Ketahui Resiko dan Manfaat Onani
19 Juni 2019
Pengobatan Kutil Kelamin di Bekasi
16 Oktober 2019
vaksin hpv

Sekarang ini kasus wanita yang terinfeksi kanker serviks tiap tahunnya selalu mengalami peningkatan. Di tahun 2016 saja yang tercatat jumlah wanita yang terkonfirmasi kanker seviks yaitu berjumlah 348.809 kasus dan kan terus mengalami kenaikan. Menurut laporan Global Cancer Observatory (GLOBOCAN) tahun 2018 diperkirakan kasus kanker serviks berjumlah 32.469 kakus hanya setahun.

Kurang lebih untuk wanita indonesia yang terkena kanker serviks berjumlah sekitar 17,2% dengan angka kematian akibatnya mencapai 18.279 orang. Berarti dapat diketahui wanita di indonesia perharinya mencapai 50 orang yang meningggal karena kanker serviks. Dengan kasus kanker serviks yang begitu tinggi membuat indonesia menjadi posisi kedua dari seluruh dunia untuk kasus kanker serviks.

Nah, dari data di atas sobatraphael sudah tau belum tentang penyakit kanker serviks yang mneyerang wanita dan bagaimana cara mengatasinya. Yuk kita simak penjelasan lengkapnya.

Pencegahan Kanker Serviks dengan Vaksin HPV

Penyakit kanker serviks ini terjadi karena adanya tumor ganas yang tumbuh pada leher rahim atau serviks. Serviks atau leher rahim tersebut ialah bagian yang paling rendah dari rahim dan menempel pada vagina. Pemicu seorang perempuan terkena penyakit kanker serviks yaitu salah satunya karena infeksi oleh Human Papilloma Virus (HPV) onkogenik.

Human Papilloma Virus (HPV) ini menjadi penyebab kanker serviks pada wanita yang cukup tinggi yaitu dengan persentasi sekitar 99,7%. Jadi seram ya setelah mengetahui data tentang penyakit kanker serviks ini. Kalau gitu semua perempuan memiliki resiko tinggi terinfeksi kanker serviks.

Baca juga : Klinik Pengobatan Gonore atau Kencing Nanah

Vaksin HPV

Untuk upaya dalam mencegah Anda terinfeksi kanker serviks yaitu salah satunya dengan melakukan suntik vaksin HPV. Karena umumnya penyebab dari penyakit kanker serviks itu sendiri akibat infeksi dari virus Human Papilloma Virus (HPV). Maka dengan Anda melakukan vaksin HPV diharapkan Anda dapat terhindar dari infeksi bakteri tersebut.

Vaksin HPV ini dapat dilakukan sejak usia dini karena Ikatan Dokter Anak Indonesia juga menyarankan untuk melakukan vaksin HPV pada anak diusia sekitar 10 tahun. Karena dengan vaksin HPV ini dapat melindungi tubuh dari infeksi Human Papilloma Virus (HPV).

Konsultasi Gratis via Whatsapp : 081396254650

Seberapa perlu vaksin HPV ini ?

Seberapa perlukah suntik vaksin HPV ini dilakukan?. Apakah efektif mencegah penyakit kanker serviks dengan vaksin HPV ini. Vaksin HPV ini umumnya diperuntukkan pada wanita yang masih muda atau belum aktif dalam hubungan seksual. Tetapi suntik vaksin ini juga dapat diberikan pada pria karena untuk melindungi infeksinya.

Vaksin HPV ini idelnya diberikan pada anak perempuan juga laki-laki pada saat ia berumur 9 sampai 12 tahun. Tujuan pemberian vaksin ini tentunya untuk menambah kekebalan tubuh dari infeksi HPV sebelum mereka aktif melakukan hubungan seksual. Selain itu suntik vaksin ini memang lebih efektif diberikan pada saat masih usia muda dibandingkan ketika sudah dewasa.

Selain untuk mencegah penyakit kanker serviks pada perempuan, suntik vaksin HPV ini juga berguna sebagai pencegahan dari penyakit menular seksual lainnya. Penyakit menular seksual yang dapat dicegah melalui vaksin HPV ini diantaranya yaitu :

  1. Kutil.
  2. Kutil kelamin.
  3. Kanker anus.
  4. Kanker penis.

Tahapan Vaksin HPV

Sudah tahu kan seberapa pentingnya vaksin HPV ini dilakukan sejak dini dan apa saja yang dapat dicegah dari vaksin HPV ini. Selanjutnya kita bahas tentang tahapannya. Untuk tahapan ketika Anda ingin vaksin HPV ini yaitu pertama Anda akan dilakukan pemeriksaan fisik untuk memastikan kondisi kesehatan Anda. Karena vaksin HPV ini baiknya diberikan ketika kondisi tubuh sedang dalam keadaan yang sehat.

Selanjutnya dokter akan menanyakan riwayat medis Anda, jika sebelumnya pernah melakukan vaksin akan ditanyakan kapan vaksin itu diberikan. Ada juga ditanyakan tentang efek samping dari vaksin HPV ini apakah ada alergi atau tidak.

Dosis untuk vaksin HPV ini dapat diberikan sebanyak 2 sampai 3 kali pada anak yang berusia 10 sampai 14 tahun. Untuk jarak dari suntikan vaksin awal dengan vaksin selanjutnya yaitu sekitar 6 sampai 12 bulan. Untuk remaja dengan usia 15 sampai 26 tahun vaksin diberikan 3 kali. Rentang jarak pemberian vaksinasi awal yaitu 1 sampai 2 bulan yang selanjutnya dilakukan vaksin ketiga setelah 6 bulan.

Konsultasi Gratis via Whatsapp : 081396254650

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: