Klinik Dokter Sunat Remaja dan Dewasa di Cikarang – Bekasi
hiv pada ibu hamil
Pengobatan HIV/AIDS pada Bayi
12 September 2022

Gejala Kanker Serviks yang Harus Diwaspadai – Kanker serviks atau kanker leher rahim ialah kanker yang tumbuh pada sel-sel di leher rahim. Kanker ini berkembang secara perlahan dan akan menunjukkan gejala ketika sudah memasuki stadium lebih lanjut.

Setelah kanker payudara, kanker serviks masih menempati urutan kedua tertinggi di Indonesia. Menurut data GLOBOCAN tahun 2018, terdapat sekitar 32.469 kasus baru kanker serviks pada wanita di Indonesia, angka kematian 18.279, dan angka kejadian 17,2%.

Edukasi masih dipusatkan pada peningkatan kesadaran masyarakat terhadap infeksi human papilloma virus (HPV) berisiko tinggi dan mendorong masyarakat, terutama yang aktif secara seksual, untuk rutin melakukan tes deteksi dini.

Serviks adalah bagian rahim yang terhubung ke vagina yang berfungsi untuk memproduksi cairan seperti lendir yang membantu menyalurkan sperma dari vagina ke rahim saat berhubungan seksual. Serviks berfungsi juga untuk melindungi rahim dari bakteri ataupun benda asing dari luar.

Pemeriksaan pap smear

Kanker serviks jarang sekali menunjukan adanya gejala pada awalnya. Gejala biasanya akan muncul ketika kanker sudah berkembang ke stadium lanjut. Maka dari itu, sangat penting untuk rutin melakukan pemeriksaan kanker serviks secara dini untuk mencari gejala dan segera mendapat perawatan.

Pemeriksaan kanker serviks secara disini yaitu pap Smear yang merupakan alat screening yang dapat membantu dalam mendeteksi sel-sel abnormal dan kanker dengan cara mengambil sampel sel dari leher rahim.

Waspadai Beberapa Gejala Kanker Serviks

gejala-kanker-serviks

Kanker serviks atau leher rahim merupakan penyakit yang menyerang leher rahim yang disebabkan oleh human papilloma virus atau HPV. Pada awalnya kanker serviks sering tidak menunjukkan gejala sehingga sering kali baru terdeteksi setelah memasuki stadium lanjut.

Meski begitu, ada beberapa hal yang bisa menjadi ciri-ciri kanker serviks, yaitu seperti:

Perdarahan vagina yang tidak normal

Ketika wanita menderita kanker serviks, gejala yang biasanya dapat muncul adalah perdarahan tidak normal pada vagina. Perdarahan yang dialami ini bisa lebih banyak ataupun lebih sedikit dari menstruasi biasanya.

Contohnya seperti pendarahan setelah berhubungan intim, pendarahan menopause, pendarahan di luar periode menstruasi, atau pun menstruasi yang lebih lama dari biasanya.

Keputihan yang tidak biasa

Keputihan yang tidak normal merupakan salah satu gejala dari kanker serviks. Lendir keputihan akan mengalami perubahan warna, bau yang tidak sedap, dan perubahan tekstur serta konsistensi cairan vagina.

Nyeri saat berhubungan intim

Pada stadium lebih lanjut, gejala yang muncul dapat lebih beragam dan salah satunya adalah nyeri panggul saat berhubungan intim, nyeri ini sering menimbulkan rasa tidak nyaman saat melakukan hubungan seksual (dispareunia).

Frekuensi buang air kecil meningkat

Salah satu gejala kanker serviks iala adanya rasa sakit saat BAK dan juga tidak bisa menahan keinginan untuk BAK. Kondisi ini disebabkan oleh sel kanker yang tumbuh mengelilingi leher rahim kemudian menyebar ke kandung kemih.

Akan tetapi, gejala ini juga bisa muncul disebabkan oleh infeksi saluran kemih.

Mudah lelah

Kondisi ini dapat terjadi akibat terjadinya perdarahan yang tidak normal pada vagina, sehingga tubuh akan mengalami kekurangan sel darah merah atau anemia yang dapat memunculkan rasa lelah.

Pembengkakan di salah satu tungkai kaki

Ketika kanker serviks sudah memasuki stadium lanjut, biasanya akan menimbulkan berbagai komplikasi dan pembengkakan pada tungkai merupakan salah satunya.

Hilangnya nafsu makan

Hilangnya nafsu makan merupakan salah satu ciri kanker serviks, hal ini dikarenakan penyebaran sel kanker dapat membuat metabolisme tubuh berubah, dan dapat berpengaruh terhadap nafsu makan.

Bercak darah di urine

Jika saat sedang berkemih dan melihat adanya darah dalam urine, lebih baik untuk segera dikonsultasikan dengan dokter kelamin terdekat dikarenakan kemungkinan itu bisa merupakan salah satu kanker serviks.

Sembelit

Jika kanker serviks sudah menyebar hingga ke usus besar, dapat berpotensi menyebabkan terjadinya konstipasi atau sembelit.

Pencegahan Kanker Serviks

cara mencegah kanker serviks

Sebelum Anda mengalami gejala-gejala tersebut, baiknya cegah sejak dini kanker serviks dengan melakukan beberapa hal berikut ini, seperti:

• Rutin melakukan deteksi dini yaitu pemeriksaan pap smear
  • Melakukan vaksinasi HPV
  • Tidak berganti-ganti pasangan seksual
  • Melakukan hubungan seksual yang aman dengan memakai kondom atau pengaman
  • Menjaga dan merawat kebersihan area kewanitaan

Segeralah berkonsultasi dengan Klinik Raphael dengan menghubungi nomor 0813-9625-4650 atau 0857-7077-3681. Anda juga bisa Berkonsultasi Gratis dengan Dokter Kelamin Berpengalaman dengan klinik raphael.

Semua informasi data diri yang Anda berikan hanya untuk kepentingan reservasi pengobatan, jadi dijamin akan terjaga rahasianya.