Gejala dan Mengobati Gonore
29 Maret 2019
Tempat Pengobatan Kutil Kelamin di Bekasi
5 April 2019
Show all

Keputihan merupakan kondisi yang sering dialami oleh wanita sepanjang siklus kehidupannya mulai dari masa remaja. Keputihan atau yang disebut juga dengan istilah white discharge atau vaginal discharge, atau eukoreatau flour albus. Keputihan yang terjadi pada wanita dapat bersifat normal dan abnormal. Keputihan normal terjadi sesuai dengan proses menstruasi. Ada beberapa cara mengobati gatal keputihan, berikut akan dijabarkan dalam artikel ini.

Ketahuilah Gejala dan Cara Mengobati Gatal Keputihan

Pertama yang akan di bahas adalah klasifikasi Keputihan Ada 2 jenis keputihan yang dijelaskan oleh Ayuningsih, Teviningrum dan Krisnawati (2009, hlm. 27), yaitu:

  • Keputihan normal (fisiologis) Keputihan fisiologis biasanya terjadi menjelang dan sesudah menstruasi, mendapatkan ransangan seksual, mengalami stres berat, sedang hamil atau mengalami kelelahan. Adapun cairan yang keluar berwarna jernih atau kekuningan, tidak berbau dan tidak terasa gatal. Keputihan semacam ini
  • Keputihan abnormal terjadi akibat infeksi dari berbagai mikroorganisme, antara lain bakteri, jamur, dan parasit.1 Keputihan yang tidak normal ditandai dengan jumlah yang keluar banyak,  erwarna putih seperti susu basi, kuning atau kehijauan, gatal, perih, dan disertai bau amis atau  nusuk. Warna pengeluaran dari vagina akan berbeda sesuai dengan penyebab dari keputihan.

Keputihan ada yang bersifat fisiologi dan patologis. Keputihan bersifat fisiologis yaitu keputihan yang timbul akibat proses alami dalam tubuh. Keputihan bersifat patologis yaitu  eputihan yang timbul karena infeksi dari jamur, bakteri dan virus. Keputihan patologis  erupakan tanda dari adanya kelainan alat repoduksi sehingga jumlah, warna, dan baunya
perlu diperhatikan

Patogenesis Pada Keputihan

Patogenesis Keputihan Perkembangan, alat kelamin wanita mengalami berbagai perubahan mulai bayi hingga menopause. Keputihan merupakan keadaan yang dapat terjadi fisiologisdan patologis karena terinfeksi kuman penyakit. Bila vagina terinfeksi kuman penyakit seperti jamur, parasit, bakteri, dan virus maka keseimbangan ekosistem vagina akan terganggu. Bakteri ini memakan glikogen yang dihasilkan oleh estrogen pada dinding vagina sehingga mengakibatkan keadaan pH vagina basa dan menjadikan kuman penyakit berkembangdan hidup subur di dalam vagina

Penyabab Terjadinya Keputihan

Penyebab Keputihan Secara umum keputihan disebabkan oleh perilaku yang tidak sehat seperti : penggunaan tisu yang terlalu sering, pakaian berbahan sintesis yang ketat, WC yang kotor, sering bertukar celana dalam atau handuk dengan orang lain, membasuh organ kewanitaan kearah yang salah, kelelahan, tidak segera mengganti pembalut, stres, sabun pembersih yang berlebihan, lingkungan kotor, kadar gula darah yang tinggi dan hormon yang tidak seimbang (Ayuningsih. 2009.hlm.28). Menurut Prawirohardo (2011, hlm. 271), risiko keputihan juga bisa dipicu berdasarkan jenis keputihannya. Seperti keputihan normal yang terjadi pada bayi baru lahir sampai umur 10 hari dikarenakan pengaruh sisa estrogen dari plasenta terhadap uterus, pengaruh estrogen yang meningkat pada saat menarche, rangsangan saat koitus mengakibatkan adanya pelebaran pembuluh di vagina atau vulva, adanya peningkatan produksi kelenjar-kelenjar pada mulut rahim saat masa ovulasi, mukus serviks yang padat pada masa kehamilan.

dokter keputihan di bekasi

Keputihan yang abnormal disebabkan oleh kelainan alat kelamin sebagai akibat cacat bawaan seperti rektovaginalis dan fistel vesikovaginalis, cedera persalinan dan radiasi kanker genitalia, benda asing yang tertinggal di dalam vagina seperti tertinggalnya kondom dan pesarium untuk penderita hernia, berbagai tumor jinak yang tumbuh ke dalam lumen, pada menopause dikarenakan vagina yang mengering sehingga sering timbul gatal dan mudah luka, dan beberapa penyakit kelamin yang disebabkan oleh beberapa jenis mikro organisme dan virus tertentu dan semoga dapat membantu cara mengobati gatal keputihan apabila dapat di pahami, berikut diantaranya adalah:

a. Bakteri

1) Grandnerella Keputihan yang timbul berwarna putih keruh keabu-abuan, agak lengket dan berbau amis seperti ikan, disertai rasa gatal dan panas pada vagina. Menimbulkan peradangan pada vagina yang tidak spesifik dan menghasilkan asam amino yang akan diubah menjadi senyawa amin. Peradangan yang ditimbulkan oleh bakteri ini disebut Vaginosis bakterial.

2) Gonococcus Ada beberapa macam bakteri golongan coccus. Salah satunya Neisseria Gonorrhea, suatu bakteri yang dilihat dengan mikroskop tampak diplokok (berbentuk biji) intraseluler dan ekstraseluler, bersifat tahan asam dan bersifat “gram negatif”. Bakteri ini menyebabkan penyakit akibat hubungan seksual (PHS/PMS/STD) yang paling sering ditemukan yaitu Gonorrhea. Pada lakiUniversitas Sumatera Utara laki, penyakit ini menyebabkan kencing nanah. Sedangkan pada perempuan menyababkan keputihan.

cara mengobati gatal keputihan

3) Chlamydia Trachomatis Bakteri ini sudah lebih dahulu dikenal sebagai penyebab penyakit mata yang disebut Trakoma, namun ternyata bisa juga ditemukan dalam cairan vagina yang menyebabkan penyakit uretritis non-spesifik (non-gonore). Keputihan yang ditimbulkan bakteri ini tidak begitu banyak dan lebih encer bila dibandingkan dengan Gonorrhea. Namun, bila infeksinya terjadi bersamaan dengan bakteri gonococcus, bisa menyebabkan peradangan panggul yang berat, kemandulan, hingga kehamilan diluar kandungan.

b. Jamur Candida

Keputihan yang timbul berwarna putih susu, bergumpal seperti susu basi, di sertai rasa gatal dan kemerahan pada kelamin dan di sekitarnya. Keputihan yang disebabkan oleh jamur candida, paling sering oleh spesies albicans. Peradangan yang ditimbulkan oleh jamur ini disebut Kandidosis vaginalis. Pada keadaan normal jamur ini terdapat di rongga mulut, usus besar maupun dalam liang kemaluan wanita. Namun, pada keadaan tertentu, jamur ini meluas sehingga menimbulkan keputihan. Beberapa faktor dapat mempermudah seseorang terinfeksi jamur ini, seperti saat haid, hamil, minum antibiotika dalam jangka waktu lama, kontrasepsi oral (pil KB), obat kortikosteroid, dan penyakit kencing manis (diabetes mellitus). Universitas Sumatera Utara

c. Parasit Keputihan

Jenis ini bersifat khas yaitu jumlah banyak, warna kuning kehijauan, bau tak sedap, sakit saat melakukan hubungan seksual dan gatal. Penularan terjadi melalui hubugan seksual. Peradangan yang ditimbulkan oleh parasit ini disebut Trichomoniasis.

d. Virus Keputihan

Akibat infeksi virus sering disebabkan oleh Virus Herpes Simplex (VHS) tipe-2 dan Human Papilloma Virus (HPV). Infeksi HPV dapat meningkatkan timbulnya kanker serviks, penis, dan vulva. Sedangkan HPV tipe-2 dapat menjadi faktor pendamping. HPV dapat menimbulkan penyakit Kondiloma akuminata yang disebut juga genital warts, kutil kelamin, veneral warts ( jengger ayam).

konsultasi keputihan

Pengobatan Keputihan Di Bekasi

Konsultasi Online Gratis Dengan Dokter Dan Staff Medis Klinik Raphael Untuk Lebih Jelas Cara Mengobati Gatal Keputihan

Konsultasi Online Gratis

Segera Hubungi Kami Lewat Wa/Tlp : 0813 9625 4650

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: