Moluskum kontagiosum – Penyebab, Gejala dan Pengobatan
8 Maret 2021
Penularan Hepatitis Melalui Hubungan Intim
16 Maret 2021
disfungsi ereksi

Disfungsi ereksi atau impotensi adalah ketika kondisi seorang pria tidak bisa ereksi atau mempertehankannya. Akibatnya kegiatan seksual menjadi terganggu juga terhambat dan berdampak pada kurang percaya diri terhadap pasangan.

Impotensi biasanya identik dengan pria yang sudah berumur tapi saat ini kasus disfungsi ereksi menigkat pada pria usia dibawah 40 tahun.

Penyebab disfungsi ereksi di usia muda

Beberapa faktor penyebab pria dengan usia yang masih cukup muda dapat mengalami disfungsi ereksi atau impotensi. Faktor tersebut ialah faktor psikologis juga ada faktor fisik dan gaya hidup, seperti:

  • Faktor psikologis

Disfungsi ereksi diusia dini yang disebabkan oleh faktor prikologis yaitu faktor utamanya adalah kecemasan. Kecemasan yang dimaksud bisa karena akibat kekhawatiran akan performa seksual dengan pasangannya. Kekhawatiran menghamili pasangannya, kekhawatiran kehilangan ereksi jika menggunakan kondom dan sebagainya.

Depresi disertai stres juga dapat menjadi pemicu pria mengalami disfungsi ereksi, karena dapat menurunkan libido. Adanya masalah dalam hubungan dengan pasangan serta kurangnya komunikasi juga dapat menimbulkan masalah seksual.

Pengobatan gonore
Telepon Klinik kelamin Raphal

baca juga : Obat Ejakulasi Dini yang Dapat Mengembalikan Keperkasaan

Faktor penyebab disfungsi ereksi

  • Faktor fisik

Fisik pria sangatlah berpengaruh terhadap kemampuan ereksi, karena untuk dapat mempertahankan ereksi dibutuhkan kondisi tubuh yang normal dan sehat. Contoh dari kondisi fisik pria yang kurang sehat seperti adanya penyempitan pembuluh darah atau tekanan darah tinggi dapat mengganggu ereksi dan daya tahan tubuh pria.

  • Gaya hidup

Gaya hidup yang tidak sehat dan terus dilakukan setiap hari juga dapat menyebabkan disfungsi ereksi pada pria. Contohnya seperti kebiasaan ia merokok sejak dini, penyalahgunaan minuman beralkohol.

Juga pria dengan berat badan yang lebih (obesitas), mempunyai hormon testosteron yang rendah serta sirkulasi yang buruk karenanya obesitas juga dapat menyebabkan pria mengalami disfungsi ereksi.

Untuk menjaga agar tidak obesitas dengan cara jaga pola makan yang baik dan tidak makan berlebih, serta lakukan aktifitas olah raga dengan rutin.

Seiring bertambahnya jumlah disfungsi ereksi diusia dini, maka pria dengan kondisi tersebut disarankan agar berkonsultasi dengan dokter untuk dilakukan diagnosis penyebabnya. Karena hal ini berhubungan dengan terapi dalam pengobatannya.

Contohnya kasus pada pria yang mengalami impotensi disebabkan karena kecemasan akan performa seksual terhadap pasangannya, dari penyebab itu dapat diatasi dengan berkomunikasi yang baik dengan pasangannya.

Namun, apabila disfungsi ereksi disebabkan karena kegemukan atau obesitas maka menurunkan berat badan hingga mencapai berat yang ideal adalah solusinya.

Pengobatan gonore
Telepon Klinik kelamin Raphal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: