Klinik Dokter Sunat Remaja dan Dewasa di Cikarang – Bekasi

Ketahui Tanda Cairan Vagina yang Tidak Normal
23 Agustus 2022
9 Gejala Kanker Serviks yang Harus Diwaspadai
6 September 2022
Sunat remaja dan dewasa di Cikarang

Klinik Dokter Sunat Remaja dan Dewasa di Cikarang – Sunat atau sirkumsisi adalah tindakan memotong atau menghilangkan sebagian atau seluruh kulit penutup (kulup) dari penis. Sunat memiliki manfaat bagi kesehatan, salah satunya yaitu menurunkan risiko penyakit menular seksual dan infeksi salurang kemih. Sunat dapat dilakukan terhadap bayi, anak-anak, ataupun orang dewasa. Tindakan ini tidak akan mempengaruhi kesuburan.  Sunat dapat dilakukan dengan metode pembedahan ataupun dengan sunat laser.

Pria di Indonesia umumnya menyunat dirinya karena alasan agama atau kesehatan. Sunat dewasa adalah pilihan bedah untuk pria yang tidak disunat saat masih anak-anak. Apa kelebihan dan resikonya? Langkah apa yang harus dilakukan saat sebelum dan sesudah disunat? Serta bagaimana metode sunat dewasa yang umumnya digunakan? Lihat informasi berikut untuk informasi lebih lanjut.

Manfaat sunat pada pria

Dari sisi medis sendiri, sunat memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan, diantaranya:

  • Mengurangi risiko infeksi penyakit menular seksual seperti HPV, herpes ataupun sifilis
  • Mencegah terjadinya penyakit pada penis seperti nyeri pada kepala atau kulup penis yang sering disebut fimosis.
  • Meminimalisir risiko terjadinya infeksi saluran kemih
  • Mencegah risiko kanker penis
  • Kesehatan penis lebih terjaga, dikarenakan penis yang disunat lebih mudah untuk dibersihkan

Persiapan sebelum melakukan sunat

Sebelum melakukan prosedur sunat remaja atau dewasa, yang terbaik adalah berkonsultasi dengan dokter kandungan. Dokter biasanya akan menanyakan riwayat kesehatan, alergi obat, atau menderita penyakit tertentu atau tidak.

Anda juga dapat menanyakan pantangan apa yang harus dilakukan sebelum prosedur, seperti menghentikan hubungan seksual. Selain itu, mintalah saran tentang aturan makan dan minum sebelum hari-H.

Selanjutnya, siapkan segala keperluan yang harus dibawa. Karena prosedur ini tidak memerlukan rawat inap, yang terbaik adalah mempersiapkan sesuai kebutuhan.

Metode sunat

Berikut beberapa metode yang dapat dilakukan untuk sunat, yaitu seperti:

Metode konvensional

Dianggap lebih efektif dari metode yang lainnya, tindakan ini banyak dipilih karena biayanya yang murah dan juga tindakan ini lebih umum dilakukan.

Metode tanpa jahitan

Metode yang saat ini yaitu klam tanpa jahitan dengan menggunakan metode penjepitan kulit kulup dengan klam dari bahan plastik setril, kemudian kulup akan dipotong. Klam akan dilepas setelah 5 hari dari tindakan.

Metode laser

Dalam metode ini menggunakan energi panas yang dialirkan ke besi tipis sehingga dapat memotong kulup tanpa pendarahan.

Rekomendasi tempat sunat dewasa terdekat di Cikarang

Sedang mencari tempat atau klinik untuk sunat remaja atau dewasa terdekat di cikarang? Klinik Raphael Cikaranglah tempatnya. Sunat remaja dan dewasa dengan dokter yang berpengalaman dan ahli dalam sunat dan masalah pengobatan penyakit kelamin. Alamat Klinik Raphael yaitu di Jl. M.H THamrin, Ruko Roxy Lippo No. 17, Cibatu, Cikarang Selatan.

Risiko melakukan sunat

Meskipun sunat memiliki manfaat kesehatan bagi tubuh, masih ada beberapa risiko proses bedah sunat lainnya, seperti:

  • Adanya perdarahan
  • Terjadinya infeksi pada luka sunat
  • Gangguan pada saluran kemih
  • Kulit kulup bisa saja terpotong terlalu pendek ataupun terlalu panjang
  • Sisa kulup yang tidak terpotong dapat menempel kembali ke ujung penis, sehingga diperlukan operasi kecil untuk penganannya
  • Sunat bisa menjadi tindakan yang berbahaya jika dilakukan pada pasien dengan gangguan pembekuan darah

Pemulihan pasca sunat

Setelah sunat, Anda boleh berbaring dan beristirahat sejenak. Hal ini disebabkan fakta bahwa prosedur sunat orang dewasa dapat melelahkan. Penyedia layanan kesehatan akan memeriksa Anda untuk memastikan bahwa Anda dalam keadaan sehat.

Sesaat sampai ke rumah, dokter akan memberikan saran pemulihan, seperti kapan Anda bisa mengemudi, kembali bekerja, dan berhubungan seks. Biasanya dibutuhkan sekitar 10 hari untuk penis Anda untuk sembuh sepenuhnya setelah sunat.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan setelah dilakukan tindakan sunat, yaitu:

  • Pemulihan pasca sunat lebih disarankan untuk mengenakan celana yang longgar atau sarung
  • Melakukan kontrol rutin ke pelayanan kesehatan untuk merawat luka sunat.
  • Menjaga kebersihan alat kelamin untuk menghindari terjadinya infeksi
  • Pasien bisa mengonsumsi obat pereda nyeri yang sudah diresepkan oleh dokter. Pemberian antibiotik jika perlu sesuai dengan resep dari dokter kelamin cikarang
  • Sebelum rasa nyeri mereda, anak-anak yang sudah disunata tidak disarankan untuk mengendarai sepeda ataupun mainan yang serupa lainnya
  • Pria dewasa yang sudah dilakukan tindakan sunat tidak disarankan untuk melakukan hubungan seksual selama masa penyembuhan. Untuk waktu penyembuhan sekitar 4-6 minggu.
admin
admin
Penulis artikel untuk website klinik raphael

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Dapatkan pelayanan terbaik

X
klinik-gonore-terdekat
Konsultasi-Online-Gratis-dengan-Dokter
%d blogger menyukai ini: