penyebab penis bengkak
Penyebab Bengkak pada Alat Kelamin Pria
9 Januari 2023
penyebab penis bengkok
Penyebab Penis Bengkok dan Cara Meluruskannya
23 Januari 2023

Bahaya penis bengkok – Penis bengkok ialah kondisi yang normal terjadi ketika ereksi dan umumnya tidak memerlukan penanganan yang khusus. Namun, jika kondisi ini disertai gejala lain atau bahkan sampai mempengaruhi bentuk penis, hal ini dapat menjadi tanda adanya penyakit yang cukup serius.

Kondisi penis bengkok pada pria merupakan salah satu variasi anatomi penis yang normal. Kondisi ini pada umumnya tidak membutuhkan penanganan yang khususu jika bengkoknya tidak terlalu signifikan, tidak menyebabkan nyeri pada penis, sulit saat berhubungan seksual atau bahkan mengalami masalah pada ejakulasi.

Meskipun kondisi ini termasuk dalam kondisi yang normal, tetap perlu untuk waspada terhadap kondisi penis bengkok, hal ini dikarenakan dapat disebabkan oleh kondisi medis tertentu.

Penyebab penis bengkok

Penis sendiri didalamya terdapat jaringan yang menyerupai spons yang dialiri darah dan dapat mengembang jika laki-laki mengalami ereksi atau merasa teransang secara seksual. Umumnya, kondisi dimana penis bengkok terjadi ketika jaringan tersebut tidak mengembang secara merata dikarenaka variasi anatomi penis yang normal.

Pada beberapa kasus, kondisi ini memerlukan penanganan secara medis jika disebabkan oleh kondisi berikut ini:

  • Peyronie
  • Autoimun
  • Cedera pada penis
  • Kelainan pada penis yang dipengaruhi oleh faktor keturunan

Kondisi penis bengkok juga dapat terjadi pada bayi yang mengalami hipospadia atau kelainan pada lubang saluran kencing.

Penis bengkok akibat penyakit peyronie

bahaya penis bengkok

Salah satu penyebab penis menjadi bengkok ialah karena penyakit peyronie. Namun, penyebab utama dari penyakit ini belum diketahui secara pasti. Kondisi ini diduga dapat terjadi akibat adanya cedera yang berulang pada penis. Selain itu juga, penyakit ini dapat diturunkan dari keluarga.

Meski demikian, penyakit ini tidak disebabkan oleh penyakit menular seksual. Penyakit ini dapat dialami pria tanpa mengenal usia, tetapi umumnya paling sering terjadi pada pria yang berusia lebih dari 40 tahun. Pria yang pernah memgalami operasi ataupun radiasi kanker prostat juga memiliki risiko mengalami penyakit peyronie.

Tanda gejala yang dapat muncul dari penyakit peyronie, diantaranya:

  • Rasa nyeri pada penis saat ereksi
  • Terjadinya penebalan ataupun benjolan pada batang penis
  • Perubahan bentuk penis

Pada kasus yang lebih serius, penis bengkok dapat menyebabkan penderitanya tidak dapat berhubungan seksual, hal ini dikarenakan rasa nyeri yang akan muncul. Selain itu juga, penyakit peyronie juga dapat menyebabkan terjadinya disfungsi ereksi.

Penyakit peyronie umumnya dapat dideteksi dari pemeriksaan riwayat kesehatan, pemeriksaan fisik dan juga USG penis jika diperlukan. Setelah diagnosis dipastikan dan juga kelengkungan penis >30 derajat, biasnaya dokter akan memberikan penanganan. Berupa pemberian obat minum, obat oles ataupun terapi lainnya sesuai dengan intruksi dokter.

Pada kasus yang sangat berat dan serius, kondisi penis bengkok pada penyakit peyronie harus ditangani dengan operasi atau penanaman alat untuk meluruskan penis. Meskipun demikian, setiap prosedur tindakan medis dapat menyebabkan efek samping seperti impotensi.

konsultasi dokter online

Apakah penis bengkok bisa diluruskan?

Penis dapat diluruskan kembali dengan mengikuti anjuran dokter untuk rangkaian perawatan. Namun karena kondisi ini akan membaik seiring berjalannya waktu, Anda tidak memerlukan pengobatan.

Dokter biasanya akan menyarankan Anda untuk menunggu 1-2 tahun atau lebih sebelum mencoba menyembuhkannya. Dokter akan menyarankan Anda untuk melakukannya jika:

  • Kelengkungan penis tidak parah dan tidak memburuk.
  • Anda masih bisa ereksi dan berhubungan seks dengan sedikit atau tanpa rasa tidak nyaman.
  • Memiliki fungsi ereksi yang kuat.
  • Jika gejala Anda parah atau memburuk dari waktu ke waktu, dokter Anda dapat merekomendasikan pengobatan atau pembedahan.

Pertama, untuk meluruskan kembali penis yang bengkok dokter akan memberikan Anda obat minum yang direkomendasikan. Jika pemberian obat tersebut tidak berefek, maka pengobatan bisa dilakukan dengan menyuntikkan obat tertentu ke dalam jaringan parut penis. Jika tindakan ini tak kunjung berhasil maka dokter akan merekomendasikan Anda untuk melakukan tindakan operasi.

Perlu diketahui bahwa tindakan operasi dilakukan pada kondisi tertentu. Seperti jika pria tidak bisa melakukan hubungan intim dan jika penyebab penis bengkok karena penyakit peyronie. Operasi juga dilakukan saat kondisi seperti ini sudah dialami setelah satu tahun lebih atau ketika kondisi penis semakin parah.

Operasi penis bengkok

Untuk mengembalikan penis yang bengkok ada beberapa prosedur operasi yang bisa dilakukan, seperti:

  • Jahit sisi penis yang lebih panjang (sisi tanpa bekas luka). Prosedur ini, bagaimanapun, dapat memperpendek penis dan, dalam beberapa kasus, menyebabkan disfungsi ereksi.
  • Eksisi atau sayatan dan transplantasi. Untuk kasus penis bengkok yang lebih parah, prosedur ini digunakan.
  • Implan untuk sperma. Implan yang disuntikkan untuk menggantikan jaringan berisi darah selama ereksi. Prosedur ini biasanya diperuntukkan bagi pria yang menderita penyakit Peyrone dan disfungsi ereksi.

Jenis operasi yang diperlukan ditentukan oleh kondisi Anda. Dokter Anda akan mempertimbangkan lokasi jaringan parut, tingkat keparahan gejala, dan faktor lainnya. Jika Anda tidak disunat, dokter Anda mungkin menyarankan Anda untuk sunat selama operasi.

Untuk mencegah terjadinya komplikasi, sangat disarankan untuk memeriksakan diri ke dokter kelamin jika mengalami penis bengkok dan juga terasa sakit saat ereksi.

konsultasi dokter online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Dapatkan pelayanan terbaik

X
konsultasi dokter
klinik kelamin cikarang