Apakah Ada Hubungan Antara Klamidia dan Disfungsi Ereksi (DE)?
1 Oktober 2020
Human Papilloma Virus (HPV)
6 Oktober 2020
Show all
infeksi saluran kemih

Infeksi saluran kemih adalah penyakit yang menyebabkan sistem kemih mengalami infeksi yang diakibatkan oleh bakteri. Bakteri penyebab infeksi saluran kencing adalah Escherichia Coli atau E.Coli. Bakteri ini biasa bersarang pada usus besar dan bagian genital lainnya.

Ada beberapa bagian yang termasuk pada saluran kemih, seperti ureter, uretra, ginjal, dan kandung kemih. Penyakit ini dapat menyerang siapa saja, dan biasanya menyerang bagi orang-orang yang kurang menjaga kebersihan area genital. Sehingga kuman dan bakteri masuk ke uretra dan menyebabkan infeksi.

Gejala Infeksi Saluran Kemih

Infeksi saluran kencing juga memiliki beberapa gejala yang umum terjadi pada semua penderitanya. Dimana gejala infeksi saluran kencing membuat si penderita merasa tidak nyaman pada kondisi tertentu, berikut beberapa gejala infeksi saluran kencing.

  1. Selalu ingin buang air kecil
  2. Datang rasa sakit saat kencing
  3. Dimana air urine terasa tidak semua keluar
  4. Badan selalu terasa lelah
  5. Bau pada urine yang tidak sedap
  6. Urine keluar darah

Biasanya seseorang yang menderita infeksi saluran kemih baru melakukan pemeriksaan ketika, air kencingnya memiliki bau yang tidak sedap. Ada juga ketika rasa sakit pada bagian panggul yang tidak tertahankan, ada juga yang baru melakukan pemeriksaan ketika air urine keluar bersama darah.

Sebaiknya, ketika anda merasa selalu ingin buang air kecil, padahal anda sedikit mengkonsumsi air putih bisa jadi itu awal anda mengalami infeksi saluran kemih. Dan juga ketika anda merasakan, meskipun selalu ingin kencing, tapi urine selalu keluar sedikit. Maka itu bisa menjadi penyebab gejala awal infeksi saluran kemih. Sebaiknya anda langsung melakukan pemeriksaan.

Baca juga tentang : Tinea Cruris – Penyebab, Gejala, dan Pengobatan.

Penyebab Infeksi Saluran Kencing

Seperti dijelaskan diatas, bahwa infeksi saluran kencing terjadi akibat terinfeksinya organ kemih dengan bakteri E.coli. Bakteri tersebut sebenarnya tinggal didalam usus besar. Namun karena anda tidak menjaga kebersihan usai buang air kecil, maka hal tersebut menyebabkan bakteri masuk ke dalam uretra.

Tidak Menjaga Kebersihan Kelamin Dengan Benar

Salah satu penyebab seseorang mengalami infeksi saluran kemih adalah tidak menjaga kebersihan alat kelamin dengan benar. Seperti halnya usai buang air kecil, anda tidak melakukan pembersihan organ kelamin dengan baik, dan menyebabkan bakteri berkembang biak disekitar kelamin, serta menyebabkan infeksi.

Tidak Buang Air Kecil Usai Berhubungan Seks

Usai melakukan aktivitas seksual, maka sebaiknya anda segera melakukan buang air kecil. Karena, bakteri penyebab infeksi saluran kencing dapat menyerang organ seksual yang disebabkan iritasi dari hubungan seksual. Bakteri yang terdapat dalam usus ini akan mengalir menuju uretra.

Lupa Masih Memiliki Kulit Kulup

Pada umumnya tidak sebagian dari laki-laki memotong kulupnya karena sudah masuk dari adat maupun budayanya. namun, perlu diperhatikan dalam menjaga kebersihan penis tersebut dikarenakan dalam kulit kulup tersebut terdapat banyak sekali jenis bakteri yang memicu terjadinya penyakit kelamin.

Tentunya itu membahayakan kepada pasangan wanita dan laki-laki tersebut, maka dari itu perlu diperhatikan metode sunat tradisional di indonesia apabila laki-laki mengalami atau trauma tentang laser.

Jarang Minum Air

Banyak orang yang tidak menyadari bahwa kurang mengkonsumsi air putih menyebabkan seorang mengalami infeksi saluran kencing. Dimana ketika tubuh kekurangan air, maka bakteri sangat mudah menyerang. Hal tersebutlah yang menyebabkan seseorang mudah mengalami infeksi saluran kencing.

Selain empat penyebab tersebut, seorang dapat dengan mudah mengalami infeksi saluran kemih karena komplikasi dari beberapa penyakit yang ia alami. Orang-orang ini sangat mudah terserang bakteri E.coli dan menyebabkan mengalami infeks saluran kemih.

  1. Penderita diabetes
  2. Penderita batu ginjal
  3. Penderita prostat
  4. Wanita menopause
  5. Wanita hamil
  6. Seorang yang Metabolisme Tubuhnya rendah

Pencegahan Infeksi Saluran Kemih

Setelah mengetahui apa penyebab infeksi saluran kemih, maka sudah sepatutnya anda melakukan pencegahan agar infeksi saluran kemih tidak menyerang tubuh anda kembali, dengan beberapa cara berikut:

  1. Membersihkan kelamin dengan tepat
  2. Perbanyak Minum Air Putih
  3. Jangan Menahan Kencing
  4. Hindari memakai pakaian lembab
  5. Selalu buang air kecil usai bercinta

Itulah penyebab infeksi saluran kencing dan cara pencegahannya. Apabila anda butuh melakukan pelayanan medis. Maka anda bisa datang langsung ke klinik raphael untuk berkonsultasi mengenai penyakit infeksi saluran kemih pada tubuh anda.

Konsultasi Online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: