Penyakit Kelamin yang Bisa Menular Lewat Seks Oral

disfungsi ereksi pada pria
Masalah Disfungsi Ereksi (Impotensi) Pada Pria
25 April 2024

Seks oral menjadi cara alternatif yang bisa dilakukan saat sedang melakukan hubungan intim. Aktivitas ini menggunakan mulut untuk menjilat atau mengulum alat kelamin baik itu penis maupun vagina.

Walaupun aktifitas seks oral menjadi pilihan lebih aman dan mencegah kehamilan, namun Anda tetap bisa tertular penyakit kelamin dari cara alternatif ini.

Bakteri atau virus penyakit menular seksual biasanya menempati mulut dan area genital yang lembap, hangat dan lembut.

Penyakit kelamin bisa menular melalui cairan tubuh saat sedang berhubungan badan, juga bisa melalui kontak kontak kulit dengan area luka. Sehingga penyebaran penyakit kelamin bisa dari kelamin ke mulut atau sebaliknya.

Penyakit Kelamin Akibat Seks Oral

Berikut ada beberapa penyakit kelamin atau PMS yang bisa menular melalui aktivitas seks oral.

Sifilis atau raja singa

Sifilis atau biasa disebut penyakit raja singa disebabkan oleh bakteri Treponema pallidium. Bakteri ini bisa menular akibat adanya luka kecil di area kelamin.

Saat seks oral bakteri bisa berpindah dari luka yang ada pada area genital ke mulut dan masuk ke dalam tubuh.

Gonore atau kencing nanah

Selanjutnya penyakit kelamin atau penyakit menular seksual yang bisa menular melalui seks oral ialan infeksi gonore atau penyakit kencing nanah. Penyebab infeksi gonore ini ialah bakteri Neisseria gonorrhoea.

Sama seperti sifilis, penularan infeksi gonore pada wanita bisa melalui seks oral yang dilakukan oleh wanita ke pria. Kemungkinan kecil menular pada pria karena gonore pada wanita lebih berfokus pada area serviks dari pada luar vagina.

Human papilomavirus (HPV)

Orang yang sedang terinfeksi HPV bisa menularkan virus ini melalui aktivitas seks oral. Lebih beresiko lagi pada orang yang memberi seks oral karena melakukan kontak langsung dengan sperma atau cairan pada vagina.

Kontak kulit ke kulit saat melakukan hubungan seksual juga bisa menularkan virus ini. Infeksi HPV yang didapat akibat seks oral bisa menyebabkan Anda mengalami kanker mulut dan tenggorokan.

Herpes genital

Herpes genital umumnya terjadi akibat aktivitas seks oral dengan gejala bentol-bentol di sekitar kelamin, anus atau bahkan mulut. Penyakit herpes genital ini disebabkan oleh virus herpes simplex 2 (HSV 2).

Virus ini bisa mendiami mulut dan alat kelamin sehingga aktivitas seks oral menjadi penyebab penularannya.

Klamidia

Meskipun aktivitas seks oral tidak beresiko tinggi menularkan penyakit HIV, namun infeki masih bisa saja terjadi. Orang yang menderita HIV dan memiliki luka di gusi atau area kelaminnya lalu melakukan aktivitas seks oral akan dapat menularkan HIV.

Penyakit kelamin lainnya

Tak hanya beberapa penyakit kelamin seperti di atas saja, aktivitas seks oral juga dapat menularkan penyakit trikomoniasis hepatitis A dan hepatitis B.

Untuk itu jika Anda ingin melakukan seks aman, lakukanlah hanya dengan pasangan sah saja. Jangan coba atau berganti pasangan seksual lainnya karena belum tentu mereka tidak mengidap PMS.

Atau Anda bisa memeriksa terlebih dahulu kondisi kesehatan pasangan dengan dokter kelamin terdekat untuk memastikan kesehatannya.

Demikianlah artikel singkat mengenai penyakit kelamin yang bisa menular karena seks oral. Diharapkan dengan membaca artikel ini Anda bisa menjadi lebih paham sehingga dapat mencegah penularannya.