelah kurang lebih lima setengah menit setelah penetrasi selama hubungan seksual. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, ejakulasi dini adalah kondisi yang terjadi saat pria mengeluarkan cairan ejakulasi di luar kontrolnya saat ia belum merasa siap untuk ejakulasi.

Perlu diketahui bahwa kecepatan waktu ejakulasi bisa berbeda antara satu pria dengan lainnya (atau bahkan pada pria yang sama di waktu dan kesempatan yang berbeda), tapi diagnosis klinis impotensi biasanya dilakukan jika rata-rata ejakulasi terjadi kurang dari 1-2 menit setelah penetrasi vagina.

Cara Agar Tidak Ejakulasi Dini

3. Kenali Ejakulasi Dini

Kondisi medis bukan satu-satunya penyebab ejakulasi dini. Nyatanya, ejakulasi dini adalah kondisi seksual yang jauh lebih umum daripada yang kita pikirkan. Ejakulasi dini merupakan masalah seksual yang paling sering dilaporkan pria di segala rentang usia yang dihadapi oleh sekitar 30 persen pria di seluruh dunia. Penuaan dikatakan sebagai faktor yang tak terelakkan dari impotensi. Selain itu, beberapa pria sangat sensitif sehingga cenderung lebih mudah bergairah. Terlalu bersemangat atau bergairah memikirkan seks juga dapat menyebabkan ejakulasi dini. Faktor-faktor psikologis tersebut dapat memengaruhi pria yang sebelumnya bahkan memiliki ejakulasi normal menjadi mengalami disfungsi seks. Disfungsi seks dapat dialami terus-menerus seumur hidup.

4. Masalah Medis Lain Berakibat Ejakulasi Dini

Ada faktor lain yang dapat menimbulkan ejakulasi dini. Berikut masalah medis yang dapat memicu ejakulasi dini.

  • Impoten
  • Penyakit jantung.
  • Tekanan darah tinggi (hipertensi).
  • Masalah pada kelenjar tiroid.
  • Gangguan prostat.
  • Kadar senyawa kimia dalam otak (neurotransmitter) abnormal.
  • Penyalahgunaan alkohol, zat, dan obat-obatan.
  • Kerusakan sistem saraf akibat trauma atau bekas operasi.
  • Peradangan uretra.
  • Efek samping dari obat yang salah dari resep untuk kondisi tertentu.

Secara umum, sulit untuk menentukan akar penyebab ejakulasi dini. Pasalnya ada beberapa kemungkinan yang terjadi, mulai dari faktor psikologis, masalah struktur penis, atau justru kombinasi keduanya. Ejakulasi dini dapat melibatkan interaksi yang rumit dari faktor psikologis dan biologis.

Oleh karena itu, saat berkonsultasi dengan dokter mengenai masalah ini, dokter biasanya akan menanyakan seputar kehidupan seksual Anda bersama pasangan. Selain bertanya tentang kehidupan seks Anda, dokter juga akan bertanya tentang riwayat kesehatan. Untuk memastikan diagnosis, dokter mungkin akan melakukan pemeriksaan fisik agar dapat menemukan cara mengatasi ejakulasi dini.

Jika Anda mengalami ejakulasi dini dan kesulitan mendapatkan atau mempertahankan ereksi, dokter Anda mungkin memerintahkan tes darah untuk memeriksa tingkat testosteron Anda atau tes lainnya.

5. Cara Mengatasi Ejakulasi Dini Dengan Aman.

Berikut merupakan beberapa hal yang bisa Anda lakukan sebagai cara mengatasi ejakulasi dini tanpa obat di rumah:

1. Onani atau Masturbasi

sering ejakulasi

Masturbasi lebih awal merupakan salah satu cara alami mengatasi ejakulasi dini tanpa obat. Ini dilakukan dengan cara melatih masturbasi dengan berbagai variasi teknik yang dapat mengalihkan pikiran Anda untuk tidak cepat-cepat berejakulasi.

Caranya, alihkan pikiran Anda dari rangsangan yang ada. Lakukan tarikan napas 3-4 kali hembusan. Tetap alihkan pikiran Anda begitu merasa air mani mulai keluar. Anda juga bisa menunda orgasme dengan masturbasi 1- 2 jam sebelum berhubungan seksual.

Setelah Anda mulai bisa mengendalikan tubuh Anda, Anda dapat melanjutkan penetrasi seksual dengan tempo yang lebih cepat. Mulai cari lagi rangsangan tubuh pasangan Anda untuk membangkitkan gairah. Lakukan berulang, sampai waktu orgasme yang diinginkan tiba.

2. Squeezing

membantu suami sakit hepatitis

Cara mengatasi ejakulasi dini tanpa obat ini, tidak terlalu jauh berbeda dengan teknik tahan ejakulasi masturbasi di atas. Yang perlu Anda lakukan ketika Anda mulai merasa akan orgasme adalah mencabut penis dari vagina. Minta bantuan pasangan Anda untuk menggenggam penis.

Setelah digenggam, posisikan jempol menutupi lubang di mana sperma keluar, berikan sedikit remasan pada batang penis Anda. Anda juga bisa meremas penis bagian bawah secara lembut dengan berkala sampai hasrat orgasme Anda menurun.

3. Senam Kegel

Senam kegel bisa membantu Anda sebagai cara mengatasi ejakulasi tanpa obat. Senam kegel bisa membuat Anda memiliki ejakulasi yang bertahan lebih lama berkat perbaikan aliran darah di daerah penis.

Perlu diketahui, senam ini tujuannya memperkuat otot penis, serta melatih menunda orgasme di waktu yang tidak diinginkan. Latihan ini juga dapat membantu mengontrol kemampuan Anda ketika akan orgasme, dan memberikan Anda stamina seksual yang lebih besar.

Pada awalnya teknik senam ini memang diperuntukan bagi wanita setelah melahirkan, guna mengencangkan otot-otot vagina seperti semula. Namun ternyata, tidak hanya wanita saja yang merasakan manfaatnya, pria pun demikian.. Senam ini memfokuskan gerakan pada otot panggul (pubococcygeus) agar terasa kencang.

Manfaat dari senam kegel pada  pria adalah untuk melatih penis dan seisinya menjadi lebih terkendali. Otot-otot dasar panggul yang mencakup bagian penis dan kandung kemih akan lebih sehat berkat latihan kegel, serta  memungkinkan orgasme yang lebih tahan lama.

4. Latihan Pernapasan

Cara alami mengatasi ejakulasi dini ini umumnya bukan cara yang melibatkan fisik, tetapi pikiran dan perasaan Anda. Agak sulit dan berat jika dilakukan. Pernapasan adalah kunci untuk mengendalikan seluruh tubuh Anda.

Pada saat penetrasi penis ke dalam lubang vagina dan Anda mulai merasakan orgasme, mulai pelankan tempo hentakan pinggul Anda. Alihkan pikiran Anda dari rangsangan yang telah ada, lakukan tarikan napas 3-4 kali hembusan. Tetap alihkan pikiran Anda sampai dirasa aliran sperma mulai menurun.

Setelah Anda bisa mengendalikan tubuh Anda, silahkan Anda lanjutkan penetrasi seksual dengan tempo yang lebih cepat. Mulai cari lagi rangsangan tubuh pasangan Anda untuk membangkitkan gairah. Lakukan berulang, sampai waktu orgasme yang diinginkan tiba.

5. Pakai teknik stop and start

Anda bisa menggunakan cara mengatasi ejakulasi dini tanpa obat ini dengan bantuan pasangan wanita. Latihan ini baiknya anda diskusikan dan disepakati dulu dengan pasangan wanita demi menjaga mood seksualnya.

Caranya, saat penetrasi dan Anda merasa ingin orgasme, cabut penis Anda dari vagina, lalu cengkram kepala penis, jangan terlalu lembut dan jangan terlalu kencang. Setelah itu tekan, kepala penis ke arah kiri menggunakan jempol tangan Anda. Jika Anda telah merasa aliran sperma mulai melambat, tahan sebentar, lalu Anda bisa melanjutkan lagi penetrasi yang tertunda.

Dalam sekali berhubungan seksual, coba latih teknik ini 2-4 kali sampai pada waktu orgasme yang Anda inginkan. Ajak pasangan Anda berpartisipasi dalam teknik ini, untuk mencapai kepuasan seks bersama.

6. Penanganan Ejakulasi Dini Melalui Konseling

Selama konseling, pasangan akan didorong untuk menceritakan segala masalah yang dapat memengaruhi hubungan mereka dan menemukan solusinya bersama-sama dengan bantuan Dokter Ahli. Sesi ini juga dapat membantu pasangan mengurangi kecemasan dan mengatasi stres. Biasanya efek konseling akan terlihat lebih nyata jika didukung dengan pemberian obat. Selain menelaah masalah yang terjadi pada pasangan, psikiater juga akan memperkenalkan teknik latihan untuk menunda ejakulasi.
Yang pertama adalah teknik “meremas”. Ketika Anda sudah mulai merasakan ejakulasi, berilah sinyal pada pasangan untuk berhenti dan langsung meremas kepala penis Anda selama 10-30 detik. Setelah penis dilepaskan, tunggulah selama setengah menit sebelum mengulangi proses yang sama. Lakukanlah metode ini secara berulang-ulang sebelum ejakulasi benar-benar dibiarkan terjadi.

Konsultasi Online Gratis

1 Comment

  1. […] pria mengalami depresi maka akan menurunkan gairah atau libido untuk melakukan sex. Seseorang yang mengalami depresi cenderung akan menjauhi bahkan tidak berpikir […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: