masalah sistem reproduksi wanita
Penyakit Pada Sistem Reproduksi Wanita
6 Maret 2023
Trikomoniasis-penyebab-sulit-hamil
Trikomoniasis dapat Menyebabkan Wanita Sulit Hamil
21 Maret 2023

Infeksi saluran kemih (ISK) adalah kondisi kesehatan yang umum terjadi pada orang dewasa dan anak-anak, baik pria maupun wanita. ISK terjadi ketika bakteri atau mikroorganisme lainnya memasuki saluran kemih dan berkembang biak di dalamnya. Kondisi ini dapat mempengaruhi bagian apapun dari saluran kemih seperti kandung kemih, uretra atau ginjal.

ISK dapat terjadi pada sistem kemih bagian atas atau bawah. Jika infeksi saluran kemih dibiarkan terus berlanjut tanpa pengobatan yang tepat, maka bisa berkembang menjadi infeksi yang lebih serius dan berpotensi memicu komplikasi kesehatan.

Meskipun dapat dialami oleh siapa saja, infeksi ini lebih rentan terjadi pada wanita. Selain itu juga, infeksi ini dapat menyerang bagian yang lebih dalam dan paling umum yang terjadi adalah infeksi kandung kemih.

Infeksi ini bisa terjadi di bagian ureter, ginjal, kandung kemih dan juga uretra. Umumnya infeksi ini menyerang dua bagian, yaitu uretra dan juga kandung kemih.

Penyebab Seseorang Mengalami ISK

penyebab infeksi saluran kemih

Penyakit ini disebabkan oleh masuknya bakteri atau mikroorganisme lainnya ke dalam saluran kemih. Bakteri Escherichia coli (E. coli) yang biasanya hidup di usus besar menjadi bakteri yang paling umum menyebabkan ISK pada seseroang.

Bakteri ini dapat masuk ke dalam saluran kemih melalui uretra, yang merupakan saluran yang menghubungkan kandung kemih dengan luar tubuh. Infeksi ini juga dapat disebabkan oleh bakteri lain, seperti Staphylococcus saprophyticus atau Klebsiella pneumoniae.

Infeksi ini dapat mempengaruhi semua orang, baik pria maupun wanita, meskipun lebih umum terjadi pada wanita. Penyebab utama ISK adalah bakteri, seperti E. coli, tetapi ada juga beberapa faktor lain yang dapat mempengaruhi risiko seseorang terkena infeksi saluran kemih.

Penyebab infeksi saluran Kemih pada wanita

Wanita lebih rentan terhadap ISK karena saluran kemih wanita lebih pendek dan lebih dekat dengan anus, di mana bakteri dapat lebih mudah masuk ke saluran kemih. Beberapa penyebab infeksi saluran kemih pada wanita antara lain:

  • Hubungan seksual yang tidak sehat. Sering berganti pasangan seksual dapat memperbesar risiko terkena ISK. Bakteri dapat masuk ke saluran kemih saat berhubungan seksual dan menyebabkan infeksi.
  • Menopause. Ketika wanita memasuki masa menopause, produksi estrogen menurun. Hal ini dapat mengubah kondisi di dalam vagina dan membuatnya lebih rentan terhadap infeksi.
  • Kebiasaan personal hygiene yang buruk. Wanita yang tidak menjaga kebersihan diri dengan baik, seperti tidak membersihkan area kemaluan dengan benar setelah buang air kecil atau buang air besar, dapat memperbesar risiko terkena ISK.
  • Sistem kekebalan tubuh yang lemah. Membuat tubuh lebih rentan terhadap infeksi. Hal ini dapat terjadi pada wanita yang mengalami kondisi medis tertentu, seperti diabetes atau HIV.

Penyebab infeksi saluran kemih pada pria

Meskipun lebih umum terjadi pada wanita, pria juga dapat mengalami ISK. Beberapa penyebab infeksi saluran kemih pada pria antara lain:

  • Aktivitas seksual yang tidak sehat. Seperti pada wanita, aktivitas seksual yang tidak sehat, seperti sering berganti pasangan seksual atau tidak menggunakan kondom saat berhubungan seksual, dapat memperbesar risiko terkena ISK.
  • Prostatitis. Kondisi medis di mana prostat mengalami peradangan. Hal ini dapat memperbesar risiko terkena ISK.
  • Batu ginjal. Dapat menghalangi aliran urine dan menyebabkan infeksi saluran kemih.
  • Infeksi menular seksual. Beberapa jenis infeksi menular seksual, seperti klamidia atau gonore, dapat menyebabkan infeksi saluran kemih pada pria.

Jenis Infeksi Saluran Kemih

Penyakit ini terbagi menjadi beberapa jenis, tergantung dari bagian mana dari saluran kemih yang terinfeksi. Beberapa jenis yang umum untuk terjadi, ialah:

  • Uretritis. Kondisi ini ialah infeksi pada uretra, saluran berongga yang mengalirkan urine dari kandung kemih ke luar tubuh.
  • Sistitis. Kondisi ini merupakan adanya infeksi bakteri di kandung kemih yang sering berpindah dari uretra.
  • Piolenefritis. Kondisi ini terjadi pada ginjal, yang biasanya terjadi diakibatkan adanya infeksi yang telah menyebar ke saluran kemih, atau dari sumbatan pada saluran kemih. Adanya obstruksi pada saluran kemih dapat menyebabkan urin mengalir kembali ke ureter dan ginjal.

Faktor Resiko Seseorang Terkena ISK

faktor-resiko-infeksi-saluran-kemih

Faktor-faktor yang dapat meningkatkan risiko seseorang terkena Infeksi saluran kemih termasuk:

  • Jenis kelamin. Wanita lebih cenderung terkena ISK karena uretra mereka lebih pendek dan lebih dekat dengan anus, yang dapat memudahkan bakteri untuk masuk ke dalam saluran kemih.
  • Aktivitas seksual. Aktivitas seksual dapat memperkenalkan bakteri ke dalam saluran kemih.
  • Perubahan hormonal. Perubahan hormonal selama kehamilan, menopause, atau penggunaan pil KB dapat mempengaruhi keseimbangan bakteri di saluran kemih dan meningkatkan risiko terkena ISK.
  • Kelainan saluran kemih. Kelainan seperti uretra bengkok, batu ginjal, atau kandung kemih yang tidak sepenuhnya kosong setelah buang air kecil dapat meningkatkan risiko ISK.

Ciri-Ciri Terkena Infeksi Saluran Kemih

Perlu diketahui yang dirasakan atau ciri seseorang terkena infeksi saluran kemih dapat bervariasi tergantung pada bagian saluran kemih yang terinfeksi. Penyakit ini dapat menyebabkan lapisan saluran kemih menjadi merah dan juga mengalami peradangan (iritasi).

Gejala yang paling umum termasuk:

  • Rasa sakit ketika berhubungan badan.
  • Sering buang air kecil dan rasa sakit atau terbakar saat buang air kecil (disuria).
  • Urine yang berwarna keruh atau berbau tidak sedap.
  • Urine dapat berdarah atau berwarna lebih gelap.
  • Rasa sakit dibagian perut bagian bawah atau panggul.
  • Demam atau meriang, kondisi ini menandakan infeksi kemungkinan besar sudah mencapai ginjal.
  • Perasaan ingin buang air kecil yang terus-menerus, meskipun hanya sedikit urine yang keluar.
konsultasi dokter online

Ciri Infeksi Saluran Kemih pada Anak

infeksi-saluran-kemih-pada-anak

ISK jarang terjadi pada anak di bawah usia 5 tahun. Infeksi saluran kemih jauh lebih umum pada wanita. Ini karena uretra pada wanita yang lebih pendek.

ISK pada anak laki-laki dari segala usia mungkin saja jarang terjadi. Namun, hal itu dapat terjadi pada anak laki-laki jika sebagian saluran kemih tersumbat.

Anak laki-laki yang tidak disunat lebih mungkin mengalami ISK dari pada anak laki-laki yang disunat. Seorang anak yang mengalami penyumbatan sebagian atau seluruhnya di saluran kemihnya lebih mungkin mengembangkan ISK.

Anak-anak yang menderita ISK memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

  • Mengalami demam. Anak Anda merasa lebih panas dari biasanya saat Anda menyentuh leher, punggung, atau perut
  • Mereka umumnya terlihat sakit. Anak kecil mungkin menjadi mudah tersinggung dan menolak makan atau makan.
  • Nafsu makan mulai menurun.
  • Sering mengompol atau tidak bisa menahan buang air kecil.

Gejala ISK yang Sudah Parah

Halo sobar raphael jangan sampai infeksi ini menginfeksi Anda maka dari itu kenali gejala ISK yang sudah parah:

Nyeri punggung dan sisi tubuh

Jika infeksi saluran kemih sudah parah, maka bakteri yang menyebabkan infeksi bisa menyebar ke ginjal. Hal ini dapat menyebabkan nyeri pada punggung atau sisi tubuh bagian belakang. Nyeri ini dapat terasa parah dan intensitasnya meningkat seiring berjalannya waktu.

Demam dan menggigil

Ini menunjukkan bahwa infeksi telah menyebar ke sistem kemih bagian atas dan mengenai ginjal. Demam dapat berlangsung dalam waktu yang lama dan bisa meningkatkan risiko terjadinya dehidrasi.

Mual dan muntah

Ini bisa terjadi karena infeksi menyebabkan peradangan pada ginjal yang menghasilkan zat kimia tertentu yang merangsang mual dan muntah.

Urin berbau busuk dan berwarna keruh

Urin yang berbau busuk dan berwarna keruh juga dapat menunjukkan bahwa infeksi saluran kemih sudah parah. Ini menunjukkan bahwa bakteri telah menyebar ke ginjal dan menyebabkan peradangan pada organ tersebut.

Urin yang keruh dan berbau busuk disebabkan oleh adanya bakteri dan sel darah yang masuk ke dalam urin.

Kencing terasa sangat sakit

Sensasi terbakar atau sakit saat buang air kecil adalah gejala umum dari infeksi saluran kemih. Namun, jika infeksi sudah parah, maka rasa sakit saat kencing bisa menjadi sangat parah. Sensasi ini bisa berlangsung dalam waktu yang lama dan terasa sangat menyakitkan.

Infeksi saluran kemih yang parah memerlukan perawatan medis segera untuk mencegah terjadinya komplikasi yang lebih serius. Jangan tunggu lama jika Anda merasa gejala-gejala seperti di atas, segera hubungi dokter kelamin terdekat untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Cara Mendiagnosis Penyakit ISK

Adapun beberapa tes dan juga prosedur untuk mendiagnosis suatu infeksi saluran kemih, yaitu:

  • Urinalis, yaitu pemeriksaan pada sampel urine, guna mencari adanya sel darah putih, sel darah merah, dan juga bakteri.
  • Pemeriksaan kultur urine, guna untuk menetukan jenis bakteri yang ada, yang kemudian dapat menentukan perawatan yang tepat.
  • Sistoskopi yaitu pemeriksaan ini menggunakan alat khusus yang dimasukkan dari uretra untuk melihat ke dalam kandung kemih.
  • Tes pencitraan seperti USG, CT scan ataupun MRI, untuk melihat gambaran saluran kemih.

Bahaya Infeksi Saluran Kemih Jika Tidak Diobati

Perlu Anda waspadai, bahwa ISK yang tidak segera diobati maka akan menyebabkan bahaya yang serius bagi tubuh. Bahaya Infeksi saluran kemih ini dapat bermacam-macam, dari yang ringan sampai parah.

Ketika infeksi saluran kemih yang tidak segera ditangani dapat memicu terjadinya urosepsis, yaitu suatu kondisi ketika bakteri di ginjal yang terinfeksi menyebar ke darah.

Dari hal ini dapat menyebabkan banyak dampak buruk, seperti terjadinya syok hingga kematian.

Selain itu berikut beberapa bahaya ISK bagi tubuh jika tidak segera diatasi, yaitu:

  • Akan terjadi infeksi berulang. Kemungkinan kembali saluran kemih Anda terinfeksi akan semakin besar jika ISK tidak ditangani dengan tepat. Pada akhirnya akan memicu terjadinya kerusakan pada ginjal dan saluran kemih.
  • Sepsis. Kemungkinan Anda terkena sepsis akan semakin meningkat jika ISK tidak diobati dengan benar. Sepsis sendiri yaitu peradangan atau komplikasi yang terjadi akibat infeksi dan dapat menyebabkan kematian.
  • Kerusakan pada ginjal. Organ ginjal menjadi rusak jika ISK terjadi berulang, menyebabkan masalah serius karena membutuhkan transplantasi ginjal.
  • Bahaya pada kehamilan. Wanita yang terinfeksi saluran kemih dapat menyebabkan bahaya pada kehamilannya seperti bayi lahir dengan berat badan rendah atau lahir prematur.
  • Infeksi akan menyebar. Organ tubuh lain akan rentan untuk ikut terinfeksi jika ISK tidak disembuhkan secara total. Organ yang terancam yaitu prostat atau uretra. Jika organ ini terinfeksi maka bisa menyebabkan masalah kesehatan yang lebih serius.

Jika mengalami salah satu atau beberapa ciri ataupun gejala dari infeksi saluran kemih, segera lakukan pemeriksaan dan konsultasi kan dengan dokter kelamin terdekat.

Semakin dini berkonsultasi dengan dokter, maka kemungkinan terjadinya suatu komplikasi dapat dicegah. semakin cepat menjalani pemeriksaan dan pengobatan akan semakin baik.

Cara Mencegah Penyakit Infeksi Saluran Kemih

Anda harus peka terhadap kesehatan termasuk pada area sensitif. Karena tidak sedikit mereka yang kurang paham akan menjaga kesehatan pribadinya.

Berikut ini merupakan beberapa upaya untuk mencegah terjadinya infeksi saluran kemih:

  • Penuhi kebutuhan air putih.
  • Tidak boleh sering menahan buang air kecil.
  • Ganti celana dalam minimal 1 kali dalam sehari tergantung tinggak kelembapan.
  • Jangan menggunakan celana yang terlalu ketat dikarenakan dapat meningkatkan kelembapan.
  • Jangan lupa membersihkan area intim sebelum dan setelah melakukan hubungan badan.
  • Bagi wanita selalu membersihkan area kemaluan dari depan kebelakang setelah berkemih.

Jika Anda mengalami beberapa gejala dari infeksi saluran kemih, segera lakukan konsultasi dan pemeriksaan langsung ke dokter.

Semakin cepat menjalani pemeriksaan dapat mengurangi terjadinya komplikasi yang serius.

Yang Harus Dilakukan Ketika Terkena ISK

Jika anda didiagnosis dengan penyakit ISK, ada beberapa tindakan yang dapat Anda lakukan di rumah untuk membantu meredakan gejala atau mengobati kondisi ini, diantaranya:

  • Perbanyak lagi minum air putih atau bisa dari cairan lain. Seperti jus delima yang bisa membantu memerangi bakteri penyebab ISK. Dengan banyak mengkonsumsi air putih maka dapat meningkatkan produksi urin sehingga dapat membantu membersihkan saluran kemih. Mengonsunmsi air putih secara teratur dapat mencegah dan membantu mengobati infeksi saluran kemih.
  • Jangan sampai Anda menahan BAK. Karena dapat menyebabkan berkembangnya bakteri dan malah memperburuk keadaan. Oleh karenanya segera ke toilet jika Anda mulai merasa ingin buang air kecil, jangan sampai menahannya.
  • Selalu jaga kebersihan area intim. Rutin mencuci area pribadi terlebih jika habis dari toilet karena bertujuan untuk mencegah Anda dari ISK. Sebisa mungkin selektif untuk menggunakan produk-produk kebersihan yang kemungkinan bisa membuat area sensitif teriritasi. Gunakan air yang bersih untuk membersihkan daerah initm lalu pastikan Anda mengeringkannya.
  • Kenakan pembalut yang steril dan bersih. Tidak disarankan menggunakan pembalut yang sudah usang atau kotor. Anda juga disarankan untuk menggunakan celana dalam yang nyaman seperti berbahan katun dan tidak ketat. Ganti pembalut sehari sekali atau jika dirasa semakin basah.
  • Jaga kesehatan diri. Menjaga kondisi badan yang sehat dengan pola hidup yang sehat seperti makan-makanan sehat, berolahraga rutin dan tidak mengkonsumsi rokok atau alkohol. Semua itu dimaksudkan agar sistem kekebalan tubuh Anda tetap sehat sehingga dapat mencegah resiko infeksi saluran kemih.

Pantangan Bagi yang Terinfeksi ISK

Selain Anda disarankan untuk memperbanyak minum air putih, ada beberapa makanan dan minuman yang harus dihindari untuk membantu mengurangi gejala dan mencegah ISK menjadi lebih parah lagi.

Berikut ini beberapa hal yang harus dihindari jika Anda terkena infeksi saluran kemih, yaitu:

  • Kafein. Untuk sementara jauhi kafein, karena kafein dapat membuat iritasi pada kandung kemih sehingga ISK menjadi lebih parah. Minuman berkafein diantaranya seperti kopi, minuman berenergi dan teh.
  • Alkohol. Mirip seperti kafein yang dapat membuat iritasi pada saluran kemih sehingga memperburuk keadaan akibat terkena infeksi saluran kemih. Beberapa minuman beralkohol yang harus dihindari yaitu anggur, bir dan minuman keras.
  • Asam. Jangan dulu mengkonsumsi makan yang mengandung banyak asam, diantaranya tomat, jeruk dan cranberry. Itu karena makanan tersebut juga dapat meningkatkan iritasi pada kandung kemih. Namun ada pula yang berpendapat bahwa minum jus cranberry dapat mencegah seseorang terkena ISK.
  • Makanan yang pedas. Hindari makanan pedas untuk mencegah kandung kemih menajdi iritasi yang mana akan memperparah infeksi.
  • Garam. Garam bisa membuat seseorang untuk lebih sering buang air kecil dan memperburuk keadaan kandung kemih. Oleh karenanya untuk sementara jauhi penggunaan garam yang berlebih bagi orang yang terkena ISK.

Pengobatan infeksi saluran kemih biasanya melibatkan pemberian antibiotik untuk membunuh bakteri yang menyebabkan infeksi. Dokter juga dapat meresepkan obat pereda nyeri untuk membantu mengurangi gejala seperti rasa sakit atau terbakar saat buang air kecil.

Infeksi saluran kemih dapat mempengaruhi siapa saja, baik pria maupun wanita. Penyebab utama ISK adalah bakteri, seperti E. coli. Namun, ada juga beberapa faktor lain yang dapat mempengaruhi risiko seseorang terkena infeksi saluran kemih. Oleh karena itu, sangat

konsultasi online gratis

Sumber:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Dapatkan pelayanan terbaik

X
konsultasi dokter
pengumuman libur lebaran