bahaya penis bengkok
kesehatan reproduksi remaja
Kesehatan Reproduksi Remaja, Berikut Cara Menjaganya
2 Februari 2023

Penyebab Penis Bengkok – Kondisi penis bengkok umumnya dapat menimbulkan kekhawatiran bagi pria. Apakah kondisi ini dapat berbahaya bagi kesehatan?. Umumnya, kondisi penis bengkok merupakan kondisi yang normal, penis dapat sedikit bengkok ke arah atas, bawa, kekanan ataupun kekiri.

Disisi lain, penis yang bengkok juga dapat menjadi salah satu tanda adanya suatu masalah kesehatan. Jika penis yang bengkok disertai dengan keluhan lainnya, seperti adanya nyeri atau mengalami kesulitan saat berhubungan intim, maka sangat disarankan untuk melakukan konsultasi langsung dengan dokter.

Penyebab penis bengkok

Berikut ini bebepara penyebab penis pria bengkok yang harus diketahui, seperti:

Penyakit peyronie’s

Penyakit peyronie dapat menjadi salah satu penyebab penis bengkok. Penis bengkok secara tidak normal ini dapat terjadi ketika ereksi. Dibagian batang penis, dapat saja ditemukan adanya plak (area kulit yang menebal/keras). Selain itu juga, penyakit ini sering menyebabkan penis bengkok ke atas dan dapat menimbulkan nyeri saat ereksi.

Penyakit peyronie ini disebabkan oleh beberapa faktor, seperti adanya:

• Trauma di penis
  • Kelainan jaringan ikat
  • Riwayat keluarga
  • Juga usia

Kelainan kongenital pada penis

Kondisi penis bengkok juga dapat saja disebabkan karena adanya masalah bawaan lahir atau kongenital. Hal ini dapat terjadi karena adanya kelainan dalam pembentukan penis yang berhubungan dengan jaringan kolagen yang tidak normal. Berbeda dengan peyronie, pada penis bengkok yang diakibatkan masalah konegnital tidak ditemukan adanya plak. Umumnya penis akan bengkok ke bawah, ke samping atau bisa kombinasi.

Cedera atau trauma pada penis

Adanya riwayat cedera ataupun trauma pada penis, seperti terjatuh, benturan ataupun kecelakaan yang melibatkan area organ genital, dapat mengakibatkan bentuk penis menjadi bengkok. Umumnya cedera atau trauma pada penis dapat disertai dengan keluhan seperti berikut:

• Adanya rasa nyeri pada penis
  • Penis bengkak
  • Memar
  • Ketidakmampuan melakukan ereksi
  • Kondisi autoimun

Penyebab penis bengkok yang lainnya ialah adanya kondisi autoimun. Penyakit autoimun ini terjadi ketika sistem kekebalan tubuh seseorang menyerang tubuhnya sendiri. Kondisi ini tentunya dapat memicu terjadinya peradangan di dalam tubuhu, salah satunya di bagian penis.

Penis yang meradang dapat memicu terbentuknya jaringan parut di kemudian hari. Dikarenakan adanya jaringan parut, maka kemungkinan penis menjadi lebih kaku dan juga bengkok.

Gejala penis bengkok

penyebab penis bengkok

Gejala penis bengkok dapat membantu Anda mengetahui penyebabnya. Bila kondisi ini disebabkan oleh cedera, maka gejalanya mulai dari munculnya darah di uretra atau uretra penis, memar tiba-tiba pada penis, hingga nyeri hebat.

Jika penyakit Peyronie penyebabnya, maka gejalanya meliputi berkurangnya kelenturan penis, ereksi yang menyakitkan, nyeri saat berhubungan seksual, hubungan seksual yang sulit, dan benjolan yang teraba pada penis.

Adakah bahaya dari penis bengkok?

Umumnya kondisi penis bengkok tidak perlu khawatir. Namun, ada beberapa hal yang perlu untuk diwaspadai, diantaranya:

• Derajat lengkung penis yang semakin bengkok
  • Timbul benjolan keras pada batang penis
  • Nyeri ketika berhubungan seksual (dispareunia) ataupun saat ereksi

Komplikasi dari penis bengkok dapat bermacam-macam, mulai dari yang ringan hingga berat. Pada kondisi parah, kondisi penis dapat menyebabkan ketidakmampuan dalam berhubungan seksual. Penampilan penis yang berubah juga dapat menimbulkan stres yang berujung pada disfungsi ereksi.

Cara meluruskan penis bengkok

Bengkok pada penis yang tidak menimbulkan rasa sakit atau mengganggu hubungan seksual tidak berbahaya dan tidak memerlukan pengobatan. Ini karena penis bengkok bukanlah masalah kesehatan yang serius dan tidak ada hubungannya dengan kanker.

Sebaliknya, penis bengkok yang disebabkan oleh penyakit peyronie atau masalah kesehatan lainnya harus ditanggapi dengan serius. Tindakan ataupun cara untuk mengatasi penis bengkok bergantung pada akut atau kronisnya gejala yang dialami. Berikut ini tindakan yang dapat dilakukan:

Pengobatan nonbedah

Tindakan untuk mengatasi penis yang bengkok dapat dilakukan dengan beberapa pilihan terapi non-bedah, diantaranya:

• Meregangkan penis (traksi penis dapat menggunakan alat khusus)
  • Penyuntikan dijaringan plak penis
  • Lithrotipsy

Lithrotipsy adalah prosedur perawatan gelombang kejut. Namun, metode ini dianggap tidak meyakinkan, dan tidak ada kemajuan yang dicapai dalam studi yang dilakukan.

• Pompa sedot penis

Prosedur ini melibatkan memasukkan penis Anda ke dalam tabung melalui cincin di pangkalan. Tabung ini berisi pompa listrik atau manual yang menciptakan ruang hampa di dalamnya.

Tekanan yang dihasilkan saat penis meregang di dalam tabung menimbulkan risiko dalam metode meluruskan penis ini. Tekanan ini dapat menyebabkan trauma atau fibrosis penis, yang berpotensi memperparah kebengkokan.

• Obat-obatan

Jika diberikan pada tahap awal penyakit Peyronie, saat kelengkungan penis belum sepenuhnya stabil, obat-obatan bisa menjadi cara yang efektif untuk meluruskan penis. Keberhasilan metode ini bergantung pada beberapa faktor, termasuk kapan pengobatan diberikan dan kapan penyakit muncul dengan sendirinya.

Kondisi penis bengkok yang sudah kronis dapat diatasi dengan tindakan operasi atau pembedahan. Berbagai teknik pembedahan yang dapat dilakukan, antara lain:

• Menjahit sisi penis yang lebih panjang (sisi dimana tidak terdapat jaringan plak)
  • Membuang jaringan plak pada penis

Maka dari itu, tidak semua kondisi penis bengkok merupakan kondisi tidak normal. Jika kondisi ini menimbulkan keluhan lainnya yang mengganggu, seperti nyeri ataupun kesulitan saat berhubungan intim, maka segera lalukan konsultasi dan pemeriksaan langsung ke dokter andrologi cikarang.