Penyebab Endometritis atau Infeksi Pada Rahim
18 Februari 2021
Cara Tepat Merawat Miss V
2 Maret 2021
mimpi basah

Mimpi basah atau nocturnal emission adalah ejakulasi yang terjadi pada saat seorang pria tertidur. Umumnya pada saat itu, pria bermimpi melakukan hubungan seksual. Kondisi ini sangat normal dan merupakan hal umum yang terjadi pada anak laki-laki berada di masa-masa perkembangan menuju usia remaja.

Apa penyebabnya ?

Mimpi basah umumnya dialami ketika anak laki-laki beranjak ke remaja atau masa pubertas. Pada masa itu testis pria sudah dapat memproduksi hormon testosteron atau sperma. Penyebab utama dari mimpi basah ialah ketika tubuh pria memproduksi lebih banyak hormon testosteron. Karenanya cara untuk sperma keluar dengan mimpi basah.

Penyebab lainnya ialah ketika pria mengalami mimpi yang bisa memicu gairah seksual. Karena saat tidur terdapat fase rapid eye movement yang menyebabkan ereksi. Tubuh remaja pria mulai mengalami perubahan secara alami pasa usia sekitar 13 tahun. Penis mulai berkembang dan memanjang, testis juga mengalami perubahan. Bersama dengan perubahan tersebut, rambut kemaluan mulai tumbuh makin tebal dan menyebar diarea kelamin.

Jika mengalami perubahan yang tidak wajar segeralah berkonsultasi dengan klinik raphael via whatsapp (gratis).

Pengobatan gonore
konsultasi gratis
Telepon Klinik kelamin Raphal
konsultasi gratis

Seputar mimpi basah yang penting diketahui

1. Frekuensi terjadinya mimpi basah

Setiap orang mempunyai frekuensi yang berbeda dan bukan berarti ada yang salah dengan dirinya. Sebagian mengalami mimpi basah 2 sampai 3 kali dalam seminggu, ada juga yang mengalaminya hanya beberapa kali dalam hidup. Kondisi ini bisa juga terjadi sampai beranjak dewasa.

2. Mimpi basah tidak bisa dicegah

Ada orang yang dapat mencegah mimpi basah terjadi, tetapi belum ada bukti bahwa kondisi ini bisa dicegah. Apalagi mimpi basah merupakan kondisi alami yang biasa terjadi pada tubuh pria.

3. Tidak Berbahaya

Mimpi basah tidaklah berbahaya bagi tubuh, ada yang beranggapan bahwa dapat memperlemah tubuh, dapat memperpendek usia bahkan sampai dikira mengalami penyakit kelamin, pendapat itu tidaklah benar.

Meski pada umumnya mimpi basah dirasakan oleh pria ternyata wanita juga bisa mengalaminya loh. Namun ada perbedaan dimana wanita tidak selalu ditandai dengan keluarnya cairan dari vagina seperti pria.

Seperti haid pada wanita, mimpi basah merupakan respon normal dari tubuh terhadap perubahan hormonal. Pria yang mengalami mimpi basah tidak memiliki resiko kesehatan maupun gangguan kesuburan.

4. Perlunya pemahaman mengenai seks

Harus diperhatikan kebersihan kelamin setelah mimpi basah saat terbangun, bersihkan alat kelamin dengan air.

Bagi remaja mimpi basah ini dapat menjadi pemicu rasa malu, tidak nyaman atau bingung. Padahal pengalaman ini bersifat normal, karenanya diperlukan bimbingan dari orang tua atau pihak lain yang dapat menjelaskan tentang mimpi basah ini.

Pengobatan gonore
konsultasi gratis
Telepon Klinik kelamin Raphal
konsultasi gratis

Baca juga : Sakit Saat Buang Air Kecil

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: