Tempat Pengobatan Kutil Kelamin di Bekasi
23 Maret 2022
Klinik Raphael Tempat Pengobatan Gonore Di Bekasi
24 Maret 2022
konsultasi penyakt kelamin di bekasi

Halo sobat Raphael, bicara tentang penyakit kelamin memang jenis penyakit ini mudah sekali menular dari satu orang ke orang lainnya. Karena penularan penyakit kelamin ini melalui cairan tubuh yang ditularkan dengan cara hubungan badan dengan orang yang sudah terinfeksi. Selain itu penyakit kelamin dapat menyebabkan masalah yang serius pada kesehatan pria dan wanita jika tidak segera ditangani. Untuk itu jika anda mulai merasakan gejala yang tidak biasa pada area kelamin segera melakukan skrining PMS dengan dokter kelamin terbaik Anda.

Perlu anda ketahui bahwa penyakit kelamin atau penyakit menular seksual (PMS) dapat mengakibatkan seorang wanita sulit untuk hamil. Tidak hanya bagi wanita, pria yang terinfeksi penyakit kelamin juga dapat menyebabkan masalah kesehatan yang tak kalah serius. Karena penyakit kelamin dapat membuat kualitas sperma seorang pria menjadi buruk. Sehingga dapat menjadi penyebab sel telur wanita tidak dapat untuk dibuahi.

Setelah membaca penjelasan singkat diatas maka seharusnya Anda patut waspada terhadap infeksi penyakit menular seksual (PMS). Baik pria maupun wanita dapat berakibat buruk pada kesehatan terutama masalah kesuburan jika sampai Anda terinfeksi. Ketika Anda merasa terinfeksi penyakit kelamin maka segera lakukan pengobatan untuk mencegah komplikasi yang lebih parah. Karena sesuai dengan topik yang kita bahas kali ini tentang penyakit kelamin dapat menjadi penyebab Anda sulit hamil.

Menurut kami artikel kesehatan kali ini patut Anda pelajari karena sebagai pembelajaran untuk kita semua dalam mengetahui salah satu masalah penyebab sulit hamil. Jadi, yuk baca sampai selesai agar semua informasi yang kami berikan dapat dipahami. Sehingga Anda dapat segera melakukan tindakan yang terbaik bagi kesehatan.

Benarkah terganggunya kesuburan akibat infeksi penyakit kelamin?

Hal yang harus diketahui bahwa infeksi penyakit menular seksual tidak selalu mengganggu kesuburan seseorang atau menyebabkan ia sulit hamil. Terlebih jika saat terinfeksi penyakit kelamin, ia segera berkonsultasi dengan dokter kelamin terdekat dan melakukan pengobatan. Maka bakteri atau virus yang menyerang dapat dengan cepat diatasi sehingga tidak menyebabkan masalah kesehatan yang lebih serius lagi. Terutama terkait dengan masalah kesuburan seseorang.

Lain halnya jika terinfeksi dan tidak segera mengobati infeksi penyakit kelamin ini. Sehingga lama kelamaan akan semakin parah yang kemudian mengganggu kesuburan sampai membuat sulit hamil. Oleh karenanya jangan anda menganggap bahwa infeksi penyakit menular seksual ini seperti infeksi penyakit lainnya yang cukup ringan. Jika dirasa ada hal yang tak biasa pada area kelamin, alangkah baiknya segera mengunjungi Klinik kelamin terdekat. Yang selanjutnya infeksi dapat segera diatasi dan tidak menyebabkan masalah yang lebih parah lagi.

Ko bisa penyakit kelamin dapat menyebabkan sulit hamil?

Kami sudah membahas tentang infeksi menular seksual atau penyakit kelamin menjadi penyakit yang sering tidak disadari. Karena pada kebanyakan pasien yang datang, pada awalnya ia tidak merasakan gejala apapun. Tetapi setelah beberapa lama mereka baru merasakan adanya gejala yang tidak biasa pada area kelaminnya. Terlebih pada wanita jika terus-menerus infeksi tidak disadari tanpa pengobatan maka dapat menyebabkan masalah yang lebih serius.

Bagi wanita

Infeksi radang panggul (PID) sampai anda sulit untuk hamil adalah masalah kesuburan yang diakibatkan dari penyakit kelamin. Perlu diketahui bahwa wanita mengalami jaringan parut di tuba fallopi atau organ reproduksi lainnya karena akibat peradangan pada panggulnya (PID). Ketika hal ini terjadi maka bukan tidak mungkin dapat menghalangi sperma untuk bertemu dengan sel telur. Proses pembuahan sperma terhadap sel telur tidak akan berhasil dan terjadi. Meskipun berhasil, jaringan parut pada tuba fallopi akan memcegah sel embrio untuk mencapai rahim.

Kemungkinan besar wanita mengalami kehamilan diluar kandungan (kehamilan ektopik) akibat embrio atau sel telur yang telah dibuahi oleh sperma berada diluar rahim. Keadaan seperti ini dapat menjadi hal yang berbahaya bagi seorang wanita.

Bagi pria

Akibat seorang pria terinfeksi penyakit kelamin atau penyakit menular seksual (PMS) dapat menyebabkan ia mengalami kemandulan. Meskipun begitu sebenarnya masalah kesuburan pada pria masih termasuk kasus yang tidak banyak ditemui pada pasien. Karena infeksi penyakit kelamin pada pria lebih cenderung menimbulkan gejala. Sehingga mudah untuk diketahui dan cepat dilakukan pengobatan dengan dokter kelamin terdekat mereka.

Namun jika pria sampai mengalami kemandulan akibat ia terinfeki penyakit menular, prosesnya cukup mirip dengan wanita yang mengalami masalah peradangan panggul (PID). Jaringan parut pada pria dapat merusak atau mencegah saluran reproduksi seperti uretra dan epididimis (saluran ejakulasi). Sistem kekebalan tubuh pada pria yang buruk juga dapat mengurangi kualitas dan jumlah sperma. Dari dua masalah tersebut kemungkinan pria untuk membuat pasangannya hamil akan lebih sulit.

Penyakit kelamin yang beresiko menyebabkan sulit hamil

Semua penyakit kelamin berbahaya bagi kesehatan, tapi tidak semua menjadi penyebab sulit hamil. Berikut ini beberapa penyakit kelamin yang kemungkinan besar menyebabkan bagi pasangan untuk segera mendapatkan kehamilan yaitu:

Gonore atau kencing nanah

Kencing nanah atau gonorrhoeae menjadi salah satu infeksi penyakit kelamin yang menyebabkan penyakit radang panggul (PID). Penyakit ini disebabkan karena penularan infeksi bakteri Neisseria Gonorrhoeae melalui hubungan badan dengan orang yang terinfeksi. Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa penyakit radang panggul pada wanita (PID) menjadi penyebab sebagian wanita sulit untuk hamil.

Gonore pada wanita menjadi penyebab adanya jaringan parut pada tuba fallopi, sehingga meningkatkan ia mengalami kehamilan ektopik (kehamilan diluar kandungan). Kehamilan ini dapat berdampak buruk bagi sang ibu dan umumnya bayi dalam kandungan akan meninggal.

Klamidia

Setelah penyakit gonore, klamidia juga menjadi penyebab seorang wanita mengalami penyakit infeksi radang panggul (PID). Klamidia disebabkan oleh infeksi bakteri Chlamydia Trachomatis yang menyebar melalui cairan tubuh saat hubungan badan. Penyakit ini dapat tidak bergejala yang menyerang bagian atas saluran kelamin sehingga meningkatkan kerusakan permanen pada tuba fallopi. Serviks (leher Rahim), saluran kencing dan organ lain yang berhubungan dengan kehamilan atau kesuburan juga kemungkinan akan mengalami kerusakan.

HIV/AIDS

Tak seperti zaman dahulu, sekarang berkat kemajuan medis ketika seseorang mengidap infeksi penyakit HIV/AIDS sudah tidak lagi menjadi ancaman “hukuman mati” bagi dirinya. Namun tetap saja HIV/AIDS memiliki dampak buruk bagi tubuh karena buruknya sistem kekebalan tubuh. Kualitas hidup yang buruk dan sulit untuk hamil menjadi salah satu kemungkinan yang terjadi.

Ketika sistem imunitas tubuh buruk akibat penyakit HIV/AIDS maka tubuh akan mudah terinfeksi penyakit lain terutama infeksi menular seksual (PMS). Jika ini terjadi pada wanita, akan dapat memperburuk pada kesuburannya. Tak hanya itu, infeksi pada wanita yang sedang hamil akan dapat menularkan pada bayinya Ketika proses melahirkan.

Mycoplasma genitalium (MG)

Bakteri mycoplasma genitalium berkaitan dengan penyakit bacterial vaginosis yang menginfeksi wanita dan uretritis nongonococcal pada pria. Meskipun Namanya tidak begitu familiar tetapi bakteri ini sudah menginfeksi sejak 1980-an.

Konsultasi dan skrining PMS yang sangat disarankan

Untuk itu bagi pria dan wanita jika dirasa ada gejala yang tidak biasa pada organ kelamin maka segera lakukan skrining PMS atau terlebih dahulu berkonsultasi dengan dokter spesialis kelamin terdekat. Untuk mencegah atau mengetahui Anda terinfeksi penyakit kelamin sebaiknya melakukan skrining PMS meskipun tidak adanya gejala pada organ kelamin. Tujuannya untuk segera mendapatkan penanganan secepat mungkin jika pada saat skrining PMS terdapat penyakit.

Jangan takut atau malu utuk melakukan konsultasi penyakit kelamin dengan penyedia layanan kesehatan terdekat anda. Lebih baik mencegah atau mengobati sedini mungkin dibandingkan harus mengobati atau malah terjadi masalah kesehatan yang lebih serius.

Klinik Raphael menyediakan pelayanan kesehatan terbaik dengan harga yang terjangkau dan fleksibel. Salah satu pelayanan kami yaitu Konsultasi Gratis via WA/TELEPON dengan mengklik salah satu gambar di bawah ini.

klinik Pengobatan gonore
Telepon Klinik kelamin Raphal
admin
admin
Penulis artikel untuk website klinik raphael

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

konsultasi-klinik-kelamin-di-cikarang
Konsultasi Online Gratis dengan Dokter
%d blogger menyukai ini: