masturbasi menyebabkan disfungsi ereksi
Apakah Masturbasi Menyebabkan Disfungsi Ereksi?
2 Mei 2024

Penyakit penyebab disfungsi ereksi menjadi perhatian serius bagi banyak pria dan pasangan suami istri. Disfungsi ereksi atau impotensi dapat dipengaruhi oleh berbagai kondisi medis yang melibatkan sistem vaskular, saraf, atau hormonal.

Dalam artikel ini kita akan membahas tentang bebeapa penyakit yang bisa menyebabkan disfungsi ereksi pada pria.

Apa itu Ereksi dan Disfungsi Ereksi

Ereksi pada penis adalah fenomena fisiologis di mana penis membesar, mengeras, dan mengencang secara cukup untuk melakukan hubungan seksual yang memuaskan. Ereksi adalah hasil dari interaksi kompleks antara sistem saraf, pembuluh darah, hormon, dan faktor psikologis.

Proses ereksi dimulai dengan adanya rangsangan seksual baik secara fisik maupun psikologis. Rangsangan ini mengirimkan sinyal ke otak, yang pada gilirannya menghasilkan pelepasan neurotransmitter tertentu, terutama oksida nitrat.

Oksida nitrat kemudian merangsang saraf di penis untuk melepaskan bahan kimia lain yang memungkinkan pembuluh darah arteri di penis untuk melebar.

Sehingga meningkatkan aliran darah ke dalam jaringan ereksi yang disebut corpora cavernosa. Peningkatan aliran darah ini menyebabkan penis membesar, mengeras, dan mengencang.

Gangguan ereksi, yang juga dikenal sebagai disfungsi ereksi, adalah ketidakmampuan untuk mencapai atau mempertahankan ereksi yang cukup keras untuk melakukan hubungan seksual yang memuaskan.

Penyakit yang Menyebabkan Disfungsi Ereksi

disfungsi ereksi atau impotensi

Pria yang tidak bisa ereksi dengan maksimal akan mempengaruhi psikologisnya. Dengan demikian masalah ini bisa juga mempengaruhi hubungan ia dengan pasangannya.

Disarankan untuk pria harus mengetahui penyakit apa saja yang menjadi penyebab impotensi atau disfungsi ereksi ini.

Jantung

Salah satu penyebab utama adalah penyakit jantung koroner, di mana penurunan aliran darah ke penis dapat mengganggu kemampuan ereksi.

Penyakit jantung dapat menyebabkan masalah disfungsi ereksi melalui beberapa faktor yang berbeda:

  • Endotel adalah lapisan sel di dalam pembuluh darah yang mengatur aliran darah dan pembuluh darah. Penyakit jantung dapat merusak fungsi endotel, mengganggu kemampuan pembuluh darah untuk melebar dan meningkatkan aliran darah ke penis saat terangsang seksual.
  • Penyakit jantung seperti aterosklerosis (pengerasan arteri) dapat mengganggu aliran darah ke seluruh tubuh, termasuk penis. Pembuluh darah yang menyempit atau tersumbat dapat menghambat aliran darah ke penis, yang diperlukan untuk mencapai dan mempertahankan ereksi yang memadai.
  • Beberapa kondisi jantung, seperti jantung koroner, dapat merusak saraf yang mengontrol fungsi ereksi. Saraf-saraf ini membawa sinyal dari otak ke penis dan diperlukan untuk memicu respon ereksi. Kerusakan saraf dapat menghambat kemampuan tubuh untuk merespons rangsangan seksual dengan ereksi.

Kanker

Kanker pada pria bisa saja mejadi pemicu masalah disfungsi ereksi karena kandungan zat antiandrogen yang terdapat pada obat-obatan untuk menyembukan penyakit kanker.

Biasanya obat-obatan yang mengandung zat antiandrogen digunakan untuk penyembuan infeksi saluran kemih dan pembesaran prostat.

Cara kerja obat-obatan ini bisa mempengaruhi dan mengurangi sistem produksi hormon pria.

Mengutip dari laman American Cancer Society yang menjelaskan pengobatan kanker prostat, kandung kemih, usus besar dan rektal yang menggunakan terapi radiasi bisa menyebabkan masalah ereksi.

Beberapa jenis kanker dan terapi kanker seperti operasi, radioterapi, atau kemoterapi dapat merusak saraf dan pembuluh darah yang penting untuk ereksi.

Kerusakan pada saraf dan pembuluh darah ini dapat mengganggu aliran darah ke penis atau transmisi sinyal saraf yang diperlukan untuk mencapai dan mempertahankan ereksi.

Konsultasi Online Gratis dengan Dokter

penyebab disfungsi ereksi

Stroke

Stroke bisa menyebabkan pria mengalami masalah disfungsi ereksi akibat beberapa hal, seperti:

  • Terganggunya pembuluh darah seperti pecah atau tersumbatnya pembuluh darah di otak sehingga dapat memengaruhi aliran darah ke penis.
  • Pengobatan stroke seperti obat antihipertensi atau antidepresan, juga dapat memiliki efek samping yang memengaruhi fungsi seksual, termasuk disfungsi ereksi.
  • Kerusakan pada sistem saraf terutama pada bagian otak yang mengendalikan fungsi seksual. Gangguan ini dapat mengganggu transmisi sinyal saraf yang diperlukan untuk ereksi.

Diabetes

Diabetes cukup sering menyebabkan pria mengalami masalah ereksi. Penderita diabetes mempunyai kadar glukosa tinggi sedangkan hormon insulin sangat rendah sehingga tidak bisa diubah menjadi energi.

Kadar gula dalam tubuh penderita diabetes juga tinggi sehingga menyebabkan rusaknya saraf. Kondisi ini lah yang bisa menyebabkan masalah seksualitas pada pria atau disfungsi ereksi.

Diabetes dapat menyebabkan penurunan kadar hormon testosteron. Testosteron adalah hormon penting dalam mengatur libido dan fungsi seksual pada pria. Penurunan kadar testosteron dapat menyebabkan disfungsi ereksi.

Obesitas juga sering kali dikaitkan pada orang yang mempunyai penyakit diabetes. Obesitas dapat menyebabkan gangguan hormonal dan vaskular yang mempengaruhi kemampuan untuk mencapai dan mempertahankan ereksi.

Tekanan darah tinggi, penyakit ginjal, dan beberapa kondisi neurologis juga dapat menjadi penyebab disfungsi ereksi.

Konsultasi dengan Dokter Kelamin Terdekat

penyebab disfungsi ereksi

Saran bagi pria yang mengalami disfungsi ereksi untuk mencari bantuan medis untuk mengetahui penyebab yang mendasarinya. Dokter akan mengidentifikasi dan mengatasi penyakit yang mendasarinya, seringkali disfungsi ereksi dapat dikelola atau bahkan diatasi sepenuhnya.

Konsultasi dengan Klinik Raphael dapat memberikan pilihan pengobatan yang tepat dan membantu meningkatkan kualitas hidup seksual.

Dengan perawatan yang tepat dan dukungan yang tepat, banyak pria dapat mengatasi disfungsi ereksi dan kembali menikmati kehidupan seksual sehat.

konsultasi dokter online gratis
konsultasi dokter online gratis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Dapatkan pelayanan terbaik

X
konsultasi dokter
klinik kelamin cikarang