Cystitis – Penyebab, Tanda dan Pengobatan
13 September 2021
Neurosifilis – Komplikasi Sifilis Menyebabkan Infeksi Otak
26 Oktober 2021
Pengobatan Kencing Nanah di Bekasi
pengobatan kencing nanah

Saat anda mencari tau tentang gonore atau kencing nanah, maka hal pertama yang perlu diketahui yaitu tentang apa penyebab dan bagaimana cara penularannya. Untuk itu pada artikel kali ini coba kita bahas tentang infeksi gonore atau kencing nanah. Penyakit gonore atau yang sering disebut dengan kencing nanah ini penyebabnya ialah infeksi dari bakteri Neisseria gonorrhoeae. Bakteri ini dapat hidup dan berkembang biak pada area tubuh yang lembap serta hangat seperti saluran reproduksi, rectum dan rongga mulut. Gonore atau kencing nanah menjadi salah satu penyakit menular seksual yang cukup banyak menginfeksi pria atau Wanita.

Setelah tau secara singkat tentang apa itu infeksi gonore, sekarang kita bahas tentang bagaimana cara penularannya dalam tubuh. Hubungan seksual yang tidak aman melalui vaginal, oral dan anal menjadi sarana penularan infeksi ini dari orang yang terinfeksi. Gonore rektum terjadi akibat hubungan seksual melalui anal, juga pada wanita saat infeksi bakteri sudah menyebar ke daerah vagina.

Bayi juga dapat terinfeksi gonore

Tak hanya pada orang dewasa saja, tetapi infeksi gonore ini terkadang dapat menginfeksi bayi yang baru lahir karena ibunya terlebih dahulu terinfeksi. Akibatnya bayi yang lahir dengan terinfeksi bakteri gonore akan dapat menyebabkan matanya terinfeksi. Oleh karena itu, sangat penting bagi seorang wanita yang sedang hamil dan menderita gonore untuk diobati sesegera mungkin untuk mencegah komplikasi ini. Segera setelah bayi lahir dari ibu yang menderita gonore, dokter kelamin dapat mencegah infeksi mata (ophthalmia neonatorum) dengan memasukkan perak nitrat atau obat lain ke dalam mata bayi. Ketika infeksi gonore terjadi pada anak-anak, hal tersebut biasanya terjadi karena pelecehan seksual.

Perlu anda ketahui bahwa gonore tak hanya menginfeksi organ intim seseorang, tetapi infeksinya juga dapat terjadi pada bagian tubuh lainnya seperti mata. Hal tersebut dapat terjadi karena akibat dari menyentuh kelamin yang terinfeksi kemudian menyentuh area mata. Selain itu meskipun anda telah sembuh, infeksi gonore dapat kembali terjadi. Penyebabnya anda melakukan hubungan seksual dengan orang yang sedang terinfeksi bakteri gonore.

Komplikasi karena infeksi kencing nanah

Komplikasi pada wanita, walaupun serviks menjadi tempat yang terinfeksi, tetapi penyakit ini dapat meluas ke rahim dan saluran tuba. Jika kondisi ini terjadi maka wanita tersebut kemungkinan akan mengalami kehamilan ektopik, infertilitas dan penyakit radang panggul. Gejala akibat penyakit radang panggul (PID) ini bisa sangat parah seperti sakit perut dan demam. Selain itu penyakit radang panggul ini dapat menyebabkan :

  1. Abses internal dan nyeri panggul yang bertahan lama.
  2. Melukai atau merusak sel-sel yang melapisi saluran tuba.

Pada pria, komplikasi gonore dapat menyebabkan kondisi testis yang sangat menyakitkan (epididymitis). Jangan dianggap remeh atau malah dihiraukan gejalanya karena dapat menyebabkan kemandulan. Selain itu juga dapat mempengaruhi prostat dan jaringan parut uretra yang menyebabkan susah untuk buang air kecil. Terkadang ada juga kasus infeksi gonore menyebar ke persendian atau darah.

Gejala yang muncul akibat penyakit gonore

Umumnya gejala gonore atau kencing nanah baru muncul sekitar 2 sampai 10 hari setelah terinfeksi. Pria biasanya menunjukkan lebih banyak gejala daripada wanita. Pada kasus yang jarang terjadi, seseorang yang terinfeksi gonore tidak menimbulkan tanda atau gejala apapun. Namun hal tersebut jangan dianggap sepele karena bisa saja anda menularkan infeksi gonore pada orang lain tanpa disadari. Lalu orang yang terinfeksi malah merasakan gejala akibat tertular dari anda.

Gejala awal pada wanita saat terinfeksi gonore bisa ringan, dan banyak wanita yang terinfeksi tidak memiliki gejala sama sekali. Terkadang, gejala awal gonore pada wanita ini disalahartikan sebagai infeksi kandung kemih atau vagina.

Berikut beberapa tanda dan gejala yang biasa terjadi pada orang yang terinfeksi gonore yaitu:

  1. Keluarnya cairan putih kekuningan atau kuning-hijau dari alat kelamin.
  2. Terasa sakit saat buang air kecil (disuria).
  3. Gatal pada area anus, terkadang merasakan sakit buang air besar.
  4. Pada pria bisa saja mengalami pembengkakan disertai rasa sakit pada testis.
  5. Untuk wanita muncul keputihan yang berwarna kuning atau berdarah.
  6. Gejala yang lebih lanjut bagi wanita yaitu nyeri perut, perdarahan di antara periode menstruasi, muntah, dan demam.

Cara pencegahan infeksi kencing nanah

Resiko terinfeksi penyakit gonore lebih tinggi pada orang yang aktif secara seksual. Untuk itu sangat disarankan untuk memakai kondom dan harus berhati-hati selama hubungan seksual. Walaupun begitu kondom bukanlah alat yang dapat mencegah infeksi gonore secara pasti. Kemungkinan anda terinfeksi gonore sangatlah mungkin walaupun sudah menggunakan kondom untuk pencegahan infeksinya. Karena cairan atau sekresi tubuh dapat mengalir di luar area yang ditutupi kondom, sehingga berpotensi dalam penularan infeksi gonore atau kencing nanah.

Cara lain yang paling disarankan untuk upaya pencegahan penyakit gonore ialah dengan membatasi jumlah pasangan seksual atau tidak berganti-ganti pasangan seksual. Jika anda dirasa sedang mengalami infeksi maka datanglah ke dokter kelamin terdekat untuk melakukan konsultasi dan pemeriksaan. Lalu anda disarankan untuk tidak melakukan hubungan seksual sampai dirasa infeksi sudah sembuh. Karena jika anda mengabaikannya maka anda dapat menularkan infeksi gonore pada tubuh anda dengan pasangan seksual selanjutnya.

Ketika seseorang mengetahui bahwa dia memiliki penyakit menular seksual, penting untuk memberi tahu semua pasangan seks. Sehingga mereka dapat masuk untuk pengujian dan perawatan, jika perlu. Orang yang aktif secara seksual yang enggan memberi tahu pasangannya bahwa dia menderita gonore harus ingat bahwa penyakit ini memiliki komplikasi yang sangat serius jika tidak diobati. Semua pasangan seksual harus diuji dan diobati jika salah satunya terinfeksi, bahkan jika tidak ada gejala yang muncul. Mereka juga harus diskrining untuk penyakit menular seksual lainnya.

Seseorang yang mengalami rasa terbakar saat buang air kecil atau mengeluarkan cairan atau ruam atau sakit yang tidak biasa. Harus berkonsultasi atau menemui penyedia layanan kesehatan dalam pengobatan kencing nanah di Bekasi.

Pengobatan kencing nanah terdekat di bekasi

klinik Pengobatan Kencing Nanah di Bekasi
klinik pengobatan kencing nanah di bekasi

Penyakit kencing nanah atau gonore ini disebabkan karena infeksi dari bakteri Neisseria gonorhoeae maka pengobatannya menggunakan antibiotik. Adapun salah satu antibiotik yang biasa digunakan untuk pengobatan gonore yaitu ceftriaxone, yang dapat disuntikkan oleh dokter kelamin dalam satu dosis.

Pengobatan kencing nanah di bekasi ini anda dapat langsung datang ke klinik kami di daerah cikarang selatan. Klinik Raphael adalah sebuah klinik pengobatan kencing nanah dan umum yang ada di sekitar Bekasi. Klinik kami melayani pengobatan penyakit menular seksual baik itu pada pria dan wanita. Jangan ragu untuk pengobatan kencing nanah dengan klinik raphael karena sudah banyak pasien yang telah merasakan hasil perubahan yang baik setelah ia melakukan pengobatan di klinik raphael. Selain biaya yang masih sangat terjangkau klinik Raphael juga menjamin privasi pasien, memiliki fasilitas yang memadai juga pelayanan yang terbaik.

klinik Pengobatan gonore
Telepon Klinik kelamin Raphal

Baca juga : Tempat Pengobatan Kutil Kelamin di Bekasi

admin
admin
Penulis artikel untuk website klinik raphael

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: