Ingin Kesehatan Kelamin Terjaga? Konsumsi Makanan Berikut
11 April 2022
Setelah Covid-19 Waspada Hepatitis Akut Menyerang Anak-Anak
13 Mei 2022
Cara Mengobati Kencing Nanah

Cara Mengobati Kencing Nanah oleh Dokter Kelamin biasanya dengan pemberian antibiotik yang berbeda dosis pada tiap orangnya. Infeksi gonore atau kencing nanah dapat ditularkan melalui hubungan intim dengan orang yang terinfeksi bakteri Neisseria Gonorrhoeae. Bakteri ini menular pada seseorang melalui cairan tubuh seperti cairan vagina dan sperma. Di Indonesia, penyakit gonore atau kencing nanah menjadi infeksi penyakit menular seksual yang cukup sering menyerang pria atau wanita.

Penyakit kencing nanah lebih mudah menyerang pada orang yang sering berganti pasangan seksual, terlebih jika ia tidak selektif dalam memilih pasangannya. Karena dikhawatirkan pada salah satu pasangannya tersebut, ia sudah terinfeksi bakteri Neisseria Gonorrhoeae. Ketika Anda berhubungan badan dengannya maka kemungkinan besar Anda juga akan tertular penyakit kencing.

Perlu diketahui bahwa infeksi kencing nanah ini tidak bisa sembuh dengan sendirinya tanpa melakukan pengobatan. Jangan Anda anggap sepele ketika terinfeksi bakteri ini bahkan sampai sudah muncul tanda dan gejalanya. Lalu apa yang harus Anda lakukan setelah mengetahui bahwa dalam tubuh Anda terinfeksi bakteri gonore? Dan bagaimana cara mengobati penyakit kencing nanah ini?

Cara mengobati penyakit kencing nanah

Mengobati kencing nanah dapat dengan antibiotik yang disesuaikan pemberian dosisnya tergantung tingkat keparahan infeksi, kebutuhan dan kondisi tubuh seseorang. Antibiotik dapat Anda beli dari apotik atau klinik kelamin terdekat di daerah Anda. Perlu diingat bahwa penggunaan antibiotik untuk mengobati kencing nanah ini disarankan harus didampingi oleh dokter kelamin terbaik. Karena jika salah dalam pemberian dosis maka dikhawatirkan malah akan menimbulkan gejala lain.

Seletah dilakukan pemeriksaan dan Anda didiagnosisi terinfeksi gonore maka akan disarankan untuk mengobati kencing nanah. Jangan lupa untuk mengajak pasangan Anda dalam mengobati kencing nanah karena kemungkinan jika Anda terinfeksi maka pasangan Anda juga tertular. Mengobati kencing nanah dengan antibiotik oleh dokter kelamin bisa dilakukan secara diminum (oral) maupun disuntik (injeksi).

Pemberian antibiotik secara injeksi atau disuntik dapat dilakukan ketika kondisi infeksi cukup parah atau jika pemberian antibiotik yang diminum tidak terlalu berefek. Antibiotik yang lebih kuat atau dengan mengkombinasi antibiotik yang akan disuntikan selanjutnya.

Gejala ketika anda terinfeksi

Biasanya setelah bakteri menular dan menginfeksi diri Anda. Masa inkubasinya termasuk yang cukup cepat yaitu antara 2 sampai 5 hari, terkadang ada juga yang lebih lama sampai 14 hari. Pada beberapa orang dengan infeksi gonore, ia tidak menimbulkan gejala apapun. Hal seperti ini yang harus lebih diwaspadai, karena bisa saja tanpa disadari ia menularkan pada pasangannya. Anda harus lebih peka terhadap kemungkinan gejala yang muncul karena mungkin saja gejala awalnya terasa gatal dan panas. Untuk itu sangat disarankan untuk segera mengobati kencing nanah di Klinik Kelamin sekitar Anda.

Setelah itu infeksi semakin parah sampai ketika Anda buang air kecil akan terasa sakit (disuria) disertai keluarnya nanah. Berikut beberapa gejala yang patut dicurigai yaitu:

  1. Rasa gatal diarea sekitar anus.
  2. Lubang Mr P mengalami kemerahan dan bengkak.
  3. Terkadang beberapa pasien merasakan sakit pada tenggorokannya.
  4. Adanya cairan yang tidak normal speerti nanah keluar dari kelamin.
  5. Lebih sering buang air kecil yang disertai rasa panas seperti terbakar.
  6. Gejala gonore lebih sulit dideteksi karena gejalanya cenderung ringan seperti infeksi biasa.

Kapan harus ke dokter kelamin?

Intinya jika dirasa ada gejala yang tidak biasa muncul pada alat kelamin Anda maka patut curiga. Terlebih jika Anda mempunyai riwayat melakukan seks bebas, mungkin saja itu menjadi pertanda adanya bakteri gonore pada tubuh Anda. Segera lakukan langkah terbaik seperti berkonsultasi dengan dokter kelamin terdekat untuk mengobati kencing nanah atau mencari referensi dari sumber-sumber yang terpercaya.

Seberapa rentan terhadap penularan bakteri ini?

Berdasarkan dari jumlah pasien kencing nanah, kebanyakan yang menderita kencing nanah yaitu pria maupun wanita dengan usia 22 tahun ke atas. Tetapi tak sedikit pula mereka yang masih berusia dibawah 20 tahun. Jadi usia belum cukup untuk dijadikan faktor rentan seseorang terinfeksi gonore. Tak hanya itu berikut beberapa hal yang membuat Anda rentan tertular penyakit kencing nanah, yaitu:

  1. Aktif dalam hal hubungan badan.
  2. Pernah terinfeksi gonore sebelumnya.
  3. Mempunyai penyakit menular seksual lain.
  4. Tak puas dengan satu pasangan sehingga punya beberapa pasangan seksual.

Kategori orang-orang yang disebutkan di atas adalah orang-orang yang mempunyai resiko lebih tinggi dibandingan dengan yang lain. Kenapa, karena mereka berada di ruang lingkup yang rentan terhadap penularan infeksi gonore. Untuk itu hindari jika Anda sayang terhadap diri dan kesehatan.

Berikut tips ampuh pencegahan infeksi gonore

Tips berikut ini cukup ampuh dalam mencegah penularan penyakit kencing nanah namun pada beberapa orang mungkin saja sulit dilakukan. Tipsnya adalah anda harus setia dengan satu pasangan, kenapa karena jika Anda sering berganti pasangan seksual akan meningkatkan penularan. Mungkin saja pada salah satu pasangan intim Anda, sudah terinfeksi bakteri Neisseria Gonorrhoeae (terlebih jika ia wanita). Akan sangat mudah dapat menularkan bakteri tersebut pada Anda karena seringkali infeksi gonore pada wanita tidak menimbulkan gejala.

Kalaupun Anda memiliki banyak pasangan seksual maka kami sarankan untuk mengenakan kondom, saat akan hubungan badan. Cara ini sebenernya kurang ampuh namun, dengan memakai kondom Anda sudah melakukan pencegahan. Saling terbuka dengan pasangan juga sangat penting sebagai upaya mencegah penularan dengannya. Langkah yang sangat disarankan juga seperti melakukan tes PMS secara berkala. Tujuannya untuk mengetahui bahwa pada tubuh Anda atau pasangan terinfeksi bakteri gonore atau tidak.

Beberapa komplikasi jika tidak diobati

Kenapa jika Anda terinfeksi gonore maka harus cepat dilakukan pemeriksaan dan mengobati kencing nanah? Karena penyakit kelamin ini dapat menyebabkan komplikasi yang lebih parah lagi bagi kesehatan maupun kesuburan seseorang. Sehingga jangan anggap sepele jika penyakit gonore ini menyerang Anda.

Berikut beberapa komplikasi yang dikutip dari Mayo Clinic, yang bisa saja terjadi akibat penyakit kencing nanah, yaitu:

  1. Gangguan kesuburan pada wanita. Gonore yang tidak diobati akan meningkatkan wanita mengalami infertilitas karena adanya jaringan parut pada tuba fallopi. Kerusakan jaringan ini dapat memicu penyakit radang panggul (PID) sehingga beresiko mengalami kehamilan ektopik.
  2. Gangguan kesuburan pada pria. Epididimitis atau terjadi radang pada tabung kecil melingkar yang membawa sperma yang terletak diagian belakang testis.
  3. Meningkatkan anda terinfeksi HIV/AIDS. Penyakit kencing nanah ini menjadi penyebab anda beresiko terinfeksi HIV/AIDS menjadi lebih tinggi.
  4. Menular atau menurun ke bayi. Ibu hamil yang sedang terinfeksi gonore kemungkinan besar akan menularkan pada bayinya saat proses melahirkan. Untuk itu segera obati penyakit ini sebelum melahirkan. Ketika infeksi menular pada bayi maka akan mengakibatkan adanya luka di kulit kepalanya, terganggunya penglihatan bahkan sampai kebutaan.
  5. Dapat menyebar ke tubuh lain seperti persendian. Melalui aliran darah infeksi dapat menyebar yang mengakibatkan demam, ruam di kulit dan sakit pada persendian.

Anda ingin tahu bagaimana cara melindungi diri dari penularan infeksi penyakit menular seksual atau penyakit kencing nanah ini. Segeralah berkonsultasi dengan Klinik Raphael dengan menghubungi nomor 0813-9625-4650 atau 0857-7077-3681. Anda juga bisa Berkonsultasi Gratis dengan Dokter Kelamin Berpengalaman melalui link https://bit.ly/Klinikraphael. Semua informasi data diri yang Anda berikan hanya untuk kepentingan reservasi pengobatan, jadi dijamin akan terjaga rahasianya.

Pengobatan gonore
konsultasi gratis klinik raphael
Telepon Klinik kelamin Raphal
konsultasi gratis klinik raphael
admin
admin
Penulis artikel untuk website klinik raphael

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Dapatkan pelayanan terbaik

X
klinik-gonore-terdekat
Konsultasi-Online-Gratis-dengan-Dokter
%d blogger menyukai ini: