Operasi Keperawanan Di Bekasi
15 April 2019
Penyakit Gonore dan Cara Pengobatannya
21 April 2019
Show all
sunat

Sunat atau sirkumsisi atau masyarakat indonesia juga biasa menyebutnya khitan menjadi hal yang perlu dilakukan atau wajib dilakukan bagi anak laki-laki. Menurut penelitian juga sunat atau khitan ini mempunyai banyak bagi kesehatan. Diantaranya dapat mencegah penyakit kanker juga AIDS. Anak laki-laki umumnya dilakukan snat saat ia berumur 5 sampai 12 tahun bahkan aja juga dibawah 5 tahun.

Indonesia memliki banyak suku dan budaya, termasuk beberpa suku yang menjadikan sunat atau khitan ini menjadi bagian dari budayanya. Untuk pandangan kesehatannya, sunat ini dapat bermanfaat untuk menjaga kebersihan penis supaya lebih terjaga. Karena biasanya tempat berkumpulnya sisa air seni juga kotoran lainnya pada preputium. Setelah itu dapat menjadi zat berwarna putih yang dikenal dengan sebutan smegma yang sangat berperan menjadi sumber infeksi. Untuk itu dilakukan sunat atau khitan dengan tujuan membuang preputium (kulit) yang menjadi pemicu adanya infeksi atau penyakit.

Indikasi sirkumsisi atau sunat

Sunat atau sirkumsisi menjadi tuntunan syariat islam yang sangat mulia dan diperuntukkan pada anak laki-laki juga perempua. Tidak hanya pada islam yahudi dan nasrani juga melakukan sunat. Menurut kesehatan sunat juga disarankan karena dapat membuat penis menjadi lebih bersih.

Berikut beberapa jenis penyakit yang dapat terjadi ketika belum disunat yaitu :

  1. Fimosis terjadi ketika preputium atau kulit pada ujung penis tidak dapat membuka atau ditarik kebelakang.
  2. Parafimosis terjadi ketika preputium atau kulit penis tertarik kepangkal penis dan tidak dapat kembali ke posisi awal. Kondisi seperti ini menyebabkan preputium menjadi edema dan menekan uretra sehingga mengakibatkan susah dan sakit ketika buang air kecil.
  3. Kondiloma Akuminata yaitu penyakit pada kelamin yang biasa disebut dengan nama jengger ayam.
  4. Mencegah penyakit tumor ganas.

Telepon & Whatsapp : 0813-9625-4650

Metode operasi sunat untuk kesehatan

Sirkumsisi Ada beberapa metode sirkumsisi menurut Purnomo (2011), antara lain :

  1. Metode klasik yang sudah lama dipakai di daerah-daerah indonesia dengan menggunakan pisau, silet dan bambu tajam. Metode ini selanjutnya disempurnakan dengan metode dorsumsisi yang telah menggunakan alat medis standar.
  2. Metode dorsumsisi telah menggunakan alat medis standar dan sudah ada yang bekas sunatannya dijahit.
  3. Metode standar sirkumsisi konvensional merupakan metode penyempurnaan dari metode dorsumsisi dan yang menjadi paling banyak digunakan sampai saat ini.
  4. Metode lonceng, pada metode ini kulup tidak dipotong tetapi ujung penis diikat dengan dan menyerupai bentuk lonceng. Metode ini menyebabkan tersumbatnya peredaran darah dan menyebabkan nekrotik jaringan yang nantinya akan lepas sendiri. Metode ini dilakukan dengan membutuhkan sekitar dua minggu.
  5. Metode klamp dengan prinsip preputium atau kulup dijepit menggunakan alat dan selanjutnya dipotong menggunakan pisau bedah dan tidak dilakukan proses jahit.
  6. Metode laser elektrokautery atau sunat laser. Sebenarnya alat yang digunakan bukanlah laser tetapi menggunakan “elemen” yang berbentuk seperti pistol dan dua buah lempeng kawat dan dipanaskan. Ketika alat ini dialiri listrik maka ujung logam akan memerah dan panas. Setelah kulup dipotong alu dilakukan penjahitan dan steril. Metode ini mempunyai kelebihan cepat dan mudah menghentikan pendarahan dan pas digunakan pada anak dengan usia dibawah 3 tahun.
  7. Metode flashcutter adalah metode pengembangan dari metode elektrokautery, bedanya pada alat pisau yang terbuat dari logam kencang (lurus).

Baca juga : Penyebab Infeksi Saluran Kemih

Tempat operasi sunat untuk kesehatan di Bekasi

Klinik andrologi atau klinik raphael merupakan tempat pelayanan sunat laser dewasa dengan penawaran biaya murah untuk kalangan pasien menengah kebawah.

Telepon & Whatsapp : 0813-9625-4650

Perawatan pasca operasi sunat

Setelah melakukan sunat atau sirkumsisi akan membutuhkan waktu satu minggu sampai 10 hari untuk proses penyembuhuannya. Bekas potongan lukanya akan kering dan menutup sempurnya dengan sendirinya.

Untuk perawatan setelah dilakukan sunat yaitu :

  1. Minum obat pereda rasa sakit seperti obat analgesik setelah obat anestesi lokak yang sebelumnya sudah disuntikan efeknya hilang. Obat anestesi dapat bertahan umunnya hanya satu jam sampai satu setengah jam setelah disuntikan. Obat analgetik ini berupa parasetamol, antalgin, asam mefenamat, asam asetilsalisilat, dan lainnya.
  2. Menjaga kebersihan daerah penis dengan mengenakan celana lebih longgar yang mencegah gesekan. Usahakan daerah sekitar penis tetap bersih dan kering.
  3. Hindari gerakan yang terlalu aktif seperti lari dan lompat untuk menghindari bengkak yang berlebih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: