Depresi Pengaruhi Hubungan Seks

Tips Merawat Kebersihan Mr P Pria
13 Februari 2019
Kenapa Vagina Gatal
15 Februari 2019
Show all

Depresi Pengaruhi Hubungan Seks

Depresi Pengaruhi Hubungan Seks

Menurut para ahli psikologi, gejala depresi salah satunya adalah “anhedonia”. Anhedonia merupakan sesuatu perasaan hilangnya minat atau kesukaan pada sesuatu hal yang dulu disukai. Pada pria salah satunya hilangnya gairah pada sex. Menurut Ian Kerner, PHD yang merupakan seorang psikoterapis berlisensi dan penasehat sex ketika pria mengalami depresi, harga diri mereka turun dan motivasi mereka turun dan libido mereka turun. Setiap atau semua masalah dapat mengganggu minat seseorang pada seks sehingga timbul depresi pengerahui hubungan seks atau kemampuan untuk tampil percaya diri depan pasangan.  Berbicara tentang seks itu berkaitan dengan hal-hal yang menggairahkan sementara depresi adalah suatu kondisi yang menghambat kegembiraan dan gairah. Jadi tidak heran depresi dan seks tidak bisa bercampur.

Mengatasi Ejakulasi Dini

Ketika pria mengalami depresi maka akan menurunkan gairah atau libido untuk melakukan sex. Seseorang yang mengalami depresi cenderung akan menjauhi bahkan tidak berpikir tentang sex. Orang yang mengalami depresi biasanya merasa dirinya buruk dan cenderung menjauhkan diri dari pasangan. Dalam satu studi sharabi tahun 2015 seorang pria berkata bahwa pada saat depresi dia cenderung menjauhkan diri dengan orang lain. Ingin hidup sendiri untuk membuat suasana hati lebih baik. Penelitian ini  juga menunjukkan bahwa pasangan yang satu orang, tetapi bukan orang lain, mengalami depresi cenderung mengalami lebih banyak tantangan seksual daripada pasangan yang kedua orangnya mengalami depresi. Depresi asimetri yang diciptakan dapat menyulitkan pria yang depresi dan pasangannya untuk masuk ke halaman yang sama secara seksual.

Baca Juga : Penyebab Pria Ejakulasi Dini

Hal ini tentu saja akan mengganggu keharmonisan rumah tangga anda untuk itu diperlukan konsultasi terkait membina hubungan baik dengan pasangan terutama untuk memperbaiki kehidupan sex anda. Orang yang stres sulit mengalihkan pikiran dari masalah-masalah dalam hidup, misalnya ketika ada masalah kerjaan dan masalah finansial. Pria punya peran sangat tinggi. Jika dia merasa gagal dalam pekerjaan, maka dia merasa harus berhasil dalam hal lainnya, seperti hubungan seksual, sehingga dia punya tuntutan yang sangat besar pada saat mau berhubungan seksual. Tanpa dia sadari tuntutan itu justru membuat dia jadi tambah stres lagi pada akhirnya menjadi depresi.

Bagaimana Depresi dapat mempengaruhi Kehidupan Sex anda?

Depresi adalah perasaan dan pikiran buruk mengenai diri sendiri dan sekitarnya dan ketidakseimbangan kimiawi dalam otak. Orang yang depresi biasanya mood-nya selalu low, perasaannya selalu enggak enak, mood selalu sedih, enggak nafsu ngapa-ngapain hilang minat, sehingga memengaruhi kegiatan seksualnya juga. Lalu ada kecemasan, asumsi-asumsi yang diyakini terjadi. Beberapa contoh kecemasan yang menyebabkan disfungsi ereksi adalah, berpikir posisi seksual yang bagus seperti apa nanti, bisa tidak menguasai pasangan, nanti pasangan bahagia tidak. Semua pikiran kecemasan tersebut jika dipikirkan terus-menerus akan membuat gairah seksual otomatis menurun, berikut itulah pembahasana tentang depresi pengerahui hubungan seks.

Cara aman kalau harus berhubungan seks saat pasangan depresi

1. Cari bantuan ahli

Bila depresinya belum parah atau masih ringan, ajak pasangan Anda untuk mengikuti terapi perilaku kognitif(CBT). Terapi ini terfokus pada upaya untuk menghilangkan pikiran dan perilaku negatif serta menggantikannya dengan hal-hal berbau positif.

2. Ganti obat

Jika Anda merasakan efek samping parah dari antidepresan yang dikonsumsi, bicarakan kepada dokter dan mintalah gantinya. Misal dengan obat yang punya efek samping terhadap kemampuan seks yang rendah (seperti bupropion) atau dapat membantu meningkatkan hasrat seksual.

3. Puasa bercinta

Ian menyarankan tak ada salahnya berhenti dulu bercinta dengan pasangan, untuk sementara. Jangan memaksakan diri untuk berhubungan seksual dengan suami atau istri yang sedang depresi. Bermesraan tanpa harus penetrasi seksual bisa menjadi cara yang efektif untuk terus mengobarkan api cinta Anda berdua, seperti berpegangan tangan, berpelukan atau bercumbu.

4. Lakukan saja

Ada yang bilang, seks tidak bisa ditunda. Oleh karena itu, rasanya sah-sah saja jika Anda memilih untuk jalan terus; bisa dengan pasangan (jika ia memang berkenan) atau masturbasi saja. Kadang ketika depresi menyerang, sedikit melakukan aktivitas seksual saja sudah cukup membantu menenangkan.

Lagipula para pakar sepakat bila seseorang merasakan orgasme, aktivitas ini akan meningkatkan kadar serotonin, endorfin serta opioid yang kerap dikatakan sebagai ‘sumber kebahagiaan’ dalam otak. Seks juga membuat rileks dan menambah kepercayaan diri.

5. Komunikasi

Konon orang yang depresi sering merasa sendiri dan terisolasi sehingga susah berkomunikasi. Itulah mengapa penting untuk membicarakan efek samping depresi yang dialami dengan pasangan dan juga kepada dokter. Komunikasi adalah cara mudah Anda untuk membicarakan seks saat pasangan depresi.

Baca Juga : Cara Mengatasi Ejakulasi Dini

Pilihan Konsultasi Online Gratis dan Reservasi Klinik Raphael
WHATSAPP
TELEPON
FORM RESERVASI
tempat operasi selaput dara di cikarang
tempat operasi selaput dara di cikarang
tempat operasi selaput dara di cikarang
Telepon Seluler dan Whatsapp : 0813-9625-4650
Konsultasi Online Gratis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: