Hubungan Antara Klamidia dan Disfungsi Ereksi (DE)
1 Oktober 2020
Human Papilloma Virus (HPV)
6 Oktober 2020
infeksi saluran kemih

Infeksi saluran kemih ini disebabkan karena adanya infeksi dari bakteri Escherichia Coli atau E.Coli, selain itu bakteri ini dapat bersarang pada usus besar juga area genital lainnya. Infeksi ini lebih sering menyerang pada wanita dibandingkan dengan pria. Karena ukuran uretra (saluran kemih ke luar tubuh) lebih pendek juga jarak uretra ke anus lebih dekat.

Saluran kemih ini memiliki beberapa bagian seperti ureter, uretra, ginjal dan kandung kemih. Infeksi ini mudah menyerang pada orang yang tidak menjaga kebersihan organ intimnya karena bakteri mudah masuk ke uretra dan menyebabkan infeksi.

Gejala infeksi saluran kemih

Infeksi pada saluran kemih ini memiliki beberapa gejala yang dapat ditimbulkan pada orang yang terinfeksi. Umumnya gela infeksi ini membuat orang yang terinfeksi merasa tidak nyaman pada kondisi tertentu. Berikut beberapa gejala infeksi saluran kemih yang biasanya terjadi, seperti:

  1. Merasa ingin buang air kecil
  2. Sakit saat buang air kecil (disuria)
  3. Air urine terasa tidak semua keluar
  4. Mudah merasa lelah
  5. Bau tidak sedapt pada air urine
  6. Sampai kencing keluar nanah atau darah

Umumnya pada orang yang terinfeksi saluran kemih ia baru melakukan pengobatan saat air kencingnya memiliki bau yang tidak sedap. Juga beberapa ketika ia sudah merasakan sakit dibagian panggul yang tak tertahan. Bahkan baru melakukan pemeriksaan saat air kencingnya keluar bersama dengan nanah atau darah.

Sebaiknya ketika anda merasakan adanya perubahan menjadi selalu ingin buang air kecil, tetapi anda mengkonsumsi air putih tidak banyak. Juga ketika anda buang air kecil tetapi urine yang keluar sedikit dan merasa tidak nyaman. Sebaiknya anda perlu waspada ketika gejala awal itu terjadi dan segera lakukan pemeriksaan pada dokter.

Baca juga tentang : Tinea Cruris – Penyebab, Gejala, dan Pengobatan.

klinik Pengobatan gonore
Telepon Klinik kelamin Raphal

Apa penyebab infeksi saluran kencing

Penyebab dari seseorang bisa terinfeksi saluran kemih itu karena ia mengalami infeksi pada organ kemih karena bakteri Escherichia Coli atau E.Coli. Sebenarnya bakteri ini bersarang pada usus besar, namun ketika anda tidak menjaga kebersihan organ intim maka bakteri ini bisa masuk ke dalam uretra.

Berikut beberapa hal yang menjadi penyebab infeksi pada saluran kemih yaitu:

  • Tidak menjaga kebersihan kelamin dengan benar

Penyebab umum dari infeksi saluran kemih ini karena seseorang tidak menjaga area kelaminnya dengan benar. Sebaiknya ketika anda selesai buang air kecil atau besar, anda harus membersihkan organ intim dengan baik. Karena kalau pembersihannya tidak benar bakteri dapat berkembang diarea sekitar kelamin dan menyebabkan infeksi.

  • Tidak buang air kecil setelah berhubungan intim

Ketika anda selesai melakukan hubungan seksual sebaiknya segera buang air kecil karena dengan begitu bisa menghindari organ seksual iritasi juga meningkatkan infeksi pada saluran kemih.

  • Masih memiliki kulit kulup

Harus diperhatikan dalam menjaga kebersihan kelamin pada pria kulup penting harus diperhatikan, karena dalam kulit kulup banyak terdapat jenis bakteri. Bukan tidak mungkin bakteri penyebab infeksi saluran kemih juga ada pada kulit kulup, maka itu disarankan bagi pria untuk memotong kulit kulup.

  • Jarang mengkonsumsi air putih

Hal ini bisa dibilang sepele tapi kebanyakan orang tidak tahu bahwa dengan kurangnya mengkonsumsi air putih bisa meningkatkan infeksi pada saluran kemih. Karena ketika tubuh kekurangan air putih, maka bakteri sangat mudah menyerang termasuk infeksi pada saluran kemih.

Faktor resiko yang meningkatkan infeksi saluran kemih

Selain dari empat penyebab infeksi saluran kemih tersebut, seseorang dapat meningkatkan terinfeksi saluran kemih karena komplikasi dari beberapa penyakit yaitu:

  1. Orang yang menderita diabetes
  2. Penderita batu ginjal
  3. Penderita kanker prostat
  4. Wanita menopause
  5. Wanita hamil
  6. Seorang yang metabolisme tubuhnya rendah

Cara mencegah infeksi saluran kemih

Untuk cara mencegah terinfeksi dari saluran kemih ini bisa dilakukan dari beberapa macam hal yaitu:

  1. Membersihkan kelamin dengan benar
  2. Perbanyak minum air putih
  3. Jangan menahan ketika ingin buang air kecing
  4. Jangan memakai celana dalam yang ketat atau lembab
  5. Selalu buang air kecil ketika setelah melakukan hubungan seksual

Itulah penjelasan mengenai infeksi pada saluran kemih yang seharusnya anda ketahui agar dapat mencegah dari terinfeksinya bakteri. Jika anda perlu menanyakan seputar permasalahan kelamin atau jika anda terindikasi gejala infeksi saluran kemih jangan sungkan berkonsultasi. Konsultasikan dengan klinik raphael agar permasalahan kelamin ada cepat ditangani dan kami akan berikan solusi terbaik.

Konsultasi Online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: