Depresi Pengaruhi Hubungan Seks

Tips Merawat Kebersihan Mr P
13 Februari 2019
Kenapa Vagina Bisa Sangat Gatal
15 Februari 2019
Show all

Depresi Pengaruhi Hubungan Seksual

Depresi ialah ketika terjadi ketidakseimbangan kimiawi pada otak yang menyebabkan perasaan buruk tentang diri sendiri atau lingkungannya. Salah satu penyebab depresi adalah anhedonia, dimana ketika hilangnya perasaan suka atau minat pada sesuatu yang dahulunya ia sukai. Hilangnya rasa suka pada sesuatu itu termasuk juga pada gairah seksual. Hal ini bisa saja terjadi pada seseorang ketika ia mengalami depresi gairah seksualnya turun atau menghilang. Sehingga hubungan seksual dengan pasangan menjadi terganggu .

Ian Kerner, PHD (psikoterapis dan penasehat sex) berpendapat bahwa ketika seorang pria mengalami masalah dan depresi dapat menyebabkan turunnya libido, motivasi dan harga diri. Hal tersebut dapat mengganggu minat pria pada seks sehingga dapat mempengaruhi kepercayaan diri pada pasangan.

Depresi dapat menurunkan libido

Depresi dapat menurunkan rasa gembira dan gairan sedangkan hubungan seksual merupakan hal yang menggembirakan dan bergairah. Maka dari itu masalah depresi ini menjadi hal yang serius selain mengganggu psikis dirinya juga dapat mengganggu hubungannya dengan pasangan. Karena hubungan seksual dengan depresi bertolak belakang dan tidak bisa disatukan.

Gairan atau libido untuk melakukan hubungan seksual pada pria akan menurun ketika ia sedang mengalami depresi. Pria maupun wanita yang sedang depresi cenderung tidak akan berfikiran untuk melakukan hubungan seksual. Ia mungkin merasa bahwa dirinya buruk dan lebih suka menyendiri dari pada bergaul dengan pasangannya.

Studi sharabi pada tahun 2015 menjelaskan bahwa seorang yang sedang depresi ia lebih memilih untuk menyendiri untuk membuat suasana hatinya kembali lebih baik. Pada kasusu depresi asimetri mengakibatkan kesulitan bagi pria yang depresi dengan pasangannya untuk melakukan hubungan seksual.

Ketika kondisi fikiran sedang depresi atau stres fikiran akan sulit teralihkan dari masalah yang membuat ia menjadi stres baik itu masalah kerjaan, finansial atau yang lainnya. Keharmonisan dalam hubungan rumah tangga dapat terganggu dengan Anda mengalami depresi karenanya diperlukan konsultasi untuk mengembalikan gairah seksual.

Baca Juga : Penyebab Pria Ejakulasi Dini

klinik Pengobatan gonore
Telepon Klinik kelamin Raphal

Bagaimana depresi dapat mempengaruhi kehidupan sex?

Depresi ialah ketika terjadi ketidakseimbangan kimiawi pada otak yang menyebabkan perasaan buruk tentang diri sendiri atau lingkungannya. Seorang yang sedang depresi dapat menyebabkan beberapa hal seperti :

  1. Membuat perasaan atau mood-nya selalu tidak enak.
  2. Tidak bergairah dalam beraktivitas.
  3. Lebih memilih untuk menyendiri.
  4. Merasa cemas atau bersalah.

Perasaan cemas akan hubungan seksual dengan pasangan dapat seperti :

  1. Berfikir bisa tidak ya membuat pasangan bahagia ?
  2. Dapat menguasai pasangan atau tidak ?
  3. Posisi seperti apa yang bagus ?
  4. Ereksi dapat bertahan lama tidak ?

Hal tersebut jika terus difikirkan akan membuat kecemasan yang nantinya dapat menurunkan gairah seksual. Sehingga dapat mengganggu kehidupan seksual dengan pasangan atau bahkan malah menyebabkan seorang pria mengalami disfungsi ereksi

Tips jika pasangan mengalami depresi

  • Cari bantuan ahli

Jika depresi yang dialami masiih belum parah dan masih ringan maka segeralah melakukan terapi perilaku kognitif (CBT). Terapi CBT ini bertujuan untuk menghilangkan perilaku dan fikiran negatif dan menggangtinya dengan hal yang positif.

  • Ganti obat

Ketika mengkonsumsi antidepresian malah menyebabkan efek samping maka konsultasikan kembali dengan dokter dan minta obat penggantinya seperti yang dapat meningkatkan gairah seksual.

Baca Juga : Cara Mengatasi Ejakulasi Dini

  • Puasa bercinta

Tidak ada salahnya jika anda memutuskan untuk berhenti sementara untuk urusan hubungan seksual dengan pasangan yang sedang mengalami depresi. Tetapi tetap usahakan jalin hubungan yang harmonis tanpa harus melakukan hubungan seksual terlebih dahulu sampai pasangan Anda merasa mood-nya kembali bagus. 

  • Lakukan saja

Terkadang dengan tetap melakukan hubungan seksual malah bisa mengembalikan mood pasangan Anda yang sedang depresi. Tentunya keputusan ini diambil setelah berkomunikasi terlebih dahulu jika ia tidak keberatan maka lakukanlah karena itu juga demi keharmonisan rumah tangga.

Lagipula ketika seseorang telah merasakan orgasme akan juga dapat meningkatkan kadar serotonin, endorfin dan opioid yang menjadikan sebagai pemicu bahagia pada otak.

  • Hiburan

Hiburan memang bisa membantu membuat mood menjadi baik maka dari itu coba untuk menghibur pasangan anda dengan banyak cara.

  • Komunikasi

Depresi dapat membuat seseorang ingin terus menyendiri sampai susah untuk bersosialisasi. Maka dari itu coba bangun komunikasi dengan pasangan yang lebih intens lagi demi membuat mood-nya baik lagi.

Pilihan Konsultasi Online Gratis dan Reservasi Klinik Raphael
WHATSAPP
TELEPON
FORM RESERVASI
tempat operasi selaput dara di cikarang
tempat operasi selaput dara di cikarang
tempat operasi selaput dara di cikarang
Telepon Seluler dan Whatsapp : 0813-9625-4650
Konsultasi Online Gratis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: